PMI Kota Solok Kumpulkan Donasi Rp35 Juta Untuk Sulteng


Selasa, 16 Oktober 2018 - 16:31:39 WIB
PMI Kota Solok Kumpulkan Donasi Rp35 Juta Untuk Sulteng Kumpulkan Sumbangan--Para aktivis PMI dan PMR SMA 1 Solok turun ke jalan menghimpun sumbangan dari masyarakat pengguna jalan di Jalan KH Ahmad Dahlan Pandan Kota Solok bagi korban bencana Sulteng. Ist

SOLOK, HARIANHALUAN.COM--Bencana gempa bumi dan tsunami yang menghantam wilayah Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu telah mengusik rasa empati masyarakat yang ada di negeri ini.

Berbagai elemen masyarakat dan instansi pemerintahan turun tangan untuk melakukan penggalangan dana dan sumbangan dari masyarakat, salah satunya seperti yang dilakukan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Solok.

Hanya berselang dua hari pasca peristiwa gempa dan tsunami tersebut organisasi kemanusiaan yang dikenal aktif dan cepat tanggap terhadap berbagai bencana yang menimpa masyarakat ini, langsung bergerak cepat dengan turun ke jalan  melakukan penggalangan dana.

Sekretaris PMI Kota Solok Ronnie D Daniel kepada Haluan, Selasa (16/10) mengatakan, ada beberapa titik penggalangan yang dilakukan, mulai dari menghimpun donasi dari masyarakat pengguna jalan yang dipusatkan di jalan KH Ahmad Dahlan Pandan Kota Solok, SMA, SMP, Ormas, kelompok masyarakat, pribadi dan jemaah mesjid se Kota Solok. 

"Sejak turun menghimpun donasi tanggal 30 September dan ditutup hari ini (16/10), alhamdulillah kita berhasil menghimpun donasi sebesar  Rp. 35.371.100 dari masyarakat," kata Ronnie di Markas PMI Kota Solok.

Selanjutnya, kata Ronnie pihaknya akan bekerjasama dengan lembaga eksternal PMI seperti KNPI,BKPRMI,JPI dan Alumni Bela Negara dalam penggalangan donasi pada Tablig Akbar Ustad Abdul Somad yang akan digelar pada hari Rabu (17/10) di lapangan merdeka Kota Solok. 

 "Setelah seluruh donasi yang yelah dihimpun sebelumnya oleh masing-masing organisasi ini akan digabungkan, kemungkinan akan dibelikan kepada kebutuhan paska masa tanggap darurat dan diantarkan oleh masing-masing  perwakilan organisasi," kata Ronnie didampingi ketua KNPI Kota Solok Rhamadani KP, dan Ketua BKPRMI Kota Solok Diki Asnur. 

Terkait rencana ke depan, kata Ronnie pihaknya akan menyusun rencana program yang akan difokuskan pada aksi recovery warga terdampak pasca  bencana.

"Kami akan buat program yang akan diputuskan setelah seluruh donasi tergambar jelas," ujarnya. (h/ndi)

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 09 Desember 2016 - 21:49:16 WIB

    PMI Pasbar :Masyarakat Harus Waspada Cuaca Ekstrim

    PMI Pasbar :Masyarakat Harus Waspada Cuaca Ekstrim PASBAR,HALUAN--Menghadapi cuaca ekstrim yang tengah melanda Indonesia, khususnya Pasaman Barat di mana akhir-akhir ini terus terjadi hujan disertai badai, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI ) Kabupaten Pasbar, Hj.Yunisra,SP.d .
  • Selasa, 02 Agustus 2016 - 03:00:33 WIB

    PMI Latih 30 Relawan SIBAT

    AROSUKA, HALUAN — PMI Kab. Solok menggembleng 30 orang warga yang tergabung dalam Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) dari 3 nagari dalam pelatihan Manajemen Tanggap Darurat Bencana (MTDB). “Kehadiran SIBAT .
  • Jumat, 10 Juni 2016 - 03:00:44 WIB

    PMI Cabang Pasaman Segera Gelar Muscab

    PMI Cabang Pasaman Segera Gelar Muscab Pasaman, Haluan — PMI cabang Pasaman bakal melaksanakan Musyawarah Cabang (Muscab) dalam waktu dekat ini, setelah ber­akhirnya kepengurusan PMI Cabang Pasaman periode 2011-2016..
  • Jumat, 27 Mei 2016 - 03:36:42 WIB

    Ketua PMI Kukuhkan PMR SMAN 4

    Solok, Haluan — PMR (Palang Merah Remaja) SMA Negeri 4 Kota Solok diku­kuhkan oleh Ketua PMI kota Solok, H. Suryadi Nurdal, Senin (16/5) di SMA tersebut. Pengukuhan ini juga disaksikan oleh kepala sekolah, Afrizal, majelis.
  • Jumat, 08 Januari 2016 - 02:53:45 WIB

    Dua Tahun PMI Tidak Peroleh Dana Operasional

    PASAMAN, HALUAN — Dana operasional yang diperuntukkan untuk Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Pasaman diakui oleh Katua PMI Cabang Pasaman Asnil, dua tahun ini tidak ada sama sekali, sehingga tanpa adanya dana tentunya ro.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM