Pagi Ini Palu Kembali Diguncang Gempa, Warga Panik dan Berhamburan


Rabu, 24 Oktober 2018 - 10:48:30 WIB
Pagi Ini Palu Kembali Diguncang Gempa, Warga Panik dan Berhamburan Gempa Palu, Rabu pagi (24/10/2018). BMKG

PADANG, HARIANHALUAN.COM- Gempa bumi kembali mengejutkan warga Kota Palu, Sulawesi Tengah. Gempa yang terjadi pada Rabu (24/10) pagi, pukul 09.42 WITA, kembali mengejutkan dan membuat panik  warga yang baru saja mulai kembali beraktivitas.

Meski gempa berkekuatan kecil, hanya 3,3 Skala Richter (SR), namun getarannya terasa cukup keras sehingga membuat warga berhamburan keluar rumah,  karena masih trauma dengan gempa pertama 7,4 SR pada 28 September 2018 yang memporak-porandakan bangunan dan perekonomian masyarakat dan menelan korban jiwa ribuan orang.

Dikutip dari analisis di situs Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempabumi yang terjadi berkekuatan 3,3 Skala Richter. Lokasi pusat gempa berada di Teluk Palu, 11 km arah utara Palu pada koordinat 0.80 LS - 119.86 BT kedalaman 5 km.

Ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa penyebab gempa ini diperkirakan terjadi akibat aktifitas sesar Palu Koro.

Getaran gempabumi diperkirakan dirasakan pada skala III-IV MMI di Palu, dan daerah disekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempabumi. Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak tetapi tidak menimbulkan kerusakan, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, jendela kaca bergetar, kata Cahyo Nugroho, Kepala Stasiun Geofisika Klas I Palu.

Berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG, getaran gempabumi dirasakan lemah-sedang (II SIG BMKG / III-IV MMI) di Palu. Terkait dengan peristiwa gempabumi tersebut, masyarakat disekitar lokasi sumber gempabumi diimbau tetap tenang mengingat gempa bumi yang terjadi berkekuatan relatif kecil dan tidak berdampak merusak.(dn/*)

 

 

Sumber: BMKG





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 01 September 2019 - 07:13:18 WIB

    Demo Rusuh! Pagi ini Hong Kong Membara

    Demo Rusuh! Pagi ini Hong Kong Membara HONG KONG, HARIAN HALIUAN.COM-Api berkobar di beberapa lokasi di  Hong Kong sejak Sabtu hingga pagi ini. Kondisi semakin rusuh saat  para demonstran yang hendak membakar benda-benda dan melempar bom molotov  bentrok dengan.
  • Ahad, 25 Agustus 2019 - 14:00:15 WIB

    Peristiwa Pilu di Pagi Buta, Anak dan Karyawan Toko Onderdil Tewas Terbakar

    Peristiwa Pilu di Pagi Buta, Anak dan Karyawan Toko Onderdil Tewas Terbakar PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -YH Motor, toko onderdil kendaraan roda dua di Beringin, Nagari Lansekkadok Barat, Kecamatan Rao Selatan, Kabupaten Pasaman, ludes terbakar, Minggu (25/8) pukul 02.15 Wib. .
  • Senin, 12 Agustus 2019 - 09:25:35 WIB

    Alhamdulillah, Pagi Ini Hujan Mengguyur Kota Pekanbaru

    Alhamdulillah,   Pagi Ini Hujan Mengguyur Kota Pekanbaru PEKANBARU,HARIANHALUAN.COM- Alhamdulillah, pagi ini hujan lebat mengyur kota Pekanbaru, Riau, Senin pagi (12/8/2019). Tentu, turunnya hujan diharapkan bisa menyapu kabut asap Karhutla yang kian menyesakkan dada  belakangan i.
  • Senin, 12 Agustus 2019 - 07:59:47 WIB

    Senin Pagi, Gempa Berkekuatan 5.0 Magnitudo Kembali Guncang Bali

    Senin Pagi, Gempa Berkekuatan 5.0 Magnitudo Kembali Guncang Bali JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Gempa bumi kembali mengguncang pulau Bali dan sekitarnya, Senin pagi (12/8). Gempa terasa cukup kuat bahkan terjadi beruntun dalam selang hitungan menit..
  • Sabtu, 10 Agustus 2019 - 16:20:30 WIB

    Doorrr...! Tadi Pagi Seorang Mahasiswa Kena Peluru Nyasar Polisi

    Doorrr...! Tadi Pagi Seorang Mahasiswa Kena Peluru Nyasar Polisi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Terkena peluru nyasar dari senjata api polisi, seorang mahasiswa Universitas Bandar Lampung (UBL) dilarikan ke rumah sakit. Korban kena peluru di bagian pinggang dari senjata api milik Bripka Dua.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM