Lantamal II Gelar Penyuluhan Penyakit Difteri dan Rubella


Rabu, 10 Oktober 2018 - 18:00:30 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Lantamal II Gelar Penyuluhan Penyakit Difteri dan Rubella Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal II memberikan penyuluhan tentang penyakit difteri dan rubella kepada prajurit dan PNS Lantamal II di Gedung Nanggala Mako Lantamal II, Rabu (10/10). Dispenlantamal II

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan TNI AL tahun 2018, Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal II memberikan penyuluhan tentang penyakit difteri dan rubella kepada prajurit dan PNS Lantamal II di Gedung Nanggala Mako Lantamal II, Rabu (10/10).

Komandan Lantamal II Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman, dalam sambutannya mengatakan, dalam menyikapi situasi saat ini, banyak hal yang harus diwaspadai tentang berbagai penyakit yang setiap saat dapat menyerang kita maupun keluarga diantaranya penyakit difteri dan rubella.

"Oleh karena itu dilaksanakan cegah dini dengan cara memberikan penyuluhan kesehatan. Hal ini sangat penting untuk menambah pengetahuan dan pemahaman tentang penyakit difteri dan rubella serta bagaimana kita agar terhindar dari penyakit tersebut,”ujarnya.

Penyuluhan tentang penyakit difteri dan rubella disampaikan oleh dr. Elen Riorita yang kesehariannya berdinas di Balai Pengobatan (BP) Lantamal II. Menurutnya penyakit Difteri merupakan infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri corynebacterium dengan gejala berupa sakit tenggorokan, demam, dan terbentuknya lapisan di amandel dan tenggorokan.

Lanjutnya, bakteri ini menghasilkan racun yang berbahaya jika menyebar ke bagian tubuh yang lain. Sedangkan rubella merupakan infeksi virus yang ditandai dengan ruam merah pada kulit, dan umumnya rubella menyerang pada anak-anak dan remaja.

Penyakit ini disebabkan oleh virus rubella yang dapat menyebar dengan sangat mudah penularanya, utamanya dapat melalui butiran liur di udara yang dikeluarkan penderita melalui batuk atau bersin.

"Difteri dan rubella termasuk penyakit infeksi yang berbahaya, karena dapat berujung kematian jika tidak mendapat penanganan yang tepat,“ucapnya.

Acara juga dirangkai dengan sesi tanya jawab peserta penyuluhan kepada pemberi materi penyuluhan. (h/rel)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 15 September 2018 - 14:09:01 WIB

    KM Santa Lusia Tenggelam, Satrol Lantamal Padang Evakuasi Wisatawan Asing

    KM Santa Lusia Tenggelam, Satrol Lantamal Padang Evakuasi Wisatawan Asing PADANG, HARIANHALUAN.COM--Satuan kapal Patroli (Satrol) Lantamal II kerahkan Sea Rider dan Patkamla Marak bantu evakuasi Kapal Pesiar KM. Santa Lusia yang mengalami kebocoran di perairan pulau Sinyaru Sumatera Barat, Sabtu (1.
  • Senin, 10 September 2018 - 11:35:52 WIB

    Upacara HUT Ke-73 TNI AL di Lantamal II, Tanda Kehormatan dan Pemotongan Tumpeng

    Upacara HUT Ke-73 TNI AL di Lantamal II, Tanda Kehormatan dan Pemotongan Tumpeng PADANG, HARIANHALUAN.COM--Dalam rangka memperingati HUT ke-73 TNI Angkatan Laut, Lantamal II menggelar upacara di Mako Lantamal II Teluk Bayur, dipimpin langsung oleh Komandan Lantamal II Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman,S.
  • Kamis, 06 September 2018 - 14:09:59 WIB
    Latihan Operasi Matra Laut

    Tim F1QR Lantamal II Amankan 100 Kg Sabu

    Tim F1QR Lantamal II Amankan 100 Kg Sabu PADANG, HARIANHALUAN.COM--Tim Fleet One Quick Response (F1QR) Lantamal II Padang berhasil dan mengamankan KM.Bina Sumber Jaya yang membawa narkotika jenis sabu-sabu di perairan Sumatera Barat, Kamis (6/9). Penangkapan itu b.
  • Senin, 27 Agustus 2018 - 20:11:49 WIB

    Safari Logistik Mabes AL di Lantamal II Padang

    Safari Logistik Mabes AL di Lantamal II Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) II Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman,didampingi para Asisten Danlantamal II menerima kedatangan Tim Safari Staf Logistik TNI Angkatan Laut di ruang ra.
  • Kamis, 23 Agustus 2018 - 12:07:51 WIB

    Iduladha, Lantamal II Salurkan 5 Sapi Kurban Kepada Masyarakat

    Iduladha, Lantamal II Salurkan 5 Sapi Kurban Kepada Masyarakat PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) II Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman, menyerahkan secara simbolis satu ekor sapi limusin usai melaksanakan sholat Iduladha bersama sama masyarakat se.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM