Uji Lab Mikroba Negatif, Buah Anggur 'Kontroversi’ Aman Dikonsumsi


Rabu, 03 Oktober 2018 - 14:06:42 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Uji Lab Mikroba Negatif, Buah Anggur 'Kontroversi’ Aman Dikonsumsi Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Buah anggur yang sempat kontroversi dinyatakan bebas formalin juga kandungan mikrobanya. Hasil uji laboratorium sudah keluar dan diserahkan oleh Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM).  

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pangan Sumbar, Efendi, kepada Haluan Selasa (2/10) di Padang. "Hasil uji laboratoriumnya sudah keluar dan diserahkan oleh Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) kepada kita dan hasilnya negatif. Jadi, masyarakat tidak usah khawatir jika ingin membeli dan mengkonsumsi buah anggur yang murah tersebut," terangnya.

Efendi menyebutkan, dinas pangan memang sebelumnya telah mengambil sampel untuk diperiksa di lab untuk uji dua kemungkinan yang mengkhawatirkan. Hasil pertama pada pekan lalu diperoleh uji formalin negatif dan uji kedua kandungan mikroba juga negatif.

"Dari segi kesehatan tidak ada yang perlu kita khawatirkan lagi dan silakan saja mengkonsumsi buah tersebut. Jika masih ada pertanyaannya kenapa buah tersebut dijual murah, ya bisa saja produksinya melimpah dan dipasarkan secara bebas," katanya lagi.

Ia juga menyampaikan, soal izin masuk dari luar negeri ke dalam (impor) bisa ditanyakan kepada Dinas Perdagangan. "Silakan tanyakan ke yang berwenang menjawab apakah buah tersebut illegal atau tidak," tukasnya.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan, Endrizal, menyampaikan bahwa, tidak ada persoalan apakah buah tersebut illegal atau tidak. Yang menjadi persoalan utama yaitu apakah buah tersebut aman dikonsumsi dari segi kesehatan.

"Buah apa saja yang masuk ke dalam, tidak hanya anggur boleh saja asal tidak mengancam kesehatan masyarakat. Selama ini kita banyak buah impor dan sejauh ini aman saja dikonsumsi. Soal apakah illegal atau tidak itu yang bisa menjawab di pusat. Jika sudah sampai ke daerah berarti sudah melalui berapa tahapan. Jika murah maka berarti itu banjir. Masyarakat juga harus cerdas dalam hal ini," ungkap Endrizal. (h/win)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 04 September 2018 - 23:39:39 WIB

    5.600 Blanko Tersedia, Cetak KTP-el di Kantor Camat Diuji Coba

    5.600 Blanko Tersedia, Cetak KTP-el di Kantor Camat Diuji Coba PADANG, HARIANHALUAN.COM—Uji coba pencetakan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) di kantor camat digelar di Kantor Kecamatan Koto Tangah dan Kecamatan Kuranji. Sejauh ini, Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukc.
  • Kamis, 12 Januari 2017 - 09:53:01 WIB

    73 Selter Tsunami Belum Uji Kelayakan. Kok Bisa?

    73 Selter Tsunami Belum Uji Kelayakan. Kok Bisa? PADANG, HALUAN--Saat ini, Kota Padang telah memiliki puluhan selter. Namun, kelayakan dari penggunaannya belum dilakukan pengujian hingga sekarang..
  • Jumat, 16 Desember 2016 - 01:20:01 WIB
    OPD DILANTIK 30 DESEMBER

    Kepala SKPD Akan Diuji Ulang

    PADANG, HALUAN — Setelah mengendap beberapa waktu, akhirnya skenario pemilihan jabatan eselon II yang akan duduk sebagai kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilakukan secara Job Fit. Seluruh kepala SKPD eselon II yang .
  • Rabu, 07 September 2016 - 10:07:15 WIB

    Pagi Ini, Sirena Tsunami Diujicoba

    PADANG, HALUAN – Simulasi bencana tsunami kembali digelar pagi ini, Rabu (7/9/2016) pukul 10.00 WIB. Hal ini juga terkait dengan pelaksanaan Indian Ocean Wave Exercise (IOWave) 2016 di Kota Padang.
  • Rabu, 24 Agustus 2016 - 04:38:50 WIB
    DETEKSI PENCEMARAN UDARA

    459 Kendaraan Ikuti Uji Emisi

    459 Kendaraan Ikuti Uji Emisi PADANG, HALUAN—Sebanyak 459 unit kendaraan roda empat mengikuti uji emisi berkala di Jalan S. Parman depan Makam Pahlawan Lolong, Selasa (23/8)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM