Seniman Solsel Galang Dana Bantu Korban Gempa Palu dan Donggala


Senin, 08 Oktober 2018 - 14:09:29 WIB
Seniman Solsel Galang Dana Bantu Korban Gempa Palu dan Donggala Aksi penggalangan dana dari seniman dan musisi Solsel untuk korban bencana di Sulteng, aksi dilakukan di simpang RTML, Senin (8/10). Jefli

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM- Para Seniman dan Musisi se-Solok Selatan (Solsel) melakukan aksi penggalangan dana untuk korban bencana Sulawesi Tengah (Sulteng) selama empat hari. Uniknya, aksi yang dilakukan sembari menghibur para pengendara yang melewati lokasi dengan iringan musik organ tunggal.

Alex, selaku Ketua aksi penggalangan dana mengaku kegiatan yang dilakukan pada Senin (8/10) di simpang Ruang Terbuka Muaro Labuah (RTML) merupakan aksi yang ke-dua kalinya. Sebelumnya, telah dilakukan aksi penggalangan dana di simpang Pasar Baru Muaro Labuah pada Kamis (4/10). 

"Alhamdulillah, hari pertama terkumpul sekitar Rp4,5 juta. Dana yang terkumpul nanti bakal dihimpun dan disalurkan pada organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) oleh perhimpunan Seniman se-Sumbar. Wacananya, pengumpulan ini bakal dihadiri gubernur," ucap Alex pada Haluan.

Alex menambahkan, aksi sengaja dilakukan dengan menampilkan iriangan musik organ tunggal supaya warga dan pengendara merasa terhibur. "Fasilitas alat musik merupakan milik anggota yang dipinjamkan secara sukarela alias gratis. Sesuai tema "Kitorang Bersaudara". Jadi, aksi ini merupakan bentuk empati dan peduli terhadap sesama dari rekan-rekan seniman dan musisi," katanya.

Sedikitnya, imbuhnya, ada sekitar 30 orang seniman dan musisi Solsel yang ikut berkolaborasi dalam aksi penggalangan dana. Secara bergantian, seniman berbagi tugas. Mulai dari menyanyi bergantian hingga berjalan dengan kotak sumbangan kepada pengendara yang melintasi jalur itu. "Ini ide kita bersama," tuturnya.

Kegiatan ini, katanya akan berlanjut hingga Rabu (10/10) nanti. "Biasanya kita untuk makan siang patungan sebab aksi dilakukan hingga pukul 17.00 WIB. Besok kita lakukan di balai Pekan Selasa dan Rabu di balai Pekan Rabaa," ucapnya. (h/jef)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM