2018, Perekaman KTP el di Limapuluh Kota Rampung 100 Persen


Rabu, 10 Oktober 2018 - 13:46:45 WIB
2018, Perekaman KTP el di Limapuluh Kota Rampung 100 Persen Ilustrasi (haluan)

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Pemkab Limapuluh Kota, melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat menggencarkan pemenuhan kepemilikan dokumen kependudukan masyarakat di daerah ini.

Hal itu menindaklanjuti pencanangan Gerakan Indonesia Sadar Adiminstrasi Kependudukan (GISA) beberapa waktu lalu. Kini Disdukcapil menggiatkan sosialisasi dan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk).

Bupati Irfendi Arbi, didampingi Kepala Disdukcapil Afrizal Azis, SH kepada wartawan di kantor Disdukcapil setempat, baru-batu ini mengatakan, melalui GISA diharapkan meningkatnya perilaku tertib administrasi kependudukan di tengahtengah masyarakat.

“Kita berharap tersosialisasinya masalah administrasi kependudukan kepada seluruh lapisan masyarakat dan terealisasinya pemenuhan kepemilikan dokumen kependudukan bagi setiap warga,” tuturnya.

Dikatakannya, semua pihak harus mensukseskan program sadar kepemilikan dokumen kependudukan tersebut.

“Kita mengajak masyarakat benar-benar menyadari pentingnya dokumen kependudukan, sadar pentingnya pemanfaatan data kependudukan, dan pentingnya pemutakhiran data kependudukan, serta pelayanan administrasi kependudukan menuju masyarakat yang sentosa,” ulas Irfendi.

Menurut Irfendi Arbi, program GISA ini harus sukses agar seluruh warga di daerah ini memiliki dokumen kependudukan dan ke depannya tidak ada lagi yang terkendala berurusan karena alasan tidak memiliki adminduk seperti KTP el, Kartu Keluarga (KK) dan lainnya.

“Kita tidak ingin ada warga yang hendak berpergian ke luar daerah atau ke luar negeri seperti untuk menunaikan ibadah umroh, terkendala karena tidak memiliki KTP. Untuk itu saya meminta Disdukcapil betul-betul menjalankan program GISA sehingga terwujudnya pelayanan dokumen kependudukan yang efektif dan efisien,” ujar Irfendi lagi.

Kepala Disdukcapil Limapuluh Kota, Azfrizal Aziz menyebut, GISA merupakan gerakan nasional buat mendorong masyarakat memiliki dokumen kependudukan yang lengkap mulai dari akta kelahiran, KTP el, buku nikah, akta kematian, dan lainnya. “Kita menindaklanjuti pencanangan GISA di Nagari Sariak Laweh, Akabiluru belum lama ini, Disdukcapil langsung melakukan pelayanan terpadu seluruh dokumen kependudukan dan capil.

Dikatakan, untuk tahap awal pihaknya sudah melaksanakan pembinaan dan sosialisasi tentang pentingnya kepemilikan dokumen untuk berbagai urusan setiap warga seperti untuk melanjutkan sekolah, melamar pekerjaan, bepergian ke luar daerah dan lainnya. Selain itu Disdukcapil juga telah melakukan pelayanan terpadu di nagari seolah Disdukcapil berkantor di nagari.

Azfrizal Aziz optimis untuk mencapai target nasional untuk perekaman KTP el harus 100 persen dan kepemilikan akte kelahiran minimal 90 persen. Ia berharap capai target nasional untuk perekaman KTP el dan kepemilikan akte kelahiran. Hingga bulan September 2018 lalu sudah merealisir perekaman KTP el sebesar 94,30 persen dan realisasi akta sebanyak 87 persen.

“Kita optimis sampai akhir 2018 perekaman KTP el rampung. Pasalnya, KTP el hanya tersisa untuk 15.000 orang yang harus direkam. Mereka tersebar di berbagai nagari dan sekolah-sekolah,” ungkap Azfrizal Aziz sembari menyebut untuk perekaman itu pihaknya juga akan masuk ke sejum;ah SLTA negeri dan swasta di Luak Limopuluah, Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh. (h/zkf)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 05 Januari 2018 - 21:01:17 WIB

    Operasi Mantap Praja 2018, TNI-Polri Siap Amankan Pilkada

    Operasi Mantap Praja 2018, TNI-Polri Siap Amankan Pilkada PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM - Untuk menghadapi pengamanan pesta demokrasi atau Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Padang Panjang tahun 2018 ini, Polres Padang Panjang mengelar Apel operasi Mantap Praja 2018, di lapan.
  • Selasa, 05 Desember 2017 - 19:01:10 WIB

    Tahun 2018, Pemkab Pessel Akan Terapkan Sistem Transaksi E-Money

    Tahun 2018, Pemkab Pessel Akan Terapkan Sistem Transaksi E-Money PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), akan menerapkan sistem e-Money atau transaksi non tunai, untuk mengatur pengeluaran atau pembayaran belanja yang bersumber dari anggaran pendapa.
  • Kamis, 09 November 2017 - 13:47:49 WIB

    2018, Gaji Anggota DPRD Solsel Rp32 Juta

    2018, Gaji Anggota DPRD Solsel Rp32 Juta SOLOK SELATAN HARIANHALUAN.COM - Gaji anggota DPRD Solok Selatan (Solsel) pada 2018 naik sebesar Rp19 juta per bulan dari gaji sebelumnya yang hanya Rp13 juta per bulan..
  • Sabtu, 09 September 2017 - 01:28:57 WIB

    2018, RSUD Lubuk Basung Siapkan Pelayanan Online

    AGAM, HALUAN -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Basung melangkah maju, tahun 2018 mendatang segera memasuki pelayanan online untuk meningkatkan pelayananya. Untuk itu, RSUD ini menganggarkan dana Rp400 juta untuk membeli.
  • Selasa, 31 Mei 2016 - 03:24:10 WIB
    Target Ali Yusuf

    2018, 50 Persen SMP/SMA Gelar UNBK

    2018, 50 Persen SMP/SMA Gelar UNBK SAWAHLUNTO, HALUAN—Sebagai satu-satunya SMP di Sawahlunto yang menggelar Ujian Nasio­nal Berbasis Komputer (UNBK), SMPN 2 Sawah­lun­to meminta kepada peme­rintah daerah untuk me­lengkapi sarana dan prasarana penunjangn.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM