Magrib Mengaji di Agam Sejalan Dengan Gerakan Nagari Madani


Selasa, 23 Oktober 2018 - 10:58:46 WIB
Magrib Mengaji di Agam Sejalan Dengan Gerakan Nagari Madani Ilustrasi (haluan)

AGAM, HARIANHALUAN.COM --Kegiatan Magrib Mengaji di Nagari Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, membangkitkan semangat generasi menuju masyarakat yang madani.

Di mana, inovasi cerdas Bupati Agam ini sangat sejalan dengan gerakan Nagari Madani yang dicanangkan tahun lalu, bahkan menjadi kesepakatan antara pemerintah dengan masyarakat dan lembaga lainnya untuk mewujudkan masyarakat berperadaban tinggi.

Wali Nagari Pakan Sinayan, Hendri Supatman, pekan lalu menyebutkan, bahwa Magrib Mengaji pada umumnya sudah terlaksana di musala dan masjid yang ada di nagari tersebut, ini menunjukkan ada perubahan dari waktu ke waktu.

Baca Juga : Tegas! Bupati Sutan Riska Larang ASN Mudik

“Jelang masuknya waktu magrib, anak-anak sudah datang ke masjid untuk salat berjamaah dan dilanjutkan dengan tadarus atau membaca Alquran,” ujarnya.

Menurutnya, ini tidak hanya memperlancar anak-anak dalam membaca Alquran saja, tetapi juga mampu membuat karakter dan mental anak jadi lebih baik, diharapkan kedepan mereka jadi kebanggaan bagi masyarakat Pakan Sinayan.
“Kegiatan ini tidak hanya dilakukan anak-anak, bahkan orang tua juga ikut menyemarakkan Magrib Mengaji, karena mereka lah yang akan jadi contoh bagi generasi muda,” ujarnya pula.

Baca Juga : Kabupaten Dharmasraya Kembail Raih Predikat WTP Keenam Kali

Ia menjelaskan, Maghrib Mengaji merupakan inovasi cerdas Bupati Agam pada periode pertama, dimana ini juga bagian dari salah satu indikator gerakan Nagari Madani yaitu, bagaimana mengatasi buta baca tulis Alquran.

Dengan demikian, melalui Magrib Mengaji pihaknya mengajak generasi kembali meramaikan masjid dengan bacaan ayat suci Alquran, sehingga nuansa Islami di Pakan Sinayan semakin dirasakan ke depannya. (h/yat)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]