HARI PERTAMA DUA WALI KOTA BARU

Fadly Masuk Pasar, Genius Sampaikan Program


Kamis, 11 Oktober 2018 - 13:33:32 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Fadly Masuk Pasar, Genius Sampaikan Program Pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pariaman serta Padang Panjang di Aula Kantor Gubernur Sumbar. Irham

Sehari usai dilantik Gubernur Sumbar, Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran dan Wali Kota Pariaman, Genius Umar langsung tancap gas. Keduanya tak mau larut dalam euforia semata, dan langsung bekerja. Haluan berkesempatan mengikuti langkah dua pucuk pimpinan itu di hari pertama kerjanya. Apa yang dilakukan keduanya?

Laporan: Apiz Rajo Alam & Trisnaldi

Rabu (10/10) siang, Pasar Penampungan Padang Panjang lebih riuh dari biasanya. Para pedagang sumringah kala Fadly Amran – Asrul, pasangan pemimpin kota dingin itu masuk ke pasar. Keduanya baru saja dilantik dan melakukan serah terima jabatan dengan Hendri Arnis, wali kota yang sudah memimpin Padang Panjang selama lima tahun.

Pemindahan pedagang dari pasar penampungan ke Pasar Padang Panjang yang baru, menjadi target dan prioritas utama Fadly - Asrul dalam program kerja 100 hari mereka. Keduanya datang ke pasar diiringi Ketua DPRD Padang Panjang Novi Hendri dan sejumlah kepala dinas. Kedatangan ke pasar juga sebagai bukti dari Fadly Amran.

Menggunakan pakaian kebesaran Walikota berwana serba putih itu, Fadly Amran dan Asrul dengan gagah melangkahkan kaki ke pasar. Tampak sekali keinginannya untuk segera menuntaskan permasalahan yang ada di Pasar tersebut agar para pedagang dapat di pindah ke lokasi Pasar yang baru itu. Satu per satu Blok dan lorong pasar di telusurinya, sembari mendengar paparan dari Kabid Cipta Karya Agung Satria yang merupakan PPK dalam pembangunan Pasar tersebut. Diskusi hangat pun tercipta dalam perjalanan menyusuri setiap sisi lokasi Pasar Padang Panjang yang baru itu.

"Kita telah meninjau pembangunan Pasar Padang Panjang ini, beberapa titik yang belum maksimal akan segera kita maksimalkan fungsi, nanti kita akan carikan solusi yang tidak merugikan pedagang pasar  Padang Panjang, bersama OPD terkait dan DPRD," sebut Fadly Amran.

Dikatakannya, penempatan pedagang pasar menjadi prioritas seperti kehendak pedagang yang ingin mengfungsikan Pasar Padang panjang secepatnya. "Kita akan targetkan pemindahan pedagang ini secepatnya, dan kita akan masukkan pemindahan pedagang ini kedalam program prioritas 100 hari kerja kita," tutur Fadly Amran.

Setelah peninjauan pasar Padang Panjang itu, Fadly dan Asrul juga menyempatkan menyapa para pedagang pasar. Bertutur sapa dan mengobrol ringan dengan masyarakat juga disempatkan Fadly Amran, sebagai mana biasanya sebelum ia terpilih menjadi Walikota Padang Panjang. Beragam harapan dari pedagang dicatat Fadly.

Kegiatan hari pertama kerja Fadly dan Asrul tersebut, ditutup dengan diskusi ringan bersama kepala OPD membahas pemindahan pedagang dan program 100 hari kerja, serta meninjau Balai Kota yang akan menjadi tempat kerja baru keduanya.

Sebelumnya, Fadly Amran dan Asrul melakukan serah terima jabatan dengan Hendri Arnis dan Mawardi. Kegiatan yang digelar di Auditorium Mifan tersebut mendapat antusias yang sangat tinggi dari masyarakat, tak hanya ASN, DPRD dan Forkopimda, namun ninik mamak dan seluruh unsure masyarakat berbondong-bondong mendatangi Auditorium Mifan untuk melihat langsung sertijab serta mendengarkan visi dan misi pemimpin baru mereka. "Padang Panjang harus jadi Kota tujuan, di sini dulu pusat pendidikan, di sini dulu pusat perdagangan dan di sini dulu pusat pemerintahan. Jadi rasanya tidak lah muluk-muluk untuk kita bercita-cita mengembalikan muruah Padang Panjang yang pernah jaya di masa lalu tersebut," tutur Fadly Amran.

Sementara itu, Wakil Walikota Padang Panjang Drs. Asrul menekankan akan siap membantu kinerja Wako. "Saya selaku wakil siap membantu kinerja Wako, namun kami tidaklah bisa bekerja berdua saja tanpa dibantu oleh seluruh ASN dan masyarakat kota Padang Panjang. Mari kita bekerja sama untuk kemajuan Padang Panjang," tegas Asrul.

Genius sampaikan visi misi

Sementara di hari pertamanya, Walikota Pariaman Genius Umar dan Wawako Mardison Mahyuddin menghadiri sidang paripurna istimewa DPRD Pariaman di Aula DPRD dengan agenda serah terima jabatan dari Mukhlis Rahman. Tidak hanya Sertijab, agenda paripurna tersebut juga sekaligus penyampaian visi, misi dan program kerja yang dibuka langsung Ketua DPRD Kota Pariaman, Faisal.

Dalam pidato pertamanya, Walikota Pariaman Genius Umar mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada semua pihak, atas dukungan dan doa restunya kepada pasangan Genius Umar dan Mardison Mahyyuddin, untuk memimpin Kota Pariaman dalam waktu lima tahun kedepan. "Kepada segenap pejabat dan pegawai, kami mengajak mari kita bersama-sama menguatkan tekad untuk selalu memberikan yang terbaik bagi Kota Pariaman, menjalin kebersamaan, bekerja dengan jujur, cermat, dan bersemangat, yang dilandasi dengan niat bekerja, sebagai ibadah untuk memperoleh ridha Allah SWT," imbau Wako Genius.

ia juga mengungkapkan, bahwa dirinya akan merangkul semua komponen yang ada di Kota Pariaman, walaupun pada pilkada berseberangan. “Jangan jadikan pilkada untuk memutus tali silaturahim, baik di kalangan pejabat, ASN, tokoh masyarakat, ninik Mamak dan masyarakat pada umumnya. Kita jadikan Pilkada sebagai masa lalu, dan kita melangkah bersama untuk masa depan, karena kerja pemerintah daerah tidak bisa hanya bisa pemerintah saja, tanpa keikutsertaan dari seluruh komponen masyarakat yang ada. Untuk itu kami mengajak kepada seluruh komponen yang ada, untuk membangun Kota Pariaman ke arah yang lebih baik lagi", tuturnya dikutip dari situs resmi Pemko Pariaman.

Pada kesempatan ini ia juga menyampaikan visi misi dan program kerja pemerintahanya untuk lima tahun ke depan, dimana Kota Pariaman sangat konsen untuk mengembangkan diri menjadi kawasan wisata yang diminati dan dan memberi kenyamanan kepada pengunjung. (*)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM