Nagari Gadut Sukses Helat Pagelaran Silek Tradisional Minang


Selasa, 25 September 2018 - 12:06:13 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Nagari Gadut Sukses Helat Pagelaran Silek Tradisional Minang Pagelaran silek tradisi Minangkabau ke-3 tahun 2018 se-Agam Timur dan Bukittinggi, di lapangan Monumen Avro Anson Gadut. Dok PANPEL


AGAM, HARIANHALUAN.COM-Pelestarian dan pengembangan silek tradisional minang, mendapat perhatian penuh  dari pemerintah nagari Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang, Agam dengan mengucurkan dana dan melaksanakan pagelaran secara rutin sekali setahun.

"Untuk perkembangan silek pemerintah nagari menganggarkan dana dan telah tiga kali menyelenggarakan pagelaran silek secara bertuturut-turut, sementara jumlah sasaran yang sebelumnya 8 kini berkembang menjadi 10," kata Wali Nagari Gadut Masferiedi pada acara pagelaran silek tradisi Minangkabau ke-3 tahun 2018 se-Agam Timur dan Bukittinggi, di lapangan Monumen Avro Anson Gadut, Sabtu, (22/9).

Kegiatan ini dihadiri Sekdakab Agam, Martias Wanto Dt Maruhun, beberapa Kepala OPD, Camat Tilatang Kamang, Ade Harlien dan tokoh masyarakat Nagari Gadut dan lainnya.

Pada kesempatan itu, Martias Wanto Dt Maruhun mengapresiasi pagelaran di Nagari Gadut yang pelaksanaannya sudah tahun ke tiga.

Martias Wanto juga meminta nagari-nagari lain turut mengembangkan seni tradisi ini dengan memberi anggaran dan mengadakan pagelaran atau lomba seperti yang telah dilakukan Nagari Gadut. "Dengan upaya ini kita optimis akan mengangkat citra dan akan membuat seni bela diri silek bertahan dan digemari," kata Martias.

Juga disampaikanya, pemerintah Agam telah mewajibkan silek masuk kurikulum sekolah sejak dua tahun lalu, hasilnya pada O2SN Sumbar 2018 pelajar Agam berhasil boyong empat keping medali emas.

Sementara itu ketua panitia penyelenggara pagelaran,Jon Hendri St Palimo menyebutkan, setelah tiga tahun berturut-turut mengadakan pagelaran, pada tahun depan direncakan akan diadakan juga lomba antar sasaran. 
"Agar tradisi  ini menjadi daya tarik bagi generasi milenial, kita akan menggelar lomba Silek yang lebih semarak lagi,"pungkasnya.(h/ks)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 10 Desember 2018 - 08:40:27 WIB

    Tiga Opsi Pengembangan Bank Nagari

    Tiga Opsi Pengembangan Bank Nagari PADANG, HARIANHALUAN.COM – Sejumlah wacana mengapung terkait pengembangan Bank Nagari sebagai salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dipunya Pemprov Sumbar. Mulai dari dilakukannya konversi Bank Nagari ke bentuk sy.
  • Senin, 10 Desember 2018 - 08:33:22 WIB

    Pengelolaan Dana Nagari Butuh Sumbangsih Perantau

    Pengelolaan Dana Nagari Butuh Sumbangsih Perantau PADANG, HARIANHALUAN.COM – Perantau dari Tanah Minang diminta tak malu untuk kembali ke kampung halaman setelah merampungkan studi perguruan tinggi. Wakil Gubernur Sumatra Barat, Nasrul Abit mengaku, dirinya justru mengapre.
  • Senin, 19 November 2018 - 10:02:38 WIB

    Api Porprov Diserahkan di Nagari Tuo Pariangan

    Api Porprov Diserahkan di Nagari Tuo Pariangan PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni secara resmi menerima Api Porprov Sumbar ke-XV dari Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi melalui Kadispora Sumbar Adib Alfikri di lapangan Sultan Suri.
  • Senin, 01 Oktober 2018 - 15:03:51 WIB
    NAGARI KAJAI 4 TAHUN BELUM PILWANA

    Empat Pj. Wali Nagari Dilantik Bupati Pasaman Barat

    Empat Pj. Wali Nagari Dilantik Bupati Pasaman Barat PASBAR, HARIANHALUAN.COM-Empat penjabat Wali Nagari di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dilantik oleh Bupati Syahiran. Pasalnya, walinagari sebelumnya mengundurkan diri dari jabatannya karena maju sebagai calon anggota legisl.
  • Ahad, 23 September 2018 - 08:17:58 WIB

    Genjot Ekonomi Rakyat, Nagari Batu Kunik Bangun Jalan Usaha Tani

    Genjot Ekonomi  Rakyat, Nagari Batu Kunik   Bangun Jalan Usaha Tani PAINAN, HARIANHALUAN.COM-Dalam upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan kelancaran transportasi di Nagari Batu Kunik, Kecamatan IV Jurai Pessel, Pemerintahan Nagari setempat melaksanakan pembangunan jalan usaha ta.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM