Gunung Pangilun Menuju Kampung Adat


Selasa, 23 Oktober 2018 - 16:16:16 WIB
Gunung Pangilun Menuju Kampung Adat Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kelurahan Gunung Pangilun, Padang Utara dinilai Tim Kota Padang, diharapkan menjadi salah satu kampung adat. Untuk mewujudkannya, warga setempat diharapkan terus mendorong teraplikasikannya falsafah Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) dalam kehidupan sehari-hari.

Hal itu disampaikan tim penilai dalam kegiatan Implementasi Nilai-Nilai Falsafah ABS-SBK, di kelurahan tersebut, Senin (22/10), yang dipimpin Bundo Kanduang Sumbar, Puti Reno Raudah Taib, bersama sejumlah tokoh adat, tokoh agama, bundo kanduang, dan budayawan lainnya.

“Penilaian implementasi ABS-SBK di Kota Padang dilakukan untuk memotivasi masyarakat dalam penerapan norma kehidupan sesuai agama dan adat leluhur. Penilaian ini untuk memotivasi masyarakat, agar terus mempertahankan nilai-nilai itu,” ucapnya Raudah.

Ia pun berharap, ke depan Kelurahan Gunung Pangilun layak untuk menjadi salah satu kampung adat di Kota Padang dan mencari contoh dalam upaya pengimplementasian ABS-SBK yang baik.

Turut hadir dan mendukung kegiatan penilaian tersebut sejumlah tokoh seperti, Anggota DPD RI, Leonardy Harmaini; Halius Hosen; Buya Masoed Abidin; Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Wahyu Iramana Putra; Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Yuliarman; Ketua LKAAM Sumbar, M. Sayuti Dt. Rajo Panghulu; serta bundo kanduang setempat.

Dalam antarannya, Buya Masoed Abidin menyebutkan, kehidupan beradat dan beragama meruapkan nilai yang ideal untuk diterapkan dalam masyarakat, yang tidak bisa beradat saja tanpa beragama, atau beragama saja tanpa beradat.

Di kesempatan itu, Lurah Gunung Pangilun, Andi Amir menyampaikan, dalam rangka memperkuat kembali pengimplementasian ABS-SBK di kelurahan tersebut, pihaknya telah melakukan beberapa upaya seperti, sosialisasi dan menggelar lomba-lomba yang berkaitan dengan adat dan budaya.

“Sosilisasi bersama tokoh-tokoh terkait adat dan budaya terus kami  lakukan kepada warga. Kami juga mengadakan berbagai lomba-lomba memperkuat pemahaman dan penerapan nilai-nilai ABS-SBK, termasuk menanamkannya kepada generasi muda,” sebutnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Wahyu Iramana Putra ikut mengapresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut dan berharap masyarakat betul-betul paham dan mampu menerapkan nilai-nilai ABS-SBK dalam kehidupan.

Jangan seremonial saja, tetapi harus ada penerapannya. Kepada kelurahan lain di Kota Padang, kami berharap hal yang sama juga dilakukan agar ABS SBK dapat terimplementasikan di seluruh wilayah di Kota Padang," sebutnya. (h/ade)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 14 November 2018 - 11:15:27 WIB

    Gunung Padang Jadi Kawasan Wisata Terpadu

    Gunung Padang Jadi Kawasan Wisata Terpadu PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota (Pemko) Padang berencana melakukan beberapa pengembangan Kawasan Wisata Terpadu (KWT). Salah satunya Gunung Padang, karena kawasan Gunung Padang salah satu kawasan wisata utama di K.
  • Sabtu, 25 November 2017 - 04:22:05 WIB

    BKKBN Sosialisasi Genre di Gunung Pangilun

    BKKBN Sosialisasi Genre di Gunung Pangilun PADANG, HALUAN----- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumbar mensosialisasikan program Generasi Berencana (Genre) yang sasarannya remaja usia produktif berjumlah 35 orang di Aula Kantor Lura.
  • Jumat, 08 September 2017 - 01:32:37 WIB

    Lurah Gunung Pangilun Cetuskan PATUH

    PADANG, HALUAN - Pelayanan Administrasi Terpadu Kelurahan atau disebut PATUH, sebuah inovasi baru di Kota Padang bahkan mungkin di Indonesia. Inovasi ini tercetus dari Andi Amir, Lurah Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara..
  • Rabu, 15 Maret 2017 - 08:38:38 WIB

    KWT Gunung Padang Akan Disulap, Bagaimana Langkah Pemko?

    KWT Gunung Padang Akan Disulap, Bagaimana Langkah Pemko? PADANG,HALUAN— Walikota Padang Mahyeldi mengatakan, sudah menyiapkan grand desain untuk pengembangan Kawasan Wisata Terpadu (KWT) guna mempercepat pengembangan pariwisata di Kota Padang..
  • Rabu, 24 Agustus 2016 - 12:54:15 WIB

    Sosialisasi Akte Kematian Gencar di Gunung Pangilun

    PADANG, HALUAN—Kelurahan Gunung Pangilun Kecamatan Padang Utara gencar melakukan sosialisasi akte kematian yang masuk pada “Program Padang Melayat”..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]