Peminat CPNS di Kemenag Sumbar Membludak


Selasa, 09 Oktober 2018 - 11:59:18 WIB
Peminat CPNS di Kemenag Sumbar Membludak Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Formasi CPNS Kementerian Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumbar diminati banyak pelamar. Sebanyak 11.419 pelamar terdaftar di situs sscn.bkn.go.id. Jumlah itu menempatkan Kemenag Sumbar sebagai instansi nomor tiga paling diminati di lingkungan Kementerian Agama.

Dari 11.419 pelamar yang terdaftar, baru 2.671 pelamar yang mengantarkan atau mengirimkan berkasnya ke panitia lokal yang berposko di Kantor Kemenag Sumbar, Padang. “Jumlah pelamar memang membeludak. Bahkan, data yang kami terima, jumlah pelamar di Kemenag Sumbar masuk tiga besar di internal Kementerian Agama,” terang Kepala Kabag TU H Irwan, Senin (8/10) malam.

Tahun ini, Kanwil Kemenag Sumbar mendapat 801 formasi CPNS. Dari 801 formasi itu, 791 untuk guru, empat  penghulu, satu Penyuluh Agama Islam (PAI), satu pranata komputer, satu pranata humas, satu pranata haji, satu analis kepegawaian dan satu untuk Arsiparis.

Dijelaskan Irwan, pendaftaran online akan dibuka sampai 15 Oktober 2018. Sama dengan kementerian dan instansi lain, pelamar di Kementerian Agama juga harus mendaftar online melalui sscn.bkn.go.id. Selanjutnya pelamar mengirim berkas ke Kanwil Kemenag Sumbar, Jalan Kuini, Nomor 79 B Padang. Berkas bisa diantar langsung atau melalui jasa pengiriman. “Bagi pelamar yang ingin mengantar langsung  bisa datang ke Kanwil Kemenag Sumbar selama jam dinas sampai pukul 16.00 WIB,” ungkap Irwan.

Kepada petugas yang menerima berkas lamaran, Irwan meminta untuk melayani pelamar dengan baik. “Ini tugas berat, jika dilakukan bersama-sama akan menjadi mudah dan ringan. Mari seayun selangkah, karena ini tanggung jawab kita bersama dan untuk kebaikan lembaga.  Jika ada yang diragukan jangan membuat kebijakan sendiri. Mari laksanakan tugas ini dengan baik dan maksimal. Karena panitia yang akan menentukan pelamar untuk mengikuti tes berikutnya,” pinta mantan Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag itu.

Peluang di instansi sepi

Badan Kepegawaian Negara (BKN) coba mengajak para pendaftar calon pegawai negeri sipil 2018 (CPNS 2018) untuk memilih beberapa instansi yang sepi peminat. Adapun bentuk kampanye yang dilakukan, yakni merilis data beberapa instansi dengan jumlah pelamar paling sedikit lewat media sosial seperti Facebook atau Twitter.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan melaporkan, beberapa instansi yang kini masih sepi peminat antara lain Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), hingga Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam). "Yang paling rendah sekarang BNPT, 171 orang. Kedua BKPM, 212 orang. Ketiga Sekjen (Sekretariat Jenderal) Komisi Yudisial, 219 orang. Terus juga ada Kemenko Polhukam, 233 orang," sebut dia.

Menyiasati jumlah pelamar yang sedikit di instansi-instansi ini, dia mengatakan, pihaknya coba mengandalkan media sosial untuk menyebarluaskan informasi ini dan berharap calon pelamar juga mau mendaftarkan diri di tempat tersebut. Ridwan mengaku, upaya itu terbukti ampuh. "Cara itu berpengaruh. Seperti BNPT saja, beberapa hari lalu jumlah pelamarnya masih berapa belas. Sekarang sudah 171 orang," jelasnya.

BKN memang terbilang gencar untuk mengabarkan beberapa instansi dengan jumlah pelamar sedikit. Seperti yang disuarakan akun Twitter @BKNgoid pada Rabu (3/10), terdapat lima instansi pusat dengan jumlah pelamar paling rendah di CPNS 2018. Saat itu, Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial menjadi instansi dengan jumlah pelamar paling sepi, yakni hanya enam orang. Kemudian diikuti BNPT (18 orang), Setjen Wantannas (22 orang), BKPM (26 orang), dan Kemenko Polhukam (35 orang).

Namun demikian, beberapa instansi seperti Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) telah mengajukan diri untuk menutup lebih cepat waktu pendaftaran menjadi 7 Oktober 2018. "Kemenkumham sudah kirim surat ke BKN untuk minta ditutup. Tapi itu belum direspons BKN," ungkap Ridwan.

Ridwan mengatakan, alasan pihak Kemenkumham mau menutup lebih cepat proses pendaftaran CPNS 2018 lantaran membludaknya jumlah pelamar di instansi tersebut. "Sudah terlalu banyak. Kalau didata, jumlah akun pendaftar yang submit di Kemenkumham sekarang sudah hampir 290 ribu orang. Sebagai contoh penjaga Lapas di Jawa Barat saja. Posisi yang terbuka cuma 11, tapi yang daftar itu kurang lebih sekitar 13 ribu orang," ucap Ridwan. (h/mg-rio)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 16 Januari 2019 - 11:33:54 WIB

    Kursi CPNS di Sumbar Banyak Lowong, Formasi Dokter Spesialis Sepi Peminat

    Kursi CPNS di Sumbar Banyak Lowong, Formasi Dokter Spesialis Sepi Peminat PADANG, HARIANHALUAN.COM — Sejumlah formasi yang tersedia dalam seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 di provinsi dan daerah kabupaten/kota di Sumatra Barat tak terisi. Pemerintah daerah setempat belum dapat me.
  • Kamis, 20 Desember 2018 - 20:42:46 WIB

    Peminat Honorer BLK Padang Tinggi, Seleksi Libatkan Tim Independen

    Peminat Honorer BLK Padang Tinggi, Seleksi Libatkan Tim Independen PADANG, HARIANHALUAN.COM--Peminat menjadi tenaga honorer Balai Latihan Kerja (BLK) Padang sangat tinggi. Dari empat formasi yang dibuka, peserta mengikuti test sebanyak 1.595 orang. .
  • Rabu, 10 Oktober 2018 - 12:13:09 WIB

    Peminat CPNS di Sumbar Sudah Capai 6.014 Orang

    Peminat CPNS di Sumbar Sudah Capai 6.014 Orang PADANG, HARIANHALUAN.COM – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar menyebutkan pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Sumbar sudah mencapai 6.014 orang, jelang ditutupnya masa pendaftaran sepekan mendatang..
  • Senin, 26 September 2016 - 01:48:42 WIB
    PILWANA SERENTAK DHARMASRAYA

    Peminat Kursi Walinagari Membludak

    DHARMASRAYA, HALUAN — Pemilihan Walinagari (Pilwana) secara serentak di Kabupaten Dharmasraya mendapat respon luar biasa dari masyarakat. Hal ini ditandai dengan banyaknya peminat yang berani maju berlaga memperebutkan kurs.
  • Kamis, 22 September 2016 - 04:17:20 WIB

    Objek Wisata Ngalau Indah Kurang Peminat

    Objek Wisata Ngalau Indah Kurang Peminat PAYAKUMBUH, HALUAN — Objek Wisata Ngalau Indah Payakumbuh berbentuk Goa, saat ini terkesan kurang diminati pengunjung..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM