4.209 Lulus Administrasi, Seleksi CPNS di Pessel Hanya Tiga Tahap


Rabu, 24 Oktober 2018 - 17:39:22 WIB
4.209 Lulus Administrasi, Seleksi CPNS di Pessel Hanya Tiga Tahap Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pesisir Selatan, Ahda Yanuar.

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pesisir Selatan, Ahda Yanuar, menyebutkan, seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Pessel, hanya dilaksanakan tiga tahap, yakni seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar dan seleksi kompetensi bidang.

"Sejumlah kabupaten/kota di Sumbar, ada juga yang menerapkan seleksi wawancara, namun kita di Pesisir Selatan tidak," ucap Kepala BKPSDM Pessel, Ahda Yanuar di Painan. Selasa, (23/10).

Baca Juga : Bupati Khairunas Imbau TP PKK Solok Selatan Tingkatkan Etos Kerja di Era New Normal

Menurut dia, sesuai hasil pengumuman formasi CPNS yang disebar kepada masyarakat, hingga kini pihaknya tetap konsisten menjalankan aturan tersebut.

Ia menyebutkan, terkhusus hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 21 Oktober 2018, saat ini pihaknya mengaku masih mengecek dokumen para pendaftar.

Baca Juga : Dokter Dian Fadly Kunjungi Panti Asuhan dan Santri Tahfiz di Padang Panjang

"Dari 5.443 orang pendaftar, sebanyak 4.209 berkas telah kami seleksi dan dinyatakan memenuhi syarat. Sementara yang lain masih dalam proses," ujarnya.

Ia mengatakan, untuk seleksi kompetensi dasar terdiri dari tes karakteristik pribadi, test intelegensia umum dan test wawasan kebangsaan. Jika pada kedua tes pendaftar dinyatakan lulus, maka mereka akan mengikuti seleksi selanjutnya yaitu seleksi kompetensi bidang.

Baca Juga : Semarakkan Ramadan, Pemuda Masang Timur Gelar MTQ Tingkat Nagari

"Jika hasil seleksinya lulus, maka yang bersangkutan dinyatakan sah sebagai CPNS Pesisir Selatan," ucapnya lagi.

Ia menambahkan, meski pendaftar CPNS di Pesisir Selatan membludak hingga mencapai 5.443 orang, namun formasi yang akan diperebutkan hanya berjumlah 271, namun ada tiga formasi yang tidak ada peminatnya sama sekali.

Baca Juga : Mudik ke Solsel? Pos Penyekatan Arus Mudik Ada di Kubang Gajah Sangir

Formasi itu adalah, dokter spesialis jantung, dokter spesialis tenggorokan hidung telinga, dokter spesialis jiwa, dokter spesialis kulit dan kelamin, dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis anak, dokter spesialis bedah, dokter spesialis gyneakologi dengan total 14 formasi.

"Berikutnya, analis penatagunaan tanah dan kawasan tertentu total formasi satu dan teknik pengairan ahli pertama dengan total formasi dua," tuturnya. (h/kis)

 

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]