Memantik Ancaman Gasmetana, PLN Diminta Pindahkan Tower Sutet dari TPA Regional Payakumbuh


Kamis, 04 Oktober 2018 - 13:24:30 WIB
Memantik Ancaman  Gasmetana, PLN Diminta Pindahkan Tower Sutet dari TPA Regional Payakumbuh TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Regional Payakumbuh. Dok. HALUAN

PAYAKUMBUH,HARIANHALUAN-Keberadaan Tower Sutet (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi) di Kota Payakumbuh yang berdekatan dengan area TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Regional dikhawatirkan mengakibatkan kerusakan lingkungan.

Dalam diskusi Pemprov Sumbar yang dihadiri Wakil Gubernur Nasrul Abit dengan PLN Sumbar, dan Pemko Payakumbuh terungkap permasalahan keberadaan tower Sutet di area operasi TPA. Tenaga listrik dari tower dan gas metana yang dihasilkan sampah berada pada satu lokasi yang sama dikhawatirkan dapat membawa petaka. Oleh karena itu, Pemprov Sumbar meminta agar PLN untuk memindahkannya ke lokasi yang lain. 

Ada dua pilihan terkait permasalahan ini. Pertama, memindahkan tower sutet atau memindahkan lokasi TPA. Nasrul Abit menilai sebaiknya tower Sutet yang sebaiknya dipindahkan. 

“Sangat sulit untuk memindahkan lokasi TPA. Butuh lahan yang luas sekitar 16 hektar. Dan itu membutuhkan waktu minimal 4 tahun padahal permsalahan ini harus cepat diselesaikan,” ujar Nasrul Abit melalui siaran pers yang diterima HarianHaluan.Com, siang ini,Kamis (4/10).

Nasul Abit mengaku akan menulis surat kepada Direksi PLN terkait pemindahan tower. “Kami berharap pihak Direksi PLN Pusat bisa membahas bersama menyetujui ini agar segera bisa ditindaklanjuti,” ucapnya.

 Di sisi lain, Nasrul Abit menilai perlu adanya koordinasi yang kuat antara Pemprov Sumbar, Pemko Payakumbuh, dan jajaran direksi PLN untuk mewujudkan pemindahan tower ini. “Sehingga permasalahan potensi kerusakan lingkungan dan keresahan masyarakat terkait keberadaan tower Sutet di area TPA regional dapat teratasi,” ucapnya. (mg-ari)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM