Pasca Penyegelan Kantor Lurah Payolansek , Ketua LPM Mundur


Rabu, 24 Oktober 2018 - 17:28:32 WIB
Pasca Penyegelan Kantor Lurah Payolansek , Ketua LPM Mundur Ilustrasi (net)

Pasca Penyegelan Kantor Lurah Payolansek , Ketua LPM Mundur

 

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM--Pada Selasa (23/10) malam, puluhan warga Kelurahan Payolansek, Kecamatan Payakumbuh Barat mendatangi kantor lurah. Tak hanya warga saja, melainkan dari tokoh masyarakat, pemuda, karang taruna,  tokoh adat, tokoh agama, perangkat lurah, LPM dan BKM.

Berkumpulnya seluruh elemen masyarakat itu merupakan buntut dari penyegelan kantor lurah setempat yang dilakukan oleh oknum yang tidak dikenal. Sehingga seluruh masyarakat sepakat untuk duduk bersama, mencari tahu siapa dalang dari penyegelan kantor lurah yang dilakukan pada Minggu (21/10) dinihari.

“Kalau tidak ada yang mengaku siapa dalang dari penyegelan kantor lurah maka kasus tersebut akan laporkan ke pihak kepolisian. Karena itu perlu  berembuk dengan seluruh masyarakat,”ucap sejumlah tokoh setempat pada Selasa (23/10) malam.  

Setelah pertemuan itu akhirnya sekelompok orang yang berjumlah sekitar 5 sampai 8 orang sekaligus warga setempat sempat mengaku ke niniak mamak sebagai pelaku penyegelan .

“Pelaku akhirnya mengakui perbuatannya. Identitas pelaku terpaksa dirahasiakan demi menjaga keselamatan dirinya dari warga yang hadir. Ada sekitar 8 orang ,”kata warga setempat yang enggan namanya ditulis kepada Haluan.

Ia menjelaskan, dari keterangan pelaku ke niniak mamak aksi itu dilakukan setelah mendapatkan perintah dari beberapa pihak. Sebelum penyegelan dilakukan, pelaku mengaku sempat berkumpul  dalam mengatur strategi penyegelan. Sekitar pukul 02.00 WIB pada Minggu (21/10) pekan lalu, pelaku nekad melakukan penyegelan.

Dampak dari penyegelan itu, Ketua LPM Kelurahan Payolansek turut bertanggung jawab dan mengundurkan diri dari jabatannya.

“Ketua LPM inisial SY mundur,”katanya lagi.

Secara terpisah Camat Payakumbuh Barat, Nudal mengatakan, persoalan terhadap penyegelan kantor Lurah Payolansek sudah diselesaikan secara bersama-sama dengan seluruh lapisan masyarakat.

Begitupun, Ketua LPM yang diduga ikut terlibat persoalan tersebut sudah mengundurkan diri.

“Pelaku sudah diketahui dan mengakui seluruh perbuatannya. Ketua LPM ikut terlibat. Warga juga sempat mendesak Ketua LPM mundur dari jabatannya. Kemauan masyarakat akhirnya diikuti,”ucap Camat Payakumbuh Barat.

Sementara Ketua LPM SY, saat dihubungi tidak memberikan jawaban. (h/ddg)




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM