2.220 Pelajar Terima Beasiswa 'Padang Cerdas' Baznas Kota Padang


Sabtu, 13 Oktober 2018 - 18:16:37 WIB
2.220 Pelajar Terima Beasiswa 'Padang Cerdas'    Baznas Kota Padang Wali Kota Mahyeldi Ansharullah foto bersama usai menyerahkan beasiswa 'Padang Cerdas' program Baznas Kota Padang, Sabtu. 

PADANG, HARIANHALUAN.COM-Sebanyak 2.220 pelajar memperoleh beasiswa pendidikan program "Padang Cerdas"   Badan Amil Zakat (Baznas) Kota Padang. Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah langsung mencanangkan penyerahkan beasiswa itu di Masjid Nurul Iman, Sabtu ini (13/10/2018).

Wako Mahyeldi mengapresiasi  kinerja dan program bantuan yang terus digulirkan Baznas Kota Padang. "Penyerahan beasiswa  Padang Cerdas hari ini,  kembali membuktikan Baznas Padang telah melaksanakan program sesuai peruntukannya," ucap Mahyeldi.

 Mahyeldi menegaskan, seluruh  anak-anak  di kota Padang harus bersekolah. Tidak boleh ada seorang  pun anak  di kota ini yang tidak bersekolah  karena ketiadaan  pembiayaan.

"Pemerintah telah menyediakan anggaran pendidikan seperti dana BOS dan  Bosda. Dan, Baznas kota Padang  seperti yang kita saksikan hari ini,  juga menyerahkan bantuan pendidikan. Jadi, tiadak ada alasan lagi bagi orang tua untuk tidak menyekolahkan anaknya," ujarnya.

Mahyeldi menegaskan, pihaknya akan menggencarkan razia terhadap anak-abak yang tidak bersekolah.  Orang tua dan perusahaan yang kedapatan memperkejakan anak dan atau meminta anak membantu pekerjaanya, dalam jam sekolah,  akan diberi sanksi. 

"Ini tidak  sekedar seruan lagi, akan ada tindak hukumnya, akan sanksi sebagai mana yang diatur UU Ketenagakerjaan," tegas Mahyeldi.

Sementara Ketua Baznas Kota Padang Epi Santoso menjelaskan,  program "Padang Cerdas" Baznas Padang  direalisasikan dalam bentuk pemberian besiswa bagi pelajar tingkat  SD/MI, SMP/MTs, dan  SMA/MA  Negeri dan Swasta. Setiap tingkatan akan diberikan dana pendidikan masing-masing anak untuk tingkat dasar sebesar Rp600 ribu, untuk sekolah menengah Rp800 ribu dan tingkat menegah atas Rp1 juta.

"Total bantuan yang salurkan  Rp1,4 miliar disalurkan dalam bentuk besasiswa dan sisanya dalam bentuk perlengkapan sekolah. Kita juga  menyerahkkan alat keperluan sekolah berupa tas, perlengkapan belajar, Al Quran dan perlengkapan sholat," jelasnya.

Baznas Padang berharap Program 'Padang Cerdas' menjadi stimulasi  anak-anak untuk terus bersekolah  dan berprestasi tanpa ada lagi kendala dalam pembiayaan dan pemenuhan kebutuhan bersekolah. 

Kinerja dan berbagai program Baznas Kota Padang, diapresiasi Wali Kota Padang dan warga kota. Ini dibuktikan dengan terus meningkatnya kepercayaan ASN dan masyarakat.

 "Bahkan  hingga September 2018  lalu, Baznas Kota Padang telah mengumpulkan dana zakat dari masyarakat sebesar Rp16,3 miliar atau sekitar 68 persen dari target tahun ini sebesar  Rp22,5 miliar," jelas Epi Santiso. (dn)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]