Beberapa Hari ke Depan Sumbar Masih Berpotensi Diguyur Hujan 


Rabu, 10 Oktober 2018 - 14:33:26 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Beberapa Hari ke Depan Sumbar Masih Berpotensi Diguyur Hujan  Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COM-Perkiraan cuaca untuk wilayah Sumatera Barat (Sumbar) dan sekitarnya, beberapa hari ke depan masih berpotensi terjadi hujan intensitas sedang. Karena kondisi tersebut, Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menghimbau untuk waspadai titik-titik rawan lonsor, Rabu, (10/10).

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Minangkabau Padang, Yudha Nugraha mengatakan, untuk kondisi cuaca seminggu ke depan secara umum masih berpotensi terjadi hujan intensitas sedang pada siang hingga sore hari, frekuensi terjadinya hujan sedang semakin sering di pertengahan dan akhir Oktober.

Yudha katakan, secara data musim, curah hujan bulanan Sumbar, bulan Oktober hingga November ini yang tertinggi dibandingkan bulan lainnya, hal ini diakibatkan meningkatnya pola gangguan cuaca. 

"Secara musim, memang kedua bulan tersebut ini merupakan puncak nilai curah hujan bagi Sumbar dibandingkan dengan bulan-bulan lain," ucapnya.

Ia menyebutkan, hal ini diakibatkan karena adanya daerah pertemuan angin dari Asia dan Samudera Hindia, yang cenderung membawa uap air basah, selain itu juga terdapat tekanan rendah di Samudera Hindia. Sehingga meningkatkan akumulasi pertumbuhan awan hujan di hampir seluruh wilayah Sumbar.

Dikatakan Yudha, karena hujan setiap hari sehingga meningkatkan kelembaban tanah, masyarakat harus mewaspadai titik-titik rawan longsor, dimana hujan yang terjadi secara terus menerus dapat memicu terjadinya gerakan tanah.

"Pada kondisi cuaca hujan ini, untuk angin kencang dan petir juga terjadi. Namun hanya sebentar dan tidak terlalu signifikan," sebut Yudha. (h/mg-pmi)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 04 September 2018 - 23:41:49 WIB

    Pipa Bocor Ganggu Aliran Air ke Beberapa Wilayah di Padang

    Pipa Bocor Ganggu Aliran Air ke Beberapa Wilayah di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pelayanan air bersih di sebagian kawasan Lubuk Kilangan, Lubuk Begalung, dan Pauh terganggu. Hal itu disebabkan rusaknya pipa jaringan distribusi PDAM Kota Padang. Kerusakan terjadi di pipa DN 400 P.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM