Pasca Penyegelan Kantor Lurah Payolansek , Ketua LPM Mundur


Rabu, 24 Oktober 2018 - 17:28:32 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pasca Penyegelan Kantor Lurah Payolansek , Ketua LPM Mundur Ilustrasi (net)

Pasca Penyegelan Kantor Lurah Payolansek , Ketua LPM Mundur

 

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM--Pada Selasa (23/10) malam, puluhan warga Kelurahan Payolansek, Kecamatan Payakumbuh Barat mendatangi kantor lurah. Tak hanya warga saja, melainkan dari tokoh masyarakat, pemuda, karang taruna,  tokoh adat, tokoh agama, perangkat lurah, LPM dan BKM.

Berkumpulnya seluruh elemen masyarakat itu merupakan buntut dari penyegelan kantor lurah setempat yang dilakukan oleh oknum yang tidak dikenal. Sehingga seluruh masyarakat sepakat untuk duduk bersama, mencari tahu siapa dalang dari penyegelan kantor lurah yang dilakukan pada Minggu (21/10) dinihari.

“Kalau tidak ada yang mengaku siapa dalang dari penyegelan kantor lurah maka kasus tersebut akan laporkan ke pihak kepolisian. Karena itu perlu  berembuk dengan seluruh masyarakat,”ucap sejumlah tokoh setempat pada Selasa (23/10) malam.  

Setelah pertemuan itu akhirnya sekelompok orang yang berjumlah sekitar 5 sampai 8 orang sekaligus warga setempat sempat mengaku ke niniak mamak sebagai pelaku penyegelan .

“Pelaku akhirnya mengakui perbuatannya. Identitas pelaku terpaksa dirahasiakan demi menjaga keselamatan dirinya dari warga yang hadir. Ada sekitar 8 orang ,”kata warga setempat yang enggan namanya ditulis kepada Haluan.

Ia menjelaskan, dari keterangan pelaku ke niniak mamak aksi itu dilakukan setelah mendapatkan perintah dari beberapa pihak. Sebelum penyegelan dilakukan, pelaku mengaku sempat berkumpul  dalam mengatur strategi penyegelan. Sekitar pukul 02.00 WIB pada Minggu (21/10) pekan lalu, pelaku nekad melakukan penyegelan.

Dampak dari penyegelan itu, Ketua LPM Kelurahan Payolansek turut bertanggung jawab dan mengundurkan diri dari jabatannya.

“Ketua LPM inisial SY mundur,”katanya lagi.

Secara terpisah Camat Payakumbuh Barat, Nudal mengatakan, persoalan terhadap penyegelan kantor Lurah Payolansek sudah diselesaikan secara bersama-sama dengan seluruh lapisan masyarakat.

Begitupun, Ketua LPM yang diduga ikut terlibat persoalan tersebut sudah mengundurkan diri.

“Pelaku sudah diketahui dan mengakui seluruh perbuatannya. Ketua LPM ikut terlibat. Warga juga sempat mendesak Ketua LPM mundur dari jabatannya. Kemauan masyarakat akhirnya diikuti,”ucap Camat Payakumbuh Barat.

Sementara Ketua LPM SY, saat dihubungi tidak memberikan jawaban. (h/ddg)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 03 Februari 2019 - 19:14:57 WIB

    Pasca Gempa Mentawai, BPBD Pessel Imbau Masyarakat Tetap Waspada

    Pasca Gempa Mentawai, BPBD Pessel Imbau Masyarakat Tetap Waspada PAINAN, HALUAN.Com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), menghimbau masyarakat agar mewaspadai jika sewaktu-waktu terjadi gempa susulan di daerah itu..
  • Jumat, 11 Januari 2019 - 10:49:02 WIB

    Pasca Diamankannya Buku di Padang, Soal Ideologi Memang Sensitif

    Pasca Diamankannya Buku di Padang, Soal Ideologi Memang Sensitif PADANG, HARIANHALUAN.COM--Terkait diamankannya buku yang diduga berbau komunis oleh TNI beberapa waktu lalu, tokoh masyarakat Kota Padang yang juga pengajar di Stisipol Padang, Zaitul Ikhlas Saad mengatakan, langkah yang dila.
  • Ahad, 14 Oktober 2018 - 19:32:39 WIB
    SEMEN PADANG SALURKAN  BANTUAN SEMBAKO

    Pascabanjir Pasaman, Perekonomian Masyarakat Terancam Lumpuh

    Pascabanjir Pasaman, Perekonomian Masyarakat Terancam Lumpuh PASAMAN, HARIANHALUAN.COM- Pascabanjir melanda sebagian Kecamatan di Kabupaten Pasaman, perekonomian masyarakat terancam lumpuh. Sebab, selain rumah digenangi banjir, ratusan hektar lahan pertanian, perkebunan dan kolam ikan .
  • Sabtu, 22 September 2018 - 20:07:01 WIB

    Pasca Kasus Cabul, Jalur Pendakian Gunung Singgalang Ditutup Sementara

    Pasca Kasus Cabul, Jalur Pendakian Gunung Singgalang Ditutup Sementara TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM--Jalur pendakian ke Gunung Singgalang di Kabupaten Tanah Datar ditutup sementara. Penutupan dilakukan terkait kasus pencabulan oleh seorang pendaki pada Selasa (18/9) dan demi keamanan para penda.
  • Jumat, 14 September 2018 - 17:57:56 WIB

    Pascabanjir Solok, Dinkes Lakukan Fogging dan Bagikan Bubuk Abate

    Pascabanjir Solok, Dinkes Lakukan Fogging dan Bagikan Bubuk Abate AROSUKA, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Solok melakukan fogging di rumah warga dan Fasum terdampak banjir yang melanda dua nagari di Kecamatan Bukik Sundi, Kabupaten Solok, beberapa pekan lalu. Fogging.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM