AKBP Bayuaji Dapat Penghargaan Sebagai Kapolres Peduli Anak


Jumat, 28 September 2018 - 12:08:37 WIB
AKBP Bayuaji Dapat Penghargaan Sebagai Kapolres Peduli Anak Kapolres Tanah Datar, AKBP Bayuaji Yudha Prajas mendapat penghargaan dari Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) sebagai Kapolres Peduli Anak, Kamis (28/9). IST

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Kapolres Tanah Datar, AKBP Bayuaji Yudha Prajas mendapat penghargaan dari Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) sebagai Kapolres Peduli Anak, Kamis (28/9).

“Atas nama Pemda, selamat atas prestasi ini, dan memang pantas pak Kapolres memperolehnya karena memang banyak program kegiatan yang dilaksanakan untuk melindungi dan mengayomi masyarakat Tanah Datar, terutama generasi muda,"ujar Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi.

Ia mengatakan, berkat berbagai inovasi oleh Polres Tanah Datar, memberikan dampak nyata, bahkan pemerintah Kabupaten Tanah Datar mampu memperoleh penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak tingkatan Madya.

Sementara terkait hak anak, Ketua Komnas PA Arist, Merdeka Sirait memaparkan ada 10 hak anak yang wajib dipenuhi orang tua.

"Sepuluh hak anak itu adalah hak untuk bermain, mendapatkan pendidikan, perlindungan, nama atau identitas, status kebangsaan, makanan, akses kesehatan, rekreasi, kesamaan dan bisa berperan dalam pembangunan," kata Arist.

Dikatakan, ketika hak-hak anak telah terpenuhi, orang tua agar mengajarkan kewajiban anak menghormati orang tua, guru, orang lain, bangsa dan negara, sehingga tercipta anak tangguh sebagai generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa serta sebagai sumber daya manusia di masa depan merupakan modal bangsa bagi pembangunan yang berkesinambungan.

Terkait perannya tentang kepedulian hak anak, Bayuaji mengatakan, setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi sebagaimana diamanatkan undang-undang

“Guna mendukung perlindungan dan pemenuhan hak anak, Polres Tanah Datar telah meluncurkan program yang berkaitan langsung dengan generasi muda kita, seperti penyediaan bus antar sekolah setiap pagi dan dilaunching 3 Mei 2017 lalu. Kemudian ada Polisi Cilik (Pocil) melibatkan siswa SD di kota Batusangkar bertujuan memberikan motivasi siswa dan orang tua lebih sadar berlalulintas, TK/PAUD Bhayangkari serta SLB untuk fasilitasi anak berkebutuhan khusus yang berada di Lintau, serta ada siswa Polisi Keamanan Sekolah (PKS) di tingkat SLTP dan SLTA," kata Bayuaji.(h/fma)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 10 Oktober 2018 - 20:40:04 WIB

    Berhasil Selesaikan Konflik Perbatasan, AKBP Dony Setiawan Terima Pengharagaan

    Berhasil Selesaikan Konflik Perbatasan, AKBP Dony Setiawan Terima Pengharagaan SOLOK, HARIANHALUAN.COM-- Dinilai berhasil oleh masyarakat menyelesaikan konflik perbatasan antara nagari Saningbaka dengan Nagari Muoropingai, Kapolres Solok Kota,AKBP  Dony Stiawan dianugrahi piagam penghargaan oleh Yaya.
  • Selasa, 24 April 2018 - 18:51:09 WIB

    AKBP Rizki Nugroho Pimpin Polres Padang Pariaman

    AKBP Rizki Nugroho Pimpin Polres Padang Pariaman PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Jajaran Polres Padang Pariaman laksanakan serah terima jabatan (Sertijab), Sabtu (21/4). Posisi jabatan yang berganti kali ini adalah jabatan Kapolres Padang Pariaman yang sebelumnya dipega.
  • Jumat, 06 April 2018 - 09:29:54 WIB

    AKBP Endrastiawan Setyowibowo Resmi Jabat Kapolres Payakumbuh

    AKBP Endrastiawan Setyowibowo Resmi Jabat Kapolres Payakumbuh PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar acara pisah sambut Kapolres Payakumbuh di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh, Rabu (4/4) malam. Pisah sambut digelar menyusul adanya pergantian posisi .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM