Luar Biasa, Warga Garagahan Temukan Labi-labi Raksasa 


Kamis, 11 Oktober 2018 - 10:48:26 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Luar Biasa, Warga Garagahan Temukan Labi-labi Raksasa  Labi-labi raksasa  ditemukan warga Garagahan diserahkan ke BKSDA. KASRA.

AGAM, HARIANHALUAN.COM-Seekor Labi-labi raksasa berjenis kelamin betina dengan berat 50 kg, panjang 50 cm dan  berusia sekitar 50 tahun,  ditemukan warga nagari Garagahan Lubuk Basung, Agam. Hewan langka yang luar biasa besar  tersebut, akhirnya  diserahkan warga  kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Agam.

Kepala Unit Pengendali Ekosistem Hewan BKSDA Lubuk Basung Ade Putra menyebutkan, hewan air yang dilindungi ini ditemukan oleh Sudirman (50) warga nagari Garagahan pada aliran sungai Batang Kalulutan yang melintas di nagari tersebut, Rabu, (10/10).

Setelah mendengar informasi ada penemuan labi-labi raksasa itu, pihak BKSDA terjun ke lapangan untuk melihat dari dekat, karena labi-labi raksasa termasuk hewan yang dilindungi. Lalu masyarakat menyerahkanya ke BKSDA.

"Ini luar biasa, ternyata labi-labi jenis ini ada di Sumatra Barat dan kemungkinan habitatnya juga masih ada di sekitaran Batang Kalulutan, tempat warga menemukannya," ungkap Ade Putra

Dikatakan, selama ini diketahui populasi Labi-labi raksasa jenis cantor (Pelochelys Cantorii) ada di kepulauan Kalimantan.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam mengapresisasi inisiatif warga Garagahan Lubuk Basung tersebut. BKSDA senantiasa mengingatkan masyarakat agar melindungi satawa langka yang terancam punah dan dilindungi berdasarkan undang-undang. (ks)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 12 Februari 2019 - 10:42:16 WIB

    Menunggu Jalan Keluar Tanah Bergetar di Pila Tarok

    Menunggu Jalan Keluar Tanah Bergetar di Pila Tarok PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pemko Padang mengaku sudah mendapatkan surat rekomendasi dari hasil tinjauan ke lapangan yang dilakukan tim Geologi Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumbar, terkait fenomena tanah bergeta.
  • Selasa, 04 Desember 2018 - 14:28:00 WIB

    Longsor di Proyek SUTT Solsel, Sembilan Kepala Keluarga Mengungsi

    Longsor di Proyek SUTT Solsel, Sembilan Kepala Keluarga Mengungsi SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM-- Sebanyak sembilan Kepala Keluarga (KK) mengungsi akibat longsor yang terjadi disekitar lokasi pembangunan tapak tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) di Sampu, Lubuak Gadang Utara, Kecam.
  • Selasa, 30 Oktober 2018 - 14:35:56 WIB

    Lion Air Berikan Pendampingan Psikologi Kepada Keluarga Korban 

    Lion Air Berikan Pendampingan Psikologi Kepada Keluarga Korban  JAKARTA, HARIANHALUAN.COM--  Badan SAR Nasional (BASARNAS) telah mengantongi 24 jenazah per pada Senin (2910), seluruh jasad dibawa dan berada di RS POLRI Kramat Jati, Jakarta Timur..
  • Selasa, 30 Oktober 2018 - 12:09:12 WIB

    Korban Jatuhnya Pesawat Lion Air, Pesan Terakhir Tami Kepada Keluarga

    Korban Jatuhnya Pesawat Lion Air, Pesan Terakhir Tami Kepada Keluarga LIMAPULUHKOTA, HARIANHALUAN.COM--Suasana duka juga menyelimuti kediaman orangtua Tami Julian di Jorong Aia Randah, Nagari Gaduik, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota. Beberapa orang dari keluarga besar Tami.
  • Selasa, 30 Oktober 2018 - 11:48:32 WIB

    Belum Mau Pasang Tenda, Keluarga Berharap Shintia Pulang dalam Keadaan Sehat

    Belum Mau Pasang Tenda, Keluarga Berharap Shintia Pulang dalam Keadaan Sehat PADANG, HARIANHALUAN.COM – Di Kompleks Villaku Indah IV Blok A no. 6, Melwani (58) tengah duduk termenung di sebuah bangku di sudut rumahnya. Ia tampak terpukul mendengar menerima informasi jatuhnya pesawat Lion Air rute Ja.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM