Luar Biasa, Warga Garagahan Temukan Labi-labi Raksasa 


Kamis, 11 Oktober 2018 - 10:48:26 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Luar Biasa, Warga Garagahan Temukan Labi-labi Raksasa  Labi-labi raksasa  ditemukan warga Garagahan diserahkan ke BKSDA. KASRA.

AGAM, HARIANHALUAN.COM-Seekor Labi-labi raksasa berjenis kelamin betina dengan berat 50 kg, panjang 50 cm dan  berusia sekitar 50 tahun,  ditemukan warga nagari Garagahan Lubuk Basung, Agam. Hewan langka yang luar biasa besar  tersebut, akhirnya  diserahkan warga  kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Agam.

Kepala Unit Pengendali Ekosistem Hewan BKSDA Lubuk Basung Ade Putra menyebutkan, hewan air yang dilindungi ini ditemukan oleh Sudirman (50) warga nagari Garagahan pada aliran sungai Batang Kalulutan yang melintas di nagari tersebut, Rabu, (10/10).

Setelah mendengar informasi ada penemuan labi-labi raksasa itu, pihak BKSDA terjun ke lapangan untuk melihat dari dekat, karena labi-labi raksasa termasuk hewan yang dilindungi. Lalu masyarakat menyerahkanya ke BKSDA.

"Ini luar biasa, ternyata labi-labi jenis ini ada di Sumatra Barat dan kemungkinan habitatnya juga masih ada di sekitaran Batang Kalulutan, tempat warga menemukannya," ungkap Ade Putra

Dikatakan, selama ini diketahui populasi Labi-labi raksasa jenis cantor (Pelochelys Cantorii) ada di kepulauan Kalimantan.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam mengapresisasi inisiatif warga Garagahan Lubuk Basung tersebut. BKSDA senantiasa mengingatkan masyarakat agar melindungi satawa langka yang terancam punah dan dilindungi berdasarkan undang-undang. (ks)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM