Ratusan Warga Demo, Desak Bupati Irfendi Arbi Bangun Jalan


Senin, 24 September 2018 - 15:52:43 WIB
Ratusan Warga Demo, Desak Bupati Irfendi Arbi Bangun Jalan Ratusan warga dari Kubang Balambak dan Sungai Data demo kantor Bupati Limapuluh Kota serta DPRD menuntut realisasi pembangunan jalan ke kampung mereka yang saat ini sudah hancur berlumpur. DADANG ESMANA

SARILAMAK, HARIANHALUAN.COM-Ratusan warga dari dua  kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota, yaitu warga Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak Kecamatan Mungka dan warga Jorong Sungai Data Kecamatan Harau, unjuk rasa ke  kantor bupati setempat, Senin ini (24/9).

Kedatangan massa yang berjumlah lebih dari 500 orang itu menuntut ke Pemerintah Daerah Kabupaten Limapuluh Kota yang dipimpin Bupati Irfendi Arbi  untuk segera merealisasikan pembangunan jalan ke daerah setempat.

“Yang kami tuntut ke pemerintah adalah kapan jalan ke kampung kami akan dibangun,” terang Surya Candra koordinator demo didalam aula Kantor Bupati Limapuluh Kota.

Sebelum memasuki kantor bupati, massa yang datang dengan menumpangi puluhan mobil terbuka itu sempat berorasi di halaman kantor Bupati Limapuluh Kota. Rombongan demo pun membawa yel-yel sebagai ungkapan kekecewaan dengan  kinerja Pemerintahan Kabupaten Limapuluh Kota.

Setelah dikawal ketat dari puluhan anggota Polres Limapuluh Kota serta Satpol PP setempat , seluruh pendemo dipersilahkan memasuki ruangan aula Kantor Bupati Limapuluh Kota untuk menyampaikan aspirasi ke pemerintah daerah. 

Massa disambut oleh Kepala Dinas PUPR, Kepala Badan Keuangan Daerah serta sejumlah pejabat eselon II lainnya. “Yang kami inginkan bertemu dengan Bupati Irfendi Arbi, bukan dengan pejabat-pejabat seperti ini. Sehingga, kami bisa mendapatkan kepastian langsung pembangunan jalan dari bupati,”terang Surya Candra ketika memulai audiensi dengan tim Pemkab Limapuluh Kota. 

Dihadapan tim Pemkab Limapuluh Kota, Surya Candra menceritakan kondisi jalan ke Kubang Balambak sangat memprihatinkan. Jalan tanah yang becek, berlumpur itu lah yang dilalui tiap hari oleh  ribuan warga setempat. “Padahal anggaran untuk pembangunan jalan sudah ada. Rp 1 Miliar di APBD tahun ini, tapi kenapa tak kunjung dikerjakan,” terang Surya Candra.

Koordinator Demo  Kubang Balambak Sungai Data itu  sudah mendapatkan bocoran  di DPA Dinas PUPR Kabupaten Limapuluh Kota untuk pembangunan jalan ke Kubang Balambak sebesar Rp 1 Miliar.   

Sedangkan, Kepala Dinas PUPR Limapuluh Kota, Yunire Yunirman mengakui sudah ada anggaran sebesar Rp 1 Miliar untuk pembangunan jalan tersebut. Terdiri dari pembangunan fisik jalan sebesar Rp 980juta dan sisanya untuk pengawasan pengerjaan.

Tetapi, setelah dilakukan rencana detail untuk pembangunan jalan tidak memungkinkan ruas jalan tersebut dilakukan pengerjaannya tahun ini. “Ada kondisi jalan yang lebih parah sebelum sampai lokasi jalan yang direncanakan untuk dibangun. Kalau tetapi dipaksakan, akan menghambat dan menyulitkan pembangunan jalan. Terutama untuk pemasok material ke lokasi jalan yang akan dikerjakan,” jelas Yunire.

Tekait itu, tambah Kadis PUPR, Pemerintah sudah mencari solusi terbaik yaitu menyelesaikan jalan yang rusak parah sehingga mempermudah akses ke lokasi jalan Kubang Balambak. “Ruas jalan yang rusak diselesaikan dahulu , itu pengerjaan Penunjukan Langsung Rp 200 juta. Sisanya  ditender 2019,” kata Yunire.

Meski sudah mendapatkan penjelasan  penyebab tak kunjung dibangunnya jalan ke Kubang Balambak secara teknis dari Kepala Dinas PUPR Limapuluh Kota, ratusan warga tersebut tidak puas.

Ratusan warga  tetap mendesak kehadiran Bupati Limapuluh Kota Irpendi Arbi untuk menjelaskan langsung ke warga dari 2 kecamatan itu.

“Kami ingin Bupati Irfendi Arbi yang ke sini, sehingga ada kebijakan langsung dari bupati untuk pembangunan jalan ke Kubang Balambak. Kami menunggu kedatangan bupati, kalau bisa kami bermalam di halaman kantor bupati ini,” desaknya.

Karena merasa kurang puas, massa demo melanjutkan untuk menyampaikan aspirasi ke gedung DPRD Limapuluh Kota yang berada sekitar 200 meter dari kantor bupati setempat. Digedung DPRD, rombongan disambut belasan anggota dewan.

“Kami mohon kepada bapak-bapak dewan terhormat, datangkan bupati kesini. Kasih kami kejelasan pembangunan jalan ke Kubang Balambak. Kalau bupati jantan, datanglah kesini,”ucap salah seorang pendemo saat berorasi digedung DPRD Limapuluh Kota.

Setelah berorasi sekitar 30 menit, sebanyak 20 orang dari perwakilan pendemo dipersilahkan memasuki ruangan sidang DPRD Limapuluh Kota untuk berdiensi dengan anggota DPRD. Rombongan pun bersikeras untuk medatangkan Bupati Limapuluh Kota ke hadapan mereka. 

Sampai pukul 15.00 Wib, audiensi perwakilan warga Kubang Balambak dengan anggota DPRD Limapuluh Kota selesai dilakukan. Tidak ada kesepakatan yang dihasilkan dari pertemuan 20 orang massa demo dengan belasan anggota DPRD Limapuluh Kota.

Sampai pukul 15.15 Wib, massa masih bertahan di sekitar halaman Kantor DPRD Limapuluh Kota sambil mengarak-arak yel yel untuk  menunggu datangnya Bupati Irfendi Arbi ke hadapan mereka.Salah satu tulisan yang ada pada yel-yel pendemo, yaitu apabila keinginan pembangunan jalan tidak terealisasi, mereka tidak akan ikut Pemilu 2019 karena kecewa dengan pemerintah. 

 “Kami tau, bupati Irfendi Arbi ada di sini. Tadi pagi beliau ada  di Limapuluh Kota. Setelah kami cari tau, kata pejabat bupati urusan penting sehingga meninggalkan kantor bupati. Padahal urusan kami ini, warga Kubang Balambak jauh lebih penting. Kami kecewa dengan bupati,” Surya Candra.   (h/ddg)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]