Magrib Mengaji di Agam Sejalan Dengan Gerakan Nagari Madani


Selasa, 23 Oktober 2018 - 10:58:46 WIB
Magrib Mengaji di Agam Sejalan Dengan Gerakan Nagari Madani Ilustrasi (haluan)

AGAM, HARIANHALUAN.COM --Kegiatan Magrib Mengaji di Nagari Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, membangkitkan semangat generasi menuju masyarakat yang madani.

Di mana, inovasi cerdas Bupati Agam ini sangat sejalan dengan gerakan Nagari Madani yang dicanangkan tahun lalu, bahkan menjadi kesepakatan antara pemerintah dengan masyarakat dan lembaga lainnya untuk mewujudkan masyarakat berperadaban tinggi.

Wali Nagari Pakan Sinayan, Hendri Supatman, pekan lalu menyebutkan, bahwa Magrib Mengaji pada umumnya sudah terlaksana di musala dan masjid yang ada di nagari tersebut, ini menunjukkan ada perubahan dari waktu ke waktu.

“Jelang masuknya waktu magrib, anak-anak sudah datang ke masjid untuk salat berjamaah dan dilanjutkan dengan tadarus atau membaca Alquran,” ujarnya.

Menurutnya, ini tidak hanya memperlancar anak-anak dalam membaca Alquran saja, tetapi juga mampu membuat karakter dan mental anak jadi lebih baik, diharapkan kedepan mereka jadi kebanggaan bagi masyarakat Pakan Sinayan.
“Kegiatan ini tidak hanya dilakukan anak-anak, bahkan orang tua juga ikut menyemarakkan Magrib Mengaji, karena mereka lah yang akan jadi contoh bagi generasi muda,” ujarnya pula.

Ia menjelaskan, Maghrib Mengaji merupakan inovasi cerdas Bupati Agam pada periode pertama, dimana ini juga bagian dari salah satu indikator gerakan Nagari Madani yaitu, bagaimana mengatasi buta baca tulis Alquran.

Dengan demikian, melalui Magrib Mengaji pihaknya mengajak generasi kembali meramaikan masjid dengan bacaan ayat suci Alquran, sehingga nuansa Islami di Pakan Sinayan semakin dirasakan ke depannya. (h/yat)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 04 Juni 2017 - 18:04:00 WIB

    Wako Klaim Program Magrib Mengaji Berhasil di Sawahlunto

    Wako Klaim Program Magrib Mengaji  Berhasil di Sawahlunto SAWAHLUNTO,HALUAN- Ada yang menarik di setiap kunjungan Tim Safari Ramadan (TSR) 1 Kota Sawahlunto. Tim yang dikomamdoi langsung oleh Walikota Ali Yusuf itu, senantiasa mengevaluasi program magrib mengaji yang telah di canang.
  • Selasa, 22 November 2016 - 00:30:35 WIB

    Semua Nagari Wajib Dukung Magrib Mengaji

    AROSUKA, HALUAN—Program Magrib Alquran atau Magrib Mengaji dan Subuh Berjamaah merupakan langkah awal untuk kembali membumikan fungsi masjid dan surau di 74 nagari di Kabupaten Solok..
  • Selasa, 06 September 2016 - 02:47:22 WIB

    Ali Yusuf: Magrib Hingga Isya Medsos Tak Boleh Aktif

    Ali Yusuf: Magrib Hingga Isya Medsos Tak Boleh Aktif SAWAHLUNTO, HALUAN — Tidak hanya te­levisi, Walikota Sawahlunto Ali Yusuf meminta ma­syara­katnya untuk menonaktifkan aktivitas media sosial, saat waktu Magrib hingga Isya, guna mensukseskan program magrib mengaji..
  • Selasa, 21 Juni 2016 - 05:21:00 WIB

    Bupati Ajak Hidupkan Magrib Alquran

    AROSUKA, HALUAN — Mendorong tegaknya syari’at dan suasana keagamaan di tengah masyarakat, Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, kembali mengingat­kan agar masyarakat Kabupaten Solok membudayakan Maghrib Mengaji atau Magh.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM