BPKAD Sawahlunto Gencarkan Sosialisasi ke Desa


Kamis, 18 Oktober 2018 - 20:56:07 WIB
Reporter : Tim Redaksi
BPKAD Sawahlunto Gencarkan Sosialisasi ke Desa Ilustrasi

 

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Untuk mencapai realisasi target pendapatan daerah dari sektor Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2), Bidang PBB dan BPHTB Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sawahlunto gencar turun kesetiap desa dan kelurahan. Target pendapatan PBB P2 Sawahlunto di 2018 sebesar Rp1,05 miliar lebih.

Kabid PBB san BPHTB BPKAD Kota Sawahlunto, Afriandes mengatakan, pihaknya sengaja secara maraton turun ke desa dan kelurahan, sehingga capaian realisasi yang menjadi pendapatan daerah tersebut dapat dicapai.

"Realisasi PBB-P2 2017 hanya 88,20 persen yakni Rp923,27 juta lebih dari target Rp1,04 miliar lebih. Meski sudah dimotivasi dengan pemberian reward kepada wajib pajak tidak serta merta seluruh objek pajak yang terangkul untuk membayarnya," tuturnya kepada Haluan, Rabu (17/10).

Selain itu lanjut pria yang akrab disapa Andes, pihaknya juga terus melakukan sosialisasi dan pembekalan kolektor PBB-P2 desa dan kelurahan yang ada. Andes menilai, peran aktif petugas atau kolektor PBB-P2 sebagai pengelola pajak harus semakin ditingkatkan sehingga objek pajak lebih terbuka dan penuh kesadaran untuk mengeluarkan kewajibannya.

"Kelemahan kita selama ini, pengelola pajak di desa dan kelurahan tidak begitu aktif, padahal objek pajak jika lebih dilayani dengan cara jemput bola akan lebih mudah untuk ditagih," katanya.

Andes menambahkan, saat ini terdapat 74 petugas atau kolektor PBB dari 37 desa dan kelurahan yang ada. Mengupayakan realisasi pendapatan daerah dari PBB ini tercapai keseluruhannya juga diberikan reward bagi wajib pajak yakni hadiah sapi yang masing masing diberikan kepada wajib pajak di empat kecamatan yang ada.

"Undian ini untuk memotivasi wajib pajak agar rutin membayar PBB lebih awal sebelum jatuh tempo, Kita tidak melihat nilai objek yang dibayar tetapi diikutkan sebagai peserta undian, tetapi telah membayar PBB," katanya. (h/rki)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM