Penyidik Kementerian Pastikan Proses Berjalan Kasus Mandeh Tetap Lanjut


Jumat, 19 Oktober 2018 - 10:54:51 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Penyidik Kementerian Pastikan Proses Berjalan Kasus Mandeh Tetap Lanjut Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM –Direktorat Jenderal Penegakan Hukum (Ditjen Gakkum) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memastikan proses penyidikan kasus dugaan perusakan Kawasan Wisata Terpadu Bahari (KWTB) Mandeh, Pesisir Selatan tetap berlanjut. Kepastian itu sekaligus menghapus keraguan banyak pihak terkait penanganan kasus yang memang dalam setahun ini nyaris tanpa pergerakan.

Tim penegakan hukum KLHK sampai sekarang tetap berupaya untuk menuntaskan kasus yang mencuat di pertengahan 2017 ini. Secara teknis, penanganannya ada di Ditjen Gakkum. Menteri LHK, Siti Nurbaya ketika dikonfirmasi Haluan meminta agar detail proses penyidikan ditanyakan ke Ditjen Gakkum. “Secara teknis penanganan coba cek ke Ditjen Gakkum,” terang Menteri LHK, Siti Nurbaya kepada Haluan, Selasa (16/10) lalu.

Kasubdit Gakkum KLHK Shaifuddin Akbar menyebutkan, penanganan perkaranya tetap berjalan.

“Kasusnya tetap berjalan, kan Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar sudah ditetapkan sebagai tersangka. Tunggu saja proses selanjutnya, nanti akan diekspos ke media,” terang Shaifuddin Akbar, Kamis (18/10) siang.

Shaifuddin juga membantah informasi liar yang menyebutkan kalau pihaknya mengeluarkan Surat Penghentian Penyidikan (SP3).

“Kasus dugaan perusakan lingkungan di KWTB Mandeh tidak pernah dihentikan prosesnya, apalagi sampai dikeluarkan SP3. Tidak benar itu. Semuanya tetap berjalan sesuai aturan yang berlaku,” paparnya.

Kasubdit Shaifuddin Akbar memastikan, kasus Mandeh belum final. Ibaratnya, penyidik baru separuh jalan, walau telah menetapkan orang nomor dua di Pessel sebagai tersangka.

“Jika ukurannya kasus secara keseluruhan, ini belum final. Baru satu berkas yang sudah diserahkan ke Kejagung, berkas lain belum. Penyidik masih berjibaku melakukan pendalaman,” terang Shaifuddin Akbar beberapa waktu lalu.



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 02 Maret 2018 - 10:49:40 WIB

    Penyidik Lepas Kepala SMAN 1 Guguak

    Penyidik Lepas Kepala SMAN 1 Guguak LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM –  Penyidik Uni Tipikor, Satreskrim Polres Limapuluh Kota menangguhkan penahanan Kepala SMAN 1 Guguak, Yondri yang merupakan tersangka dugaan pungli. Meski ditangguhkan, polisi memastikan .
  • Jumat, 17 November 2017 - 16:45:49 WIB

    Akan Diperiksa Penyidik, Wabup Pessel Bertahan di Rumah Dinas

    Akan Diperiksa Penyidik, Wabup Pessel Bertahan di Rumah Dinas PAINAN, HARIANHALUAN.COM—Setelah ditetapkannya Wakil Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Rusma Yul Anwar, sebagai tersangka oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), rumah dinas Yul Anwar ramai dikerumuni pendukun.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM