UKM Diving Proklamator dan Minangkabau Diver Gelar Sertifikasi Selam


Senin, 01 Oktober 2018 - 18:12:35 WIB
UKM Diving Proklamator dan Minangkabau Diver Gelar Sertifikasi Selam Para peserta sertifikasi selam jenjang A1CMAS sedang mengikuti Latihan Ketrampilan Kolam (LKK) di kolam renang Teratai GOR H. Agus Salim, Padang, Sumbar, Minggu (30/9). Tanhar

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Puluhan mahasiswa dari beberapa institusi mengikuti ujian bersama sertifikasi menyelam (diving license), yang digelar Unit Kegiatan Mahasiswa Diving Proklamator, Universitas Bung Hatta bekerjasama dengan Minangkabau Diver, di Padang.

Para peserta berasal dari mahasiswa Universitas Negeri Jambi (Unja), Universitas Negeri Padang Diving Club (UNP-DC), Putra-Putri Maritim Sumatera Barat (PPM-Sumbar) dan masyarakat umum. Kegiatan tersebut telah dilangsungkan sejak pekan kemarin pelaksanaannya dilakukan secara bertahap. Mengikuti ujian sertifikasi menyelam bukanlah hal mudah.

Disamping biaya mahal, juga dibekali materi selam, bahkan sampai pada standar keselamatan dan keamanan dalam menyelam.

Aktifitas menyelam juga memiliki standar atau jenjang, berikut jenjang sertifikasi yang berlaku berdasarkan aturan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) atau induk organisasi selam Indonesia bekerjasama dengan Confederation Mondiale des Activites Subaquatiques (CMAS) Italia dalam melakukan pelatihan dan sertifikasi bagi penyelamnya. Pertama A1 (Open Water Scuba Diving), A2 (Advanced Scuba Diving), A3 (Rescue Scuba Diving), A4 (Dive Master Scuba Diving), B1 (Instruktur), B2 (Instruktur), B3 (Instruktur).

"Lisensi awal bagi peserta yang sedang mengikuti sertifikasi yang kami gelar saat ini ialah open water atau A1," kata Ketua UKM Diving Proklamator, Rease Nadiah, Senin (1/10) di Padang.

Ia mengatakan, calon penyelam sebelum menjadi penyelam untuk mendapatkan sertifikasi harus melewati beberapa tahapan. Bagi calon penyelam yang telah lolos pendidikan selam dan dinyatakan berhak memegang A1 CMAS.

Harus melewati Pendidikan Akademik Penyelaman (PAP), yakni sesi penyampaian materi penyelaman yang aman dan nyaman berdasarkan POSSI. Kemudian, Latihan Ketrampilan Kolam (LKK), yakni skill waterman ship yaitu keahlian renang dasar, skin dive. 

Itu terdiri atas keahlian berenang menggunakan masker dan fin, pengenalan dasar-dasar teknik penyelaman meliputi pengenalan alat-alat selam sampai cara menggunakannya dengan benar. Keterampilan ini dilakukan dilaksanakan di kolam renang renang Teratai GOR H.Agus Salim, Padang.

Ketiga ujian materi, ini diberikan kepada peserta setelah mengikuti PAP, dan tahap selanjutnya, Latihan Perairan Terbuka (LPT). Latihan ini menguji para peserta untuk beradaptasi dengan lingkungan.

"Segala materi saat pendidikan diaplikasi di perairan terbuka, dan pelaksanaannya itu di kawasan wisata Mandeh, sebagai lokasi yang ditunjuk dan ini lokasi tersebut sebelumnya pernah diadakan di sana," kata Rease.

Instruktur untuk pengambilan sertifikasi openwater, menunjuk Mabruri Tanjung sebagai instruktur, pemegang lisensi B1 (instructor) POSSI dan Juhaldi Sitorus, pemegang lisensi A4 (Dive Master Scuba Diving) POSSI. Keduanya merupakan dari Minangkabau Diver. Sertifikasi selam untuk jenjang A1CMAS akan berlangsung sampai minggu ketiga bulan Oktober 2018 atau Minggu (20/10).

Sementara Instructor Diving, Mabruri Tanjung mengatakan, sertifikat selam bagi seorang penyelam suatu kewajiban. Namun, yang mesti diperhatikan ialah bukan sekadar memiliki selembar kertas, akan tetapi tanggungjawab. Baik terhadap orang lain, lingkungan dan terutama itu adalah kepada diri penyelam itu sendiri.

Ia menerangkan, syarat utama dan harus itu adalah kesehatan seorang penyelam.

"Calon penyelam harus memiliki sehat secara fisik dan rohani, cukup umur dan memiliki kemampuan dasar renang. Karena ini merupakan olahraga yang aktivitasnya memiliki resiko tinggi. Ya,  ibarat mengambil SIM di kantor polisi. Seorang sopir, nga mungkin tak sehat, kan bisa berdampak buruk pada penumpang yang dibawanya. Demikian halnya aktivitas selam," ujar Mabruri Tanjung, didampingi Juhaldi Sitorus.

Minangkabau Diver merupakan tempat kursus yang menyediakan lisensi selam standar internasional, tour guide selam di kawasan wisata bawah laut di Sumbar. Berdasarkan catatan Minangkabau Diver, seorang penyelam dinyatakan lolos setelah evaluasi bersama tim, dan terkadang ada yang gagal. Hal ini disebabkan kesehatan calon penyelam yang tidak stabil.

"Penyelam tidak lolos bukan karena tidak mampu akan tetapi karena kesehatan calon penyelam itu sendiri. Sehingga dari awal saya katakan, sertifikat selam itu bukan sekadar kertas yang mudah diperoleh. Tentunya kami mempertimbangkan hal yang seperti itu (tidak sehat), dengan pengulangan kembali dan dilakukan pada agenda sertifikasi berikutnya," pungkas instructor selam disapa Tanjung.(h/rel)

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 17 Juni 2019 - 17:44:02 WIB

    UKM Sulit Air Ikuti Pelatihan e-Commerce

    UKM Sulit Air Ikuti Pelatihan e-Commerce AROSUKA, HARIANHALUAN.COM — Sebanyak 50 orang warga Sulit Air mengikuti pelatihan bisnis E-Commerce sebagai pengembangan dari UKM yang ada di Sulit Air. Pelatihan ini diberikan oleh Fajar Aditya Emoza, S.Kom, putra Sulit Ai.
  • Selasa, 15 November 2016 - 23:48:00 WIB

    30 Pelaku UKM Pelatihan Aplikasi Online

    PAYAKUMBUH, HALUAN — Sebanyak 30 orang pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Kampung Rendang Payakumbuh yang terletak di jalan Tan Malaka, Kelurahan Sungai Durian, Kecamatan Lamposi Tigo Nagari diberikan pelatihan Aplikasi UKM .
  • Rabu, 20 Juli 2016 - 16:24:27 WIB

    Di Sijunjung, Pemodalan Koperasi dan UKM Digulirkan Mencapai Rp22 M

    Di Sijunjung, Pemodalan Koperasi dan UKM Digulirkan Mencapai Rp22 M SIJUNJUNG, HALUAN- Sejak tahun 2002 hingga 2016, Dinas Koperindag Kabupaten Sijunjung telah menggulirkan dana pinjaman untuk permodalan Koperasi dan UKM lebih kurang Rp22 miliar. “ Hingga saat ini, dana yang digulirkan untu.
  • Senin, 18 Juli 2016 - 19:22:55 WIB

    Kadis Koperindag Sijunjung Terima Penghargaan Bakti Koperasi dan UKM

    Kadis Koperindag Sijunjung Terima Penghargaan Bakti Koperasi dan UKM SIJUNJUNG, HALUAN - Setelah Bupati Sijunjung Yuswir Arifin menerima penghargaan Bakti Koperasi dan UKM dari Kementrian Koperasi dan UKM pada tahun 2013 lalu, kini giliran Kepala Dinas Koperindag Kabupaten Sijunjung Febrizal A.
  • Rabu, 11 Mei 2016 - 15:47:24 WIB

    Sawahlunto Dorong UKM Buka Peluang Kerja

    Sawahlunto Dorong UKM Buka Peluang Kerja SAWAHLUNTO, HALUAN -- Pemerintah Sawahlunto mengharapkan keberadaan UKM mampu membuka peluang kerja dan menekan angka pengangguran di tengah masyarakat..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM