Akibat Gempa 7,7 SR,  Tsunami Setinggi 2 Meter Terjang Palu Sulawesi Tengah


Jumat, 28 September 2018 - 21:23:15 WIB
 Akibat Gempa 7,7 SR,  Tsunami Setinggi 2 Meter Terjang Palu Sulawesi Tengah Pusat gempa 7,7 SR di Donggala, Sulawesi, Jumat. USGS

HARIANHALUAN.COM-Gelombang tsunami menerjang Palu, Sulawesi Tengah. Tsunami ini terjadi setelah gempa bumi berkekuatan 7,7 Magnitudo mengguncang Palu dan Donggala. BMKG sempat mengeluarkan peringatan dini Tsunami, dan beberapa waktu kemudian mencabutnya.

Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono membenarkan tsunami sempat terjadi di Palu. Pihaknya tak bisa memastikan berapa ketinggian gelombang tsunami.

Baca Juga : Penyekatan Mudik Berakhir Jumat Malam

Namun, dia memperkirakan gelombang tsunami tersebut berkisar 1,5 meter sampai 2 meter. "Ini tsunami sudah terjadi, BMKG bilang sudah berakhir, artinya tsunami sudah enggak ada lagi, daerah pantai Palu sudah aman, tsunami sudah terjadi beberapa waktu lalu, kemungkinan 1,5 meter sampai 3 meter," katanya, dikutip merdeka.com, Jumat (28/9).

Dia memastikan saat ini sudah sudah tak terjadi. Sebab, tsunami terjadi beberapa saat setelah gempa 7,4 SR terjadi. Karenanya, masyarakat bisa kembali ke rumah masing-masing.

Baca Juga : Bikin Bising, Belasan Pemotor Knalpot Racing Dibekuk

"Tsunami terjadi saat terjadi gempa, waktu tempuh (tsunami) hanya beberapa KM dan waktu tiba kurang dari 30 menit, artinya lebih dari itu tsunami sudah sampai. Itu (tsunami) sudah terjadi menghantam di kota Palu, dan air sudah kembali ke laut, artinya masyarakat bisa kembali ke rumah-rumah lagi karena tsunami sudah enggak terjadi," katanya. 

Diketahui, rangkaian gempa menerjang Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9). Rangkaiannya dimulai dengan gempa bermagnitudo 6 dengan pusat gempa di 2 km arah utara Kota Donggala pada kedalaman 10 km pada Jumat, 28 September 2018, pukul 14.00 WIB.

Sejumlah rangkaian gempa kemudian bersahutan. Yang paling besar sejauh ini adalah gempa dengan magnitudo 7,7, pukul 17:02:45 WIB. Gempa itu sempat memicu peringatan dini tsunami, namun kemudian dinyatakan berakhir. (dn/mdk)
 

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]