Lampu Bypass Padang Bakal Hidup Malam Ini


Kamis, 18 Oktober 2018 - 16:43:51 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Lampu Bypass Padang Bakal Hidup Malam Ini Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Lampu Penerangan Jalan Utama (PJU) Jalur Dua Bypass direncanakan kembali hidup hari ini (Rabu 17/10). Reaktivasi PJU sempat terkendala karena tembaga transfomator (trafo) sebagai salah satu komponen penting hilang dicuri orang tak dikenal (OTK).

Hal itu disampaikan Manager Bagian Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PLN Area Padang, Yenti Elfina, kepada Haluan, Rabu (17/10). Ia mengatakan, Selasa 16 Oktober pihak PLN tengah mengerjakan reaktivasi PJU tersebut.

"Iya, kemarin sudah dikerjakan dan diuji coba. Namun, karena hilangnya komponen pada trafo, pengerjaan harus ditunda dan hanya fokus pada perbaikan trafo itu. Hari itu sudah diselesaikan tiga trafo," katanya.

Setidaknya kata Yenti, terdapat kehilangan komponen terjadi pada empat trafo sehingga menimbulkan kerugian pada pihak PLN sekitar Rp10 juta. Namun hari ini, semua komponen tersebut sudah disediakan dan dipasang kembali sehingga PJU dapat hidup lagi Rabu 17 Oktober.

"Kemarin itu kami telah turun bersama tim PLN dan vendor pemasangan kilowatt (kWh), juga ikut BPJN dan Pemko Padang. enam kWh meter sudah terpasang dan kami lanjutkan hari ini (kemarin.red)," katanya lagi.

Atas kondisi tersebut, PLN berharap agar tidak ada lagi oknum warga yang bersiasat buruk mencuri komponen pada PJU Bypass. Sebab yang merasakan kerugian atas aksi tersebut adalah seluruh masyarakat selaku pengguna jalan raya di Jalur Dua Bypass Kota Padang.

"Sebelumnya sudah ada yang kedapatan mencuri alat PLN dan sekarang orangnya sudah masuk penjara. Saya berharap masyarakat bisa bekerja sama karena kerugian pemerintah juga menjadi kerugian masyarakat," ucap Yenti.

Yenti pun berharap agar cuaca mendukung saat dilakukan perbaikan komponen trafo yang hilang agar PJU Bypass segera nyala sesuai waktu yang ditargetkan

Pantauan

Sementara itu, pantauan Haluan sepanjang Sening hingga Selasa (15-16/10), tampak satu unit PJU di bypass kilometer dua menyala. Setelah dikonfirmasi, ternyata penyalaan satu uni PJU tersebut merupakan pengetesan oleh pihak PLN.

“Saya kira akan menyala malam ini semuanya setelah melihat satu lampu ada yang nyala, ternyata malamnya masih gelap gulita. Semoga pemerintah sedang memperbaiki dan segera menghidupkan kembali lampu jalan di bypass ini,” kata Ika, warga Mato Aia.

Sementara itu Putra (28) warga lainnya berharap, agar setelah dinyalakan, pemerintah memperhatikan perawatan serta pembayaran tagihan bulanan untuk PJU Bypass tersebut. Sebab, berdasarkan berita yang ia baca, biaya reaktivasi PJU mencapai tiga kali lipat dari total tunggakan yang ada.

"Ya, harapannya jangan sampai pemerintah lalai lagi, sebab yang rugi kami masyarakat yang bayar pajak penerangan jalan. Jangan kesannya nanti pemerintah mudah saja menghamburkan uang rakyat," katanya. (h/mg-mal/mg-jeb)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 10 Januari 2019 - 14:47:20 WIB

    Lampu PJU Dua Bypass, Januari Ini Proses Serah Terima

    Lampu PJU Dua Bypass, Januari Ini Proses Serah Terima PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Setelah beroperasi dalam beberapa minggu terakhir, lampu Penerangan Jalan Utama (PJU) jalur dua Bypass Kota Padang direncanakan akan melakukan proses serah terima pada bulan Januari. Saat ini, pih.
  • Kamis, 25 Oktober 2018 - 13:02:28 WIB

    Pemko Padang Targetkan 34.000 Lampu Jalan

    Pemko Padang Targetkan 34.000 Lampu Jalan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pemko Padang berencana akan menambah 34.000 unit lampu penerangan jalan di Kota Padang. Hingga saat ini, baru terdapat 26.000 unit lampu dari target ketersediaan 60.000 unit. Untuk merealisasikann.
  • Selasa, 09 Oktober 2018 - 12:42:22 WIB

    Dipimpin Walikota Mahyeldi, Tim Gabungan  Segel 7 Tempat Hiburan Malam di Bukit Lampu

    Dipimpin Walikota Mahyeldi, Tim Gabungan  Segel 7 Tempat Hiburan Malam di Bukit Lampu PADANG,HARIANHALUAN.COM-Dipimpin langsung oleh Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, tim gabungan  Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang bersama TNI-Polri beserta masyarakat, menyegel tujuh tempat hiburan malam.
  • Senin, 30 Januari 2017 - 08:49:25 WIB

    Padang Kekurangan 50 Ribu Lampu Jalan

    Padang Kekurangan 50 Ribu Lampu Jalan PADANG, HALUAN-Penerangan Jalan Umum (PJU) yang ada di Kota Padang sangat minim. Jumlah PJU yang ada, masih jauh di bawah jumlah ideal yang dibutuhkan. .
  • Senin, 28 November 2016 - 01:09:25 WIB
    BERAKSI MENJELANG SUBUH

    Aki Lampu Jalan pun Diembat Maling

    PADANG, HALUAN — Empat orang pencuri aki lampu jalan diciduk Jajaran Polsekta Lubuk Kilangan, Sabtu (26/11). Pelaku berhasil ditangkap ketika sedang melakukan aksinya di Jalan Padang- Solok Panaroma II, Kelu­rahan Indaruan.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM