Dinkes Sumbar Berikan Pelayanan Kesehatan di Mentawai


Selasa, 23 Oktober 2018 - 12:07:16 WIB
Dinkes Sumbar Berikan Pelayanan Kesehatan di Mentawai Kantor Dinas Kesehatan Mentawai. dok. HALUAN

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM - Dinas Kesehatan Sumbar bersama beberapa tenaga kesehatan memberikan pelayanan kesehatan untuk daerah-daerah terpencil di Pulau Sipora, Sioban dan Malepet Mentawai.

Merry Yuliesday selaku kepala dinas kesehatan Sumbar mengatakan, pelayanan kesehatan tersebut diberikan oleh 4 dokter spesialis yaitu spesialis anak, spesialis bedah, interne dan obgyn.

Baca Juga : Belasungkawa dari Pegawai sampai Pimpinan DPRD Solsel, Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Meninggal

"Pelayanan kesehatan ini sudah direncanakan sebelumnya, karena Mentawai termasuk 3 kabupaten DTPK (Daerah Tertinggal Perbatasan dan Kepulauan) selain kabupaten Solsel dan Kab Pasaman Barat," ungkap Merry yang dihubungi Haluan via whatsApp saat akan berangkat ke Mentawai minggu lalu.

Disamping itu, Ketua IDI Sumbar dr. Pom Harry, Sp. OG (K) mengatakan khusus Mentawai merupakan kegiatan rutin bersama dinas kesehatan provinsi berkaitan dengan pelayanan spesialis di daerah terpencil & pembinaan program kesehatan. 

Baca Juga : Maota Jalang Babuko Basamo Ketum HIPMI Sumbar: Ramadhan Menginspirasi Membuka Bisnis Baru

"Di Mentawai sendiri IDI Sumbar memiliki desa binaan yang juga telah menjadi percontohan desa binaan IDI se Indonesia & telah dicanangkan bersama PB IDI saat kegiatan Hari Bakti Dokter Indonesia yang dipusatkan di Sumatera pada tahun 2016 lalu," ungkap dr. Pom.

Lebih lanjut kata dia, penyakit terbanyak yang ditemukan di Mentawai masih terkait penyakit infeksi, kekurangan gizi & kesehatan ibu khususnya ibu hamil seta juga kesehatan anak. 

Baca Juga : Ajak Generasi Muda Berbisnis, Brian Putra Bastara Berbagi Trik jadi Entrepreneur Sukses

"Pola kesehatan tradisional di Mentawai masih menjadi pedoman masyarakat khususnya masyarakat Mentawai di pedalaman kepulauan Mentawai," kata dr. Pom lagi.

Ia menambahkan masih dibutuhkan komitmen berkelanjutan untuk perbaikan kualitas hidup sehat di Mentawai.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Sumbar 17-19 April, Simak Wilayah yang Diperkirakan Hujan

"Komitmen bersama Bupati dan jajaran kesehatan di Kabupaten Mentawai, bersama Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, IDI Wilayah Sumatera Barat telah disinergikan bersama dalam MoU sejak 2016 dan terus berkelanjutan sampai sekarang,"

Ia berharapan kepada instuisi pendidikan kesehatan, organisasi kesehatan serta pemerhati kesehatan untuk memberi prioritas bersama dukungan pembangunan kesehatan di Sumatera khususnya daerah terpencil secara geografis sanagat diharapkan dan akan semakin bermakna bagi peningkatan status kesehatan masyarakat. 

Khusus untuk masyarakat di Mentawai dan daerah terpencil secara geografis lainnya, kata dia, di Sumbar sangat diharapkan peran serta semua unsur. 

"Peran serta masyarakat bersama dinas kesehatan kabupaten, dinas kesehatan Provinsi, IDI, institusi pendidikan, organisasi kesehatan sangat diperlukan karena keberhasilan program kesehatan sangat ditentukan oleh peran serta seluruh pihak serta masyarakat tentunya," tutup Pom. (Mg-Yes)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]