Kuliah Umum di UNP, Pramono Anung Sebut Demokrasi Indonesia Semakin Matang


Ahad, 21 Oktober 2018 - 18:40:48 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kuliah Umum di UNP, Pramono Anung Sebut Demokrasi Indonesia Semakin Matang REKTOR UNP, Prof Ganefri memberikan cinderamata kepada Sekretaris Kabinet RI, Pramono Anung, usai menggelar kuliah umum.

PADANG, HARIANHALAUAN.COM -- Sekretaris Kabinet RI, Pramono Anung, menilai demokrasi di Indonesia semakin matang. Hal ini menurutnya dapat dilihat dalam hingar binger perjalanan politik di Indonesia.

“Pak Prabowo dan Pak Jokowi itu berteman baik sejauh ini. Meski terlihat memanas dalam hingar bingar politik saat ini,” kata Pramono Anung ketika memberikan kuliah umum di hadapan ribuan mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP), Sabtu (20/10) dengan tema "Demokrasi dalam Perkembangan Teknologi".

Pramono Anung mengatakan, kematangan demokrasi di republik ini diukur dari setiap pelaksanaan pemilihan umum, baik Pilkada, Pileg, dan Pilpres, yang selalu berjalan aman dan damai. Selain itu, pelaksanaan pemilihan umum di Indonesia selalu menjadi perhatian negara-negara asing. “Presiden Amerika Serikat Obama, Presiden China Xi Jinping, dan ada negara-negara asing lainnya, memuji perjalanan demokrasi Indonesia yang damai di tengah kemajemukan,” ujarnya.

Lanjutnya, ada 714 suku di Indonesia, ada 514 kabupaten/kota dengan latar belakang masyarakat yang sangat majemuk. “Ketika mereka melaksanakan pemilihan, semua berjalan damai. Ini yang dihormati oleh negara lain," ulasnya.

Menurut Pramono Anung, demokrasi di Indonesia telah berjalan pada jalur yang benar. Keberagaman harus dijadikan kekuatan demokrasi di Indonesia. Kalau saat ini pertarungan isu di media sosial. “Tapi hingar bingarnya terkait masalah hoaks politik. Jangan sampai hoaks yang tersebar di media sosial itu dijadikan isu memancing konflik," katanya.

Rektor UNP, Prof Ganefri, mengatakan, saat ini dunia pendidikan memasuki yang namanya Revolusi Industri 4.0. Dimana perkembangan teknologi membawa perubahan signifikan dalam kehidupan manusia. Tidak saja dunia pendidikan yang terkena imbas dari revolusi ini tapi politik pun kena imbasnya.

“UNP pun saat ini tengah mempersiapkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang siap menghadapi revolusi tersebut. Hal itu dimulai dengan melakukan inovasi-inovasi dalam sistem pendidikan,” katanya.

Selain itu kata Ganefri, UNP juga tengah menuju kampus yang berbasis riset. Hal ini dilakukan dengan cara mendorong para dosen untuk melakukan riset dan pengembangan ilmu pengetahuan. "Salah satunya dari kuliah umum seperti yang disampaikan Pak Pramono Anung ini. Apa yang disampaikan Pak Pramono layak dijadikan sebagai pembelajaran bagi mahasiswa dan dosen yang hadir dalam kehidupan berpolitik sehari-hari," katanya. (h/isr)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 05 Juli 2018 - 14:38:29 WIB

    Guru Besar USIM Prof Bohari Kuliah Umum di Unes

    Guru Besar USIM Prof Bohari Kuliah Umum di Unes PADANG, HARINHALUAN.COM– Prof Dr Bohari Mohd Yamin, guru besar Universitas Sains Islam Malaysia (USIM) beri Kuliah Umum di Universitas Ekasakti Padang, Rabu (4/7).  Selain dihadiri Prof Dr Novizar Nasir, Koordinator Netswo.
  • Kamis, 05 April 2018 - 09:01:39 WIB

    FKIB UBH Adakan Kuliah Umum

    FKIB UBH Adakan Kuliah Umum PADANG, HARIANHALUAN.COM--Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bung Hatta menyelenggarakan “Kuliah Umum Pengembangan Diri” di Aula Gedung 6 Blok B Kampus Proklamator II kampus itu, Rabu (4/4)..
  • Kamis, 14 September 2017 - 15:11:32 WIB

    Cerita Faldo Maldini Saat Kuliah di Inggris, Kemampuan Beradaptasi Adalah Kunci Kesuksesan Mahasiswa

    Cerita Faldo Maldini Saat Kuliah di Inggris, Kemampuan Beradaptasi Adalah Kunci Kesuksesan Mahasiswa PADANG, HARIANHALUAN.COM--Banyak anak muda Indonesia bercita-cita melanjutkan studi ke luar negeri, apalagi dengan adanya beasiswa pemerintah, peluang untuk kuliah ke luar negeri lebih banyak. memberikan lebih banyak peluang .
  • Jumat, 19 Mei 2017 - 22:02:22 WIB

    Mengenal Mata Kuliah SEA News Reading, Mahasiswa UNP Datangi Haluan

    Mengenal Mata Kuliah SEA News Reading, Mahasiswa UNP Datangi Haluan PADANG, HARIANHALUAN.COM—Mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang (UNP), berkunjung ke Harian Haluan, Jumat (19/05). Hal ini dilakukan untuk mendapatkan informasi dan data yang .
  • Kamis, 04 Mei 2017 - 01:25:52 WIB

    Kepala BNPB Pusat Beri Kuliah Umum di UNP

    Kepala BNPB Pusat Beri Kuliah Umum di UNP PADANG, HALUAN - Relevansi pendidikan kebencanaan dengan kebutuhan masyarakat menjadi salah satu hal yang perlu mendapat dukungan semua pihak..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM