Terisolasi Karena Banjir, Warga Koto Panjang Naik Rakit Batang Pisang


Kamis, 11 Oktober 2018 - 15:11:02 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Terisolasi Karena Banjir, Warga Koto Panjang Naik Rakit Batang Pisang Sejumlah warga memanfaatkan batang pisang sebagai alat bantu memabawa motor warga melintasi banjir di Pancah, Nagari Lubuk Layang, Kecamatan Rao Selatan, Kabupaten Pasaman, Kamis (11/10). Belum ada data resmi pihak terkait mengenai jumlah kerugian akibat banjir itu. Yudhi

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Seratusan warga Koto Panjang, Nagari Lansekkadok, Kecamatan Rao Selatan masih terisolasi, Kamis (11/10). Akibat, akses jalan Lansek kadok-Silayang, Mapattunggul Selatan terputus pascabanjir pada Selasa lalu. 

Rakit dari batang pisang menjadi satu-satunya sarana transportasi bagi warga setempat. Ironisnya, untuk mendapatkan jasa rakit, setiap warga harus merogoh kocek sebesar Rp10 ribu untuk sekali jalan. 

Salah seorang warga, Rafnel (51) menuturkan, setiap warga yang ingin menggunakan jasa rakit dari batang pisang akan dikenakan biaya. Hal itu tidak bisa dielakkan, karena rakit satu-satunya sarana transportasi bagi warga setempat. 

"Cuma rakit satu-satunya. Baik itu bagi warga Koto Panjang maupun warga Silayang yang ingin pergi ke Rao atau Tapus untuk berbelanja," katanya. 

Rinel (37), seorang pedagang ayam mengaku terpaksa menggunakan jasa rakit untuk mengakses kawasan itu. Sebab, kata dia, banjir juga merendam jalan alternatif lainnya. Seperti, Pancahan-Sawah Tarok dan Padang Beriang-Rojang. 

"Jalan alternatif lainnya juga terputus. Yang dekat dan aman cuma ini, meski harus pakai rakit. Saya mau ke Silayang. Dari sini lebih dekat dan gak mutar," ujarnya. 

Terpisah, Walinagari Lubuk Layang, Ermin mengatakan, ratusan KK di nagari itu membutuhkan bantuan beras dari pemerintah setempat. Pasalnya, stok beras milik mereka rusak setelah terendam banjir semalaman. 

"Kebutuhan yang paling mendesak dari warga terdampak bencana adalah sembako, khususnya beras," ujarnya. 

Ermin mengatakan, sekitar 500 rumah warga terendam banjir di delapan kejorongan. Banjir juga merusak ratusan hektar kolam ikan siap dan sawah siap panen. Kerugian sementara akibat peristiwa itu mencapai Rp2 miliar. 

"Sekitar 500 unit rumah terendam dari Jorong 1 hingga di Jorong 8. 300 hektar kolam ikan disapu banjir. 150 hektar sawah gagal panen. Kita perkirakan kerugian bisa mencapai Rp2 miliar. Terbesar pada kolam ikan yang saat ini hendak panen," kata Ermin. 

Selain itu, kata Ermin, sekitar 45 KK di Jorong Kubu, Nagari Lubuk Layang masih terisolasi hingga saat ini. Itu akibat terputusnya jembatan gantung sebagai akses satu-satunya ke perkampungan tersebut. 

"Jorong 4 Kubu hingga saat ini belum bisa diakses, masih terisolasi. Selain jembatan putus, hanyut dihantam banjir, lahan pertanian seperti sawah dan ladang jagung juga rusak," katanya. (h/yud)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 24 Oktober 2018 - 11:39:23 WIB

    11 Ribu Warga Butuh Bantuan, Nagari Maligi dan Sikilang Terisolasi

    11 Ribu Warga Butuh Bantuan, Nagari Maligi dan Sikilang Terisolasi PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Akibat terputusnya akses jalan ke Nagari Maligi dan Sikilang Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, 11 ribu masyarakat di nagari tersebut terisolasi. Pasalnya, lima akses jalan keluar masuk ke wilayah terse.
  • Rabu, 17 Oktober 2018 - 07:51:32 WIB
    PASBAR BUTUH BANTUAN PUSAT

    Ratusan Warga Masih Terisolasi, Dua Jembatan Putus  Akibat Banjir

    Ratusan Warga  Masih Terisolasi, Dua Jembatan Putus  Akibat Banjir PASBAR, HARIANHALUAN.COM-Akibat banjir yang melanda Pasbar beberapa waktu lalu menyebabkan dua daerah terisolasi yakni Jorong Tanjung Pangkal dan Perkampungan Gersindo. Tidak hanya itu saja, kerugian materi dari peristiwa ter.
  • Jumat, 05 Oktober 2018 - 14:46:06 WIB

    Banjir Terjang Pessel, Dua Kampung Terisolasi

    Banjir Terjang Pessel, Dua Kampung Terisolasi PAINAN, HARIANHALUAN.COM-Akibat tingginya  curah hujan, dua kampung di  Lengayang Kabupaten Pessel terendam banjir dan memutuskan sebuah jembatan..
  • Selasa, 10 Oktober 2017 - 18:12:48 WIB

    Akses Jalan di Koto Balingka Putus Total, Ratusan Jiwa Terisolasi

    Akses Jalan di Koto Balingka Putus Total, Ratusan Jiwa Terisolasi PASBAR, HARIANHALUAN.COM-- Selain banjir yang merusak puluhan rumah di Kampung Baru Kecamatan Ranah Batahan banjir juga terjadi di Jorong Rura Patontang Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Akibatnya, akses jalan .
  • Senin, 07 Agustus 2017 - 20:00:06 WIB

    Puluhan Tahun Terisolasi, Warga Dusun Salak Berharap Pembangunan Jembatan

    Puluhan Tahun Terisolasi, Warga Dusun Salak Berharap Pembangunan Jembatan PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah masyarakat Dusun Salak, tepatnya di Kampung Jalamu, Kenagarian IV Koto Hilir, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), setiap hari harus manyabung nyawa. Sebab, akses mer.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM