70 Tahun Haluan: Tetap Koran Perjuangan


Senin, 01 Oktober 2018 - 00:49:22 WIB
Reporter : Tim Redaksi
70 Tahun Haluan: Tetap Koran Perjuangan Basrizal Koto

WAKTU berlalu, berkelebat begitu cepat. Tak terasa, hari ini, 1 Oktober 2018, Harian Haluan berusia 70 tahun. Bersyukur, berterima kasih dan senantiasa merefleksi dan memperbaiki diri. Inilah hal yang selalu kami sampaikan setiap momen peringatan ulang tahun koran bersejarah ini.

Alhamdulillah. Kami bersyukur kepada Allah SWT, satu dari sembilan koran tertua yang lahir pascakemerdekaan Republik Indonesia, ini masih eksis dan rutin penerbitannya. Di tengah kepungan media sosial dan online yang luar biasa belakangan, Haluan tetap terbit dan setia mendampingi perjalanan masyarakat Sumatera Barat.

Basko Group, secara de jure mengelola Haluan 1 Oktober 2010 lalu, dengan misi utama menyelamatkan sejarah dan nama besar surat kabar ini. Pengambilalihan pengelolaan dari keluarga pendiri H Kasoema adalah sebuah proses keberlanjutan sejarah pers, bukan hanya di Sumatera Barat atau di Sumatera, tetapi bagian dari sejarah pers di Indonesia.

Terbit perdana di Bukittinggi pada tahun 1948, Haluan lahir di tengah gejolak revolusi nasional. Selama hampir dua dekade pascakemerdekaan, surat kabar ini terus mendominasi pemberitaan daerah, khususnya di Sumatera Tengah. Sejarah dan nama Haluan identik dengan koran perjuangan. Berjuang untuk kepentingan daerah. Berjuang untuk kepentingan bangsa. Berjuang untuk kepentingan masyarakat. Apapun itu resiko dan konsekuensinya. Dihentikan terbit, bahkan ditembak dan dimasukkan ke penjara, pernah dialami Haluan, wartawan, pendiri dan pemimpin redaksinya.

Pada momen peringatan 70 tahun, ini kami ingin meneguhkan kembali spirit dan jati diri Haluan sebagai koran perjuangan. Kami siap rugi material asal surat kabar ini mampu memperjuangkan kepentingan masyarakat dan daerah. Menjaga dan menumbuhkan bisnis media iya, tapi menjaga marwah daerah, bangsa dan negara adalah yang utama. Menegakkan kebenaran; di atas segala-galanya.

Haluan 70 tahun, harus bisa dipastikan, tidak hanya menjalankan fungsi pers sebagai media penyampai informasi, pendidikan dan hiburan, tapi juga harus mampu melakukan pengawasan, kritik, koreksi dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum serta memperjuangkan keadilan dan kebenaran.

Kepada pengasuh, wartawan dan karyawan Haluan, kami perlu mengingatkan, bahwa hidup mati perusahaan, termasuk manusia, bukan tergantung di tangan penguasa, tapi ditentukan oleh Yang Maha Kuasa. Sepanjang mau bekerja keras, kreatif dan inovatif serta bersandar pada kebenaran dan dilakukan dengan cara-cara yang profesional sesuai kode etik jurnalistik dan aturan pers, insya Allah, kita percaya, Tuhan akan memberikan jalan dan kemudahan untuk Haluan.

Kami juga percaya, selain kerja keras dan kesungguhan para wartawan dan karyawan Haluan dalam mengelola koran ini, kontribusi masyarakat, pembaca, mitra, relasi dan pemangku kepentingan di daerah ini, tentu sangat berarti. Sehebat apapun awak Haluan mengelola media ini, jika tidak mendapat kepercayaan dan dukungan publik, tidak akan ada artinya sama sekali.

Untuk semua kepercayaan dan dukungan masyarakat, mitra dan relasi itulah, pada momentum ulang tahun ke-70 ini, kami secara tulus menyampaikan ucapan terima kasih. Mohon maaf, jika selama ini, ada kelemahan dan kekurangan.

Terima kasih pula kepada seluruh wartawan dan karyawan Haluan yang telah bekerja dan berkarya dengan penuh cinta di surat kabar kebanggaan kita ini. Tetaplah menjadikan Haluan sebagai koran perjuangan. Berjuang untuk kepentingan publik dengan tetap menjunjung tinggi kode etik jurnalistik dan hukum yang berlaku. Jangan pernah sekalipun merasa paling benar dan paling hebat. Rendah hati dan berlapang dadalah menerima kritik dan masukan. Dari siapa pun itu.

Kepada para pendiri, senior dan pendahulu Haluan, kami senantiasa berharap nasihat dan saran-saran. Kepada para sahabat, tokoh pers dan pemimpin media di Sumatera Barat kami selalu menyampaikan salam hangat persahabatan. Doa dan dukungan pembaca, mitra, relasi dan seluruh lapisan masyarakat, senantiasa kami harapkan. (*)

Wassalam

H Basrizal Koto
CEO Haluan



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 14 Desember 2015 - 03:05:36 WIB

    ‘Show of Force’ PGRI di HUT ke-70

    Minggu, 13 November 2015, guru Indonesia menyelenggarakan acara puncak peringatan Hari Guru yang juga sejalan dengan peringatan Hari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-70. Lebih seratus ribu guru dari berbagai provin.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM