Lima Jam Galang Dana, Driver Ojek di Padang Ini Kumpulkan Rp83 Juta


Jumat, 05 Oktober 2018 - 17:02:33 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Lima Jam Galang Dana, Driver Ojek di Padang Ini Kumpulkan Rp83 Juta Foto bersama Forum Komunikasi Driver Ojek Padang di kawasan Gor Agus Salim, Padang, Jumat (5/10). RIvo

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Ikut merasakan kesedihan, dan ingin berbagi kepada korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, ribuan driver ojek yang tergabung dalam Forum Komunikasi Driver Ojek Padang (FKDOP) menggelar aksi penggalangan dana.

Aksi itu dilakukan di 20 titik di Kota Padang. Hanya dengan waktu sekitar lima jam, forum yang terdiri dari 42 komunitas ojek online (ojol) ini mampu mengumpulkan dana senilai Rp83 juta.

"Ini untuk saudara kami yang di Palu, Donggala, Sulteng. Kami melakukan aksi pada 2 Oktober dan dalam waktu lima jam sudah terkumpul Rp83.267. 500. Terima kasih masyarakat Kota Padang yang sudah menyisihkan sedikit hartanya, dan terima kasih teman-teman driver semoga ini menjadi ibadah bagi kita semua," tutur Ketua FKDOP, Tulang Cohen (35) kepada harianhaluan.com, Jumat (5/10) di Padang.

Ia menjelaskan, aksi itu dilakukan melalui 52 perwakilan Kordinator Lapangan (korlap) FKDOP di setiap kecamatan di Kota Padang. Kepedulian dari FKDOP tidak lepas dari gempa 2009 yang meluluhlantakkan Kota Padang dan wilayah lainnya di Sumbar.

"Kita juga pernah merasakan hal yang sama pada 2009 betapa penting uluran tangan orang yang ingin membantu. Dan mungkin karena ini pula masyarakat antusias menyumbangkan uangnya, sehingga bisa terkumpul senilai itu," kata Tulang yang mengkordinir 3000 driver ojek itu.

"Dana semua kami simpan di bank, dan untuk pendistribusian bantuan ini, kami akan kirim dua orang menuju lokasi. Selanjutnya nanti perwakilkan kami akan mensurvei, dimana lokasi yang sangat membutuhkan, karena kami takut jangan sampai bantuan ini menumpuk atau tidak sampai," ucapnya menambahkan.

Tulang menyampaikan, dari informasi yang ia terima, korban di Palu dan Donggala saat ini membutuhkan air bersih, pakaian, serta kebutuhan wanita dan anak-anak. Selain itu, FKDOP juga akan mengirim beras, serta beberapa ekor ternak untuk membantu pemulihan perekonomian warga. Bahkan pihaknya juga berencana ingin membangun rumah ibadah.

Aksi penggalangan dana yang dilakukan oleh FKDOP tersebut, merupakan yang kedua kalinya. Pada gempa Lombok, pihaknya juga juga melakukan aksi dan mampu mengumpulkan uang Rp46 juta.

Lebih lanjut ia mengatakan, aksi FKDOP akan dilanjutkan untuk dua pekan depan dengan menerima bantuan berupa baju layak pakai. Bagi yang ingin membantu, pakaian tersebut bisa diantar ke basecame (pangkalan) ojol di Tugu Simpang Haru.

"Kami juga sampaikan, bagi masyarakat yang ingin memantau soal donasi atau nama tersebut bisa melihat melalui medsos kami di @fkdop_pdg," ujarnya. (h/rvo)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 21 Oktober 2018 - 09:10:01 WIB

    Padang Sikat Maksiat, Satpol PP Kembali Ciduk Lima Pasang Remaja

    Padang Sikat Maksiat, Satpol PP Kembali Ciduk Lima Pasang Remaja PADANG, HARIANHALUAN.COM-Komitmen  Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah  untuk terus  menyikat  segala bentuk kemaksiatan di kota ini, senantiasa  ditindaklanjut Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang dengan .
  • Jumat, 13 Juli 2018 - 21:52:35 WIB

    Ikut Boarding Sub Animator, Lima Alumni BLK Padang ke BBPLK Bekasi

    Ikut Boarding Sub Animator, Lima Alumni BLK Padang ke BBPLK Bekasi PADANG, HARIANHALUAN.COM--Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK ) Bekasi akan melaksanakan kegiatan Boarding Sub Animator. Untuk Kota Padang, para pesertanya diambil dari Balai :Latihan Kerja (BLK) Padang. .
  • Jumat, 05 Januari 2018 - 10:31:34 WIB

    Seperlima Warganya Miskin, Padang Gagal Jadi Penggerak Ekonomi

    Seperlima Warganya Miskin, Padang Gagal Jadi Penggerak Ekonomi PADANG, HARIANHALUAN.COM— Guru Besar Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, Prof Firwan Tan berpendapat, bertambahnya penduduk miskin karena Pemko Padang gagal menggerakkan ekonomi. Ia menerangkan, warga miskin berta.
  • Kamis, 05 Oktober 2017 - 01:25:45 WIB
    DIDUGA SEBAGAI TEMPAT PROSTITUSI

    Lima Petak Salon Dibongkar Pol PP

    Lima Petak Salon Dibongkar Pol PP PADANG, HALUAN--Sebanyak lima petak salon yang berada di kawasan Atom Center atau matahari lama di Imam Bonjol, Padang, di bongkar petugas gabungan Satuan Polisi Pamong Praja, Satlinmas, serta Dinas Perdagangan, Rabu (4/10)..
  • Kamis, 03 Agustus 2017 - 11:39:57 WIB

    Dinsos Padang: Januari-Juli 2017, Lima Balita Terlantar, Satu Meninggal

    Dinsos Padang: Januari-Juli 2017, Lima Balita Terlantar, Satu Meninggal PADANG, HARIANHALUAN.COM—Periode Januari hingga Juli 2017, terdapat 5 kasus balita terlantar yang ditinggalkan orangtuanya.  Salah satu dari lima kasus tersebut, satu balita meninggal dunia..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM