Berhasil Selesaikan Konflik Perbatasan, AKBP Dony Setiawan Terima Pengharagaan


Rabu, 10 Oktober 2018 - 20:40:04 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Berhasil Selesaikan Konflik Perbatasan, AKBP Dony Setiawan Terima Pengharagaan Ketua Yayasan Karya Anak Bangsa Saniangbaka, Chandra menyerahkan pigam penghargaan kepada Kapolres Solok Kota, AKBP Dony Setiawan SIK. MH. IST

SOLOK, HARIANHALUAN.COM-- Dinilai berhasil oleh masyarakat menyelesaikan konflik perbatasan antara nagari Saningbaka dengan Nagari Muoropingai, Kapolres Solok Kota,AKBP  Dony Stiawan dianugrahi piagam penghargaan oleh Yayasan Pesantren  Karya Anak Bangsa Saniangbaka.

Piagam pengharagaan itu diserahkan lansung oleh Ketua Yayasan Pesantren  Karya Anak Bangsa Saniangbaka,Chandra dan disaksikan lansung oleh  tokoh masyarakat Nagari Saningbaka dan jajaran Polres Solok Kota di Mapolres Solok Kota, Rabu (10/10).

Ketua Yayasan Pesantren  Karya Anak Bangsa Saniangbaka,Chandra mengatakan, penghargaan ini diberikan karena Kapolres  Solok Kota berhasil menyelesaikan konflik perbatasan anatara Nagari Saniangbaka dengan Nagari Muoropingai yang sudah terjadi sejak tahun 1967 silam.

“Sejak tahun 1967 silam, beragam upaya telah  dilakukan untuk menyelesaikan konflik perbatasan ini. Telah melibatkan beberapa orang Kapolres dan juga telah menempuh jalur hukum adat. Namun semuanya berakhir dengan tangan hampa. Sejak tahun 1967 itu pula Yayasan Pesantren  Karya Anak Bangsa Saningbaka tidak bisa membangun pesantren diatas tanah miliknya sendiri,”ujar Chandra dengan mata berbinar.

Dikatannya, dengan selesainya konlik perbatasan antar nagari ini, tanah milik Pesantren   yang selama dijadikan ladang oleh masyarakat Muaropingai kembali menjadi milik yayasan, dan yayasan sudah bisa  melaksanakan pembangun pondok pesntren di tanah tersebut.

Diakuinya, memang belum semua tapal batas disepakati dua nagari ini, masih ada bebera bagian yang dalam tahap penyelesaian. Namun demikian keberhasilan penyelesaian tapal batas antara Nagari Muaropingai dengan Yayasan Pesantren  Karya Anak Bangsa Saningbaka, merupakan langkah awal yang baik untuk menyelesaikan seluruh tapal batas antara Nagari Saniangbaka dengan Nagari Muaropingai.

“Kami sangat berharap dalam waktu dekat semua tapal batas sudah dapat sepakati oleh dua nagari yang bertikai,” harap Chandra.

Ditambahkannya, piagam penghargaan yang diberikan Yayasan Pesantren  Karya Anak Bangsa Saniangbaka ini, secara materi memang tak ada artinya. Akan tetapi inilah bentuk pengakuan masyarakat Nagari Saniangbaka atas keberhasilan Dony Setawan dan jajarannya meredam konflik berkepanjangan antara Nagari Saniangbaka dengan Nagari Muaropingai.

Sementara itu, Kapolres Solok Kota, Dony Setiawan mengatakan, Polres Solok Kota tidak sendiri dalam menyelesaikan konflik perbatasan ini. Melainkan banyak pihak yang membantu, termasuk Pemerintah Kabupaten Solok.

“Kami selalu mendorong Pemerintah Kabupaten Solok untuk menyelesaikan konflik ini secara bersama-sama. Tiap ada kesempatan kita ajak mereka untuk turun ke lapangan, karena potensi keributan akibat konflik perbatasan ini sangat besar, dan kalu itu terjadi korbannya juga besar,”ujar Dony Setawan. (h/eri)  



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 13 Juni 2017 - 19:40:37 WIB

    Melirik Nagari Singgalang, Bupati Tanah Datar: Tularkan Keberhasilan Pariangan

    Melirik Nagari Singgalang, Bupati Tanah Datar: Tularkan Keberhasilan Pariangan TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM--Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi bidik pontensi wisata alam di Nagari Singgalang Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Selasa, (13/6). Hal demikian bermula saat bupati menyambangi Naga.
  • Ahad, 04 Juni 2017 - 18:04:00 WIB

    Wako Klaim Program Magrib Mengaji Berhasil di Sawahlunto

    Wako Klaim Program Magrib Mengaji  Berhasil di Sawahlunto SAWAHLUNTO,HALUAN- Ada yang menarik di setiap kunjungan Tim Safari Ramadan (TSR) 1 Kota Sawahlunto. Tim yang dikomamdoi langsung oleh Walikota Ali Yusuf itu, senantiasa mengevaluasi program magrib mengaji yang telah di canang.
  • Rabu, 16 November 2016 - 23:38:14 WIB

    PKK Padang Pariaman Berhasil Berdayakan Keluarga

    PKK Padang Pariaman Berhasil Berdayakan Keluarga PADANG PARIAMAN, HALUAN — Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni mengapresiasi kinerja pengurus dan kader PKK yang telah ikut mendorong dan mensukseskan berbagai program pembangunan di kabupaten itu. Ia menyampaikan apresiasi i.
  • Rabu, 12 Oktober 2016 - 01:05:24 WIB

    Kebakaran Hutan Berhasil Dipadamkan

    Kebakaran Hutan  Berhasil Dipadamkan AGAM, HALUAN—Tim gabungan Pemkab Agama berhasil memadamkan api yang membakar hutan pinus di kawasan perbukitan Mancuang, Nagari Padang Tarok, Kecamatan Baso pada Senin (10/10) sore sekitar 17.00 WIB. Kurang lebih 10 hektar.
  • Rabu, 14 September 2016 - 02:12:21 WIB
    KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP KONSERVASI PENYU TINGGI

    2016, 23 Ribu Penyu Berhasil Ditetaskan

    2016, 23 Ribu Penyu Berhasil Ditetaskan PARIAMAN, HALUAN — Partisipasi masyarakat untuk menitipkan telur penyu yang didapatnya ke UPT Konservasi Penyu Kota Pariaman sangat diharapkan untuk kelancaran konservasi hewan laut yang dilindungi tersebut..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM