Banjir Rendam Puluhan Rumah di Pessel


Kamis, 11 Oktober 2018 - 20:16:02 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Banjir Rendam Puluhan Rumah di Pessel Rumah warga terendam banjir dikampung Tabek Lanpanjang Kecamatan Sutera Pessel. (Okis Mardiansyah)

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Puluhan rumah masyarakat di Kampung Tabek Lanpanjang, Kenagarian Rawang Gunuang Malelo, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, terendam banjir, sejak Kamis, (11/10), siang sekitar 13.00 WIB.

Pantauan Haluan dilapangan, hujan deras yang melanda sejumlah pemukiman penduduk sejak beberapa hari terakhir, mengakibatkan genangan air mencapai hingga lutut orang dewasa.

"Saat ini, genangan air sudah masuk kedalam rumah warga. Ketinggian air diperkirakan mencapai lutut orang dewasa. Debit air mulai naik sekitar pukul 16.00 Wib tadi," ujar Indra Yen Putra (26), warga setempat.

Menurut dia, banjir yang menggenangi pemukiman warga tersebut, juga diakibatkan karena luapan irigasi yang tidak bisa lagi menampung debit air.

"Bendungan irigasi disini kecil. Jadi, jika hujan terus terusan dipastikan banjir. Hingga kini, kendaraan roda dua dan empat tidak bisa melintas dikarenakan air cukup tinggi dan deras," katanya

Terpisah, Wali Nagari Rawang Gunung Malelo, Aprisal membenarkan kondisi tersebut. Menurutnya, jika daerah itu diguyur hujan deras, maka dua kampung masyarakat di kenagarian tersebut dipastikan terdampak banjir, yakni Kampung Tabek Tinggi dan Lanpanjang.

"Dua kampung ini, termasuk kawasan yang berada pada dataran rendah. Ditambah lagi saluran irigasi yang tidak terlalu besar untuk menampung air dari luapan sawah petani dan air dari perbukitan," kata Wali Nagari Rawang Gunuang Malelo, Aprisal.

Ia menambahkan, untuk penanganan sementara, pihak nagari tengah berusaha memperluas saluran irigasi di dua kampung tersebut.

"Saat ini, kami dari pemerintah nagari sedang mengupayakan pelebaran irigasi tersebut. Dengan harapan agar luapan air diatas bukit ataupun sawah masyarakat menjadi lancar. Untuk kerugian, Alhamdulillah belum begitu besar, hanya saja aktifitas warga menjadi terganggu selama banjir melanda," tuturnya. (h/kis)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 14 Desember 2018 - 19:44:03 WIB

    Tanggul Darurat di Tapan Jebol, Ratusan Rumah Warga Terancam Banjir

    Tanggul Darurat di Tapan Jebol, Ratusan Rumah Warga Terancam Banjir PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Tanggul darurat yang dibangun Pemkab Pessel, melalui Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) beberapa waktu lalu, di Nagari Binjai, Kecamatan Ranah Ampek Hulu (Rahul) Tapan, jebol akibat luapan air.
  • Jumat, 23 November 2018 - 14:05:07 WIB

    Antisipasi Banjir, Irigasi Gunung Bungkuk Dibenahi

    Antisipasi Banjir, Irigasi Gunung Bungkuk Dibenahi PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Guna mengantisipasi luapan air di lahan pertanian masyarakat Nagari Gunung Bungkuk, Kecamatan IV Jurai Pessel, saat ini tengah dipacu pembangunan pemasangan parit miring sisi tali bandar melalui da.
  • Rabu, 21 November 2018 - 22:57:10 WIB

    Sebabkan Banjir, Kali Linggarjati Butuh Dikeruk

    Sebabkan Banjir, Kali Linggarjati Butuh Dikeruk PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar mendesak Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V segera melakukan pengerukan sendimen dan menormalisasi Kali Linggarjati yang menjadi pemicu ban.
  • Jumat, 16 November 2018 - 10:05:29 WIB

    Siaga Darurat Banjir di Padang Berakhir 19 November 

    Siaga Darurat Banjir di Padang Berakhir 19 November  PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Siaga darurat banjir Kota Padang ditetapkan sampai dengan 19 November, karena masih ada masyarakat yang masih butuh membersihkan rumah dan memperbaiki rumah..
  • Senin, 05 November 2018 - 19:16:06 WIB

    Bupati Hendrajoni: Banjir di Pessel Karena Pembalakan Liar dan Aktifitas Galian C

    Bupati Hendrajoni: Banjir di Pessel Karena Pembalakan Liar dan Aktifitas Galian C PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, mengatakan, persoalan banjir yang melanda daerah itu, merupakan gejala fenomena alam. Namun, hal itu juga dipicu akibat maraknya aktifitas pembalakan liar dan gal.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM