Peringatan Hari Santri Nasional di Payakumbuh Dipusatkan di ICBS


Selasa, 23 Oktober 2018 - 11:52:31 WIB
Peringatan Hari Santri Nasional di Payakumbuh Dipusatkan di ICBS Kemenag Payakumbuh pusatkan upacara peringatan HSN 2018 di di Insan Cendekia Boarding School (ICBS) Payakumbuh, kampus Azhar Padang Kaduduak, Payakumbuh Utara, Senin (22/10). ARIE

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM-Kantor Kemenag Payakumbuh gelar peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2018. Peringatan berupa upacara bendera itu dipusatkan di Insan Cendekia Boarding School (ICBS) Payakumbuh, kampus Azhar Padang Kaduduak, Payakumbuh Utara, Senin (22/10). 

Dalam upacara peringatan HSN tersebut, bertindak sebagai inspektur upacara, Asisten III Setdako Payakumbuh Rida Ananda. Turut hadir Plt Kemenag Payakumbuh Mustafa, Kepala Dinas Pendidikan Agustion, perwakilan unsur Forkopimda, Pengasuh ICBS Ustaz Ahmad Maududi, serta jajaran guru dan santri ponpes yang ada di Payakumbuh.

Baca Juga : Tahun 2021, ITP Buka 1.000 Kuota Mahasiswa Baru

Dalam amanatnya, Rida menyampaikan HSN yang diperingati setiap tahun pada 22 Oktober merupakan bentuk penghargaan pemerintah terhadap peran para santri dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. "Kemerdekaan Indonesia tak lepas dari spirit jihad para santri," ucapnya.

 

Baca Juga : Politeknik ATI Padang Gelar Webinar Eksistensi Logistik di Masa Pandemi

Menurut Rida, pernyataannya itu sangat beralasan. Buktinya pemerintah menetapkan 22 Oktober sebagai HSN. "Dimana pada 22 Oktober 1945, KH. Hasyim Asy'ari mengeluarkan resolusi jihad dan itu membakar semangat santri

berjuang untuk mencegah tentara Belanda kembali menguasai Indonesia," tuturnya.

Baca Juga : Direktur PNP: Pengukuhan Profesor Momen Strategis Pencapaian Visi

 

Pada masa sekarang, saatnya santri unjuk gigi memaksimalkan kapasitasnya untuk mengisi kemerdekaan. "Dengan basis ilmu agama yang kuat, santri juga harus ditunjang dengan ilmu sains modern agar menjadi pribadi yang mumpuni sehingga mampu menjadi pemimpin bangsa di masa depan," ujar Rida.

Baca Juga : Politeknik ATI Padang Dukung Hannover Messe 2021

 

Sementara itu, Pimpinan ICBS Payakumbuh Ustaz Roni Patihan, mengucapkan terimakasih kepada pihak Kemenag Payakumbuh yang telah memercayakan ICBS sebagai lokasi upacara peringatan HSN tahun ini.

 

 "Insya Allah, ICBS terus berkomitmen untuk mencetak santri yang islami, cerdas, mandiri, dan berprestasi sehingga mampu menjadi tunas-tunas peradaban dalam menjaga agama, membela bangsa, dan menebar manfaat kepada sesama," tuturnya.

 

Dalam peringatan dengan tema "Bersama Santri Damailah Negeri" itu, juga dilaksanakan pelepasan santri ICBS Payakumbuh mewakil Sumbar ke tingkat Nasional pada lomba Pekan Perkemahan Santri Nasional (PPSN) di Jambi, 24-30 Oktober 2018. (mg-ari)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]