Dinkes Sumbar Beri Pelayanan ke Daerah Terpencil di Mentawai


Senin, 22 Oktober 2018 - 21:47:46 WIB
Dinkes Sumbar Beri Pelayanan ke Daerah Terpencil di Mentawai Dokumentasi Haluan

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM - Dinas Kesehatan Sumbar bersama beberapa tenaga kesehatan memberikan pelayanan kesehatan untuk daerah-daerah terpencil di Pulau Sipora, Sioban dan Malepet Mentawai.

Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Merry Yuliesday mengatakan, pelayanan kesehatan tersebut diberikan oleh empat dokter spesialis yaitu spesialis anak, spesialis bedah, interne dan obgyn.

Baca Juga : Ratusan Tabung Gas Subsidi 3 Kg Disita Petugas Polsek

"Pelayanan kesehatan ini sudah direncanakan sebelumnya, karena Mentawai termasuk tiga kabupaten DTPK (Daerah Tertinggal Perbatasan dan Kepulauan) selain kabupaten Solsel dan Kab Pasaman Barat," kata Merry yang dihubungi Haluan via whatsApp saat akan berangkat ke Mentawai minggu lalu.

Sementara itu, Ketua IDI Sumbar dr. Pom Harry mengatakan, khusus Mentawai merupakan kegiatan rutin bersama dinas kesehatan provinsi berkaitan dengan pelayanan spesialis di daerah terpencil dan pembinaan program kesehatan. 

Baca Juga : Astaghfirullah, TKW di Malaysia Dianiaya Majikan, 5 Tahun Tak Digaji

"Di Mentawai sendiri IDI Sumbar memiliki desa binaan yang juga telah menjadi percontohan desa binaan IDI se Indonesia dan telah dicanangkan bersama PB IDI saat kegiatan Hari Bakti Dokter Indonesia yang dipusatkan di Sumatera pada tahun 2016 lalu," ucap dr. Pom.

Lebih lanjut kata dia, penyakit terbanyak yang ditemukan di Mentawai masih terkait penyakit infeksi, kekurangan gizi dan kesehatan ibu khususnya ibu hamil seta juga kesehatan anak. 

Baca Juga : Terduga Gembong 500 Gram Sabu Diciduk Polisi

"Pola kesehatan tradisional di Mentawai masih menjadi pedoman masyarakat khususnya masyarakat Mentawai di pedalaman kepulauan Mentawai," katanya.

Ia menambahkan masih dibutuhkan komitmen berkelanjutan untuk perbaikan kualitas hidup sehat di Mentawai.

Baca Juga : Simpan Sabu Dalam Koper, Sepasang Pasutri Dicokok Polisi

"Komitmen bersama bupati dan jajaran kesehatan di Kabupaten Mentawai, bersama Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, IDI Wilayah Sumatera Barat telah disinergikan bersama dalam MoU sejak 2016 dan terus berkelanjutan sampai sekarang," tuturnya.

"Peran serta masyarakat bersama dinas kesehatan kabupaten, dinas kesehatan Provinsi, IDI, institusi pendidikan, organisasi kesehatan sangat diperlukan karena keberhasilan program kesehatan sangat ditentukan oleh peran serta seluruh pihak serta masyarakat tentunya,"ucap Pom. (Mg-Yes)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]