Balai Bahasa Sumbar Gelar Penyuluhan Bahasa di Haluan


Selasa, 23 Oktober 2018 - 10:55:48 WIB
Balai Bahasa Sumbar Gelar Penyuluhan Bahasa di Haluan PENYULUHAN BAHASA—Penyuluh Balai Bahasa Sumbar dan wartawan Haluan berfoto bersama setelah penyuluhan bahasa Indonesia di media massa yang digelar di kantor Haluan, Kompleks Lanud, Tabing, Padang, Senin (22/10). RIVO SEPTI ANDRIES

PADANG, HARIANHALUAN.COMBalai Bahasa Sumatra Barat (Sumbar) mengadakan penyuluhan bahasa Indonesia kepada wartawan Haluan di kantor media tersebut, Kompleks Lanud, Tabing, Padang Senin (22/10). Balai Bahasa Sumbar menggelar penyuluhan tersebut dalam rangka pengawasan dan pengendalian penggunaan bahasa di media massa

Penyuluhan itu dihadiri oleh empat orang perwakilan dari Balai Bahasa Sumbar dan 12 orang perwakilan dari Divisi Redaksi Haluan. Pelatihan yang dikemas dalam bentuk diskusi itu disampaikan oleh penyuluh bahasa dari Balai Bahasa Sumbar, Wahyudi. Wahyudi menjabarkan berbagai kaidah bahasa Indonesia dan beberapa contoh kesalahan berbahasa Indonesia yang sering terjadi di media massa. Ia juga mengingatkan wartawan untuk mencari padanan kata asing dalam bahasa Indonesia dalam menulis berita. Apabila kata asing tersebut tidak ada padanannya, penulisannya dimiringkan.

Baca Juga : Belasungkawa dari Pegawai sampai Pimpinan DPRD Solsel, Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Meninggal

Wahyudi mengapresiasi Haluan yang memiliki redaktur khusus bahasa. Meski demikian, ia mengingatkan reporter Haluan untuk memperhatikan aspek kebahasaan dan tidak hanya mengandalkan redaktur bahasa untuk mengoreksinya.

Indah, wartawan Haluani, mengakui bahwa penyuluhan tersebut sangat bermanfaat dan disampaikan dengan menarik.

Baca Juga : Maota Jalang Babuko Basamo Ketum HIPMI Sumbar: Ramadhan Menginspirasi Membuka Bisnis Baru

"Acara ini sangat menarik dan membantu wartawan dalam penulisan berita. Media massa membawa pengaruh besar terhadap bahasa masyarakat. Karena itu, wartawan harus bisa menjaga kedisiplinan berbahasa dan memberikan contoh yang baik bagi pembaca," tuturnya.

Ia berharap penyuluhan seperti itu terus dilaksanakan di media massa.

Baca Juga : Ajak Generasi Muda Berbisnis, Brian Putra Bastara Berbagi Trik jadi Entrepreneur Sukses

Selanjutnya, Balai Bahasa Sumbar akan mengadakan penyuluhan yang sama di Harian Singgalang pada Rabu (24/10). (h/mg-yes)

 

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Sumbar 17-19 April, Simak Wilayah yang Diperkirakan Hujan

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]