Satu Keluarga Tertimbun Longsor di Padang Pariaman


Kamis, 11 Oktober 2018 - 16:18:12 WIB
Satu Keluarga Tertimbun Longsor di Padang Pariaman Keluarga membantu mengevakuasi korban longsor yang masih anak-anak ke Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman, Kamis (11/10). IST

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Tanah Longsor menimbun satu keluarga di Korong Padang Toboh, Nagari Parit Malintang, Kecamatan Enam Lingkung, Padang Pariaman Rabu (10/10) malam. Akibatnya, satu rumah tertimbun dan enam orang meninggal dunia. 

Kepada Haluan, Kepala Pelaksana BPBD Padang  Pariaman, Budy Mulya mengatakan, akibat curah hujan yang begitu tinggi di daerah Padang Pariaman, satu rumah tertimbun tanah longsor yang terjadi Rabu malam. Satu keluarga dinyatakan tertimbun. 

"Dalam bencana ini satu keluarga menjadi korban. Dimana dari hasil evakuasi 3 orang korban bernama Nando (9), Restu (5), dan Raka (5) masih berusia anak-anak," ujarnya. 

Ia menjelaskan, ketiganya berasal dari satu keluarga asal Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging. Ia juga menjelaskan, diduga saat terjadi longsor korban tak sempat lari," tambahnya.

Lanjutnya, korban ditemukan oleh anggota BPBD, Selasa (10/10) sekitar 23.30 WIB dan langsung membawa korban ke rumah sakit terdekat. Namun nyawa korban tidak bisa diselamatkan.

"Kami sudah berusaha semampunya untuk menyelematkan semua korban, Namun, takdir berkata lain dan nyawa korban tak bisa diselamatkan," ujarnya lagi.

Pada malam itu juga BPBD Padang Pariaman, mengantarkan korban ke rumah duka di Sungai Geringging. Ia juga menyampaikan pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas sosial, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta bagian kesra terkait bantuan.

"Kami turut berduka cita atas telah terjadinya bencana longsor ini," katanya.

Ia juga menghimbau kepada seluruh warga yang tinggal di pinggir tebing maupun di pinggir sungai agar lebih waspada lagi. Karena sampai saat ini curah hujan  di Padang Pariaman masih sangat tinggi. Hal ini dapat sewaktu-waktu dapat memicu bencana longsor dan banjir.

"Saya menghimbau kepada seluruh warga Padang Pariaman khususnya yang tinggal di bantaran sungai dan bukit agar waspada," ucapnya. 

Data yang diterima Haluan dalam satu bulan ini Kabupaten Padang Pariaman, sudah empat kali di landa banjir dan tanah longsor. Dimana waktunya sangat berdekatan. Diantaranya, Nagari Kampung Dalam, Nagari Sikucua, Padang Sago dan Nagari Parit Malintang. (h/rul)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 15 Agustus 2019 - 16:45:51 WIB

    Kabar Duka, Satu Lagi Jemaah Haji Asal Pasbar Meninggal di Mekkah

    Kabar Duka, Satu Lagi Jemaah Haji Asal Pasbar Meninggal di Mekkah PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Kabar duka kembali terjadi dengan bertambahnya meninggal dunia Jemaah Haji bernama Nurhayati warga Sariak, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat. .
  • Selasa, 13 Agustus 2019 - 21:25:59 WIB

    Sadis! Pembunuh Tega Habisi Nyawa Satu Keluarga

    Sadis!  Pembunuh Tega Habisi Nyawa Satu Keluarga PADANG,HARIANHALUAN.COM- Satu keluarga ditemukan tewas bersimbah, Selasa (13/8/2019). Satu keluarga tersebut diduga menjadi korban pembunuhan. .
  • Sabtu, 10 Agustus 2019 - 12:12:24 WIB

    BREAKING NEWS: Satu Meninggal, Puluhan Warga Keracunan Usai Makan Lontong Sayur

    BREAKING NEWS: Satu Meninggal, Puluhan Warga Keracunan Usai Makan Lontong Sayur DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Puluhan anggota wirid yasinan mingguan di Jorong Koto Tuo, Kenagarian Siguntur, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, muntah-muntah dan pusing di duga keracunan setelah menyantap makanan lo.
  • Selasa, 06 Agustus 2019 - 17:13:16 WIB

    Satu Unit Rumah di Gadut Hangus Dilalap Api

    Satu Unit Rumah di Gadut Hangus Dilalap Api AGAM, HARIANHALUAN.COM - Satu unit rumah di Sungai Tanang, Jorong Pulai Sungai Tanang Bukik Lurah (PSB) hangus terbakar, Selasa (6/8) sekitar pukul 13,45 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian diperkir.
  • Ahad, 04 Agustus 2019 - 16:49:10 WIB

    Diduga Lihat Mahluk Halus, Satu Mobil Terjun Bebas ke Jurang

    Diduga Lihat Mahluk Halus, Satu Mobil Terjun Bebas ke Jurang BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Diduga melihat makhluk halus satu unit mobil Daihatsu Xenia Nopol BA 1816 AQ terjun bebas ke dalam jurang sedalam 50 meter di jalan Raya Bukittinggi Medan tepatnys di Kelok Dalam Nagari Gaduik .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM