Solsel Bakal Punya Bandara


Kamis, 25 Oktober 2018 - 11:20:56 WIB
Solsel Bakal Punya Bandara Dokumentasi Haluan

SOLSEL, HARIANHALUAN.COMHarapan pemerintah daerah dan masyarakat Solok Selatan (Solsel) untuk memiliki bandara domestik bakal terwujud. Pasalnya, usulan pemkab Solsel untuk pembangunan bandara di Kawasan Perkotaan Baru (KPB) di Nagari Dusun Tangah, Kecamatan Sangir Batanghari, mendapatkan tanggapan positif dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.

"Rencana pembangunan bandara ini satu paket dengan tiga ruas jalan yang dianggarkan pemerintah pusat sekitar Rp800 miliar, yakni ruas jalan Solsel dengan Dharmasraya dan Muarobungo, Jambi," ujar Direktur Perusda Solsel, Kardiman, kepada Haluan, Rabu (24/10).

Menurut Kardiman, Menteri Koordinator Kemaritiman menyetujui usulan tersebut secara lisan. Namun, Pemkab Solsel harus melakukan studi kelayakan terlebih dahulu.

“Sesuai instruksi Bupati Solsel, Muzni Zakaria, akan kami tindaklanjuti studi kelayakan itu. Bupati menyetujui penganggaran studi kelayakan pada 2019," ucapnya.

pihaknya bersama tokoh Solsel, Nofrins Napilus, melakukan pertemuan bersama tim teknis dan konsultan hingga meninjau lokasi. Tim itu salah satunya merupakan mantan Direktur Tim Teknis Angkasa Pura I, Harjoso. Pihaknya melakukan pemeriksaan ke lokasi sekitar Agustus 2018. Menurut tim teknis, Nagari Dusun Tangah layak sebagai bandara seluas 150 hektare. Lahan itu telah bersertifikat dengan segala pertimbangan teknis dan sesuai dengan aturan.

Setelah itu, kata Kardiman, pihaknya berkomunikasi dengan Direktur Kebandaraan Dirjen Perhubungan Udara, Paulina. Paulina bersedia membimbing secara teknis penyusunan studi kelayakan dan rencana induk untuk tipe bandara domestik. Namun, luas lahannya dicadangkan untuk bandara internasional.

Bandara Solsel nantinya, kata Kardiman, diyakini menjadi bandara yang unik karena landasan pacu berada di atas bangunan. Bandaranya seperti di atas pentas.

Bupati Solsel, Muzni Zakaria, berharap rencana pembangunan bandara di Solsel terealisasi dalam waktu dekat karena pemerintah daerah telah memiliki lahan yang bersertifikat seluas 200 hektare.

"Disetujui secara pasti belum. Yang telah disetujui itu jalan tiga ruas tersebut oleh Kementerian PUPR dan Menko Kemaritiman. Akan tetapi, kami berharap bisa segera terwujud," tuturnya.

Menurutnya, bandara Solsel bisa menjadi bandara alternatif di Sumbar selain Bandara Internasional Minangkabau.

Sebelumnya, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Solsel, Basrial, menyebutkan, Rencana Kawasan Transmigrasi (RKT) dan KPB yang ditetapkan kementerian terkait pada 3 November 2017 seluas 114.047 hektare dan 867,52 hektare KPB berdasarkan SK Kemendes PDTT Nomor 104 Tahun 2017 tentang Penetapan Kawasan Transmigrasi di Nagari Dusun Tangah, Kecamatan Sangir Batanghari.

Sesuai dengan perencanaan kawasan yang diajukan pada 2010, RKT Solsel berada pada peringkat empat se-Indonesia dari 30 kawasan transmigrasi yang ditetapkan kementerian terkait.

"Penilaian tersebut dari kelengkapan administrasi pendukung. Dan dari perencanaan kementerian, pembangunan RKT dan KPB di Solsel dimulai pada 2019 hingga 2023 oleh multikementerian," ucapnya.

Kawasan tersebut ditetapkan setelah diajukan Pemkab Solsel pada 2010. Namun, setelah lahan tuntas dibebaskan, barulah masuk pada tahap pembagian kawasan melalui SK Bupati.

"Dari 114.047 hektare luas RKT dan 867,52 hektare luas KPB, bakal dilakukan pembagian per kaveling untuk calon pembangunan sarana dan prasarana," tuturnya.

Sarana yang akan dibangun di KPB, kata Basrial, berupa lapangan terbang beberapa hektare, kawasan pertambangan, kawasan industri, perhubungan, falitas kesehatan, pendidikan, kelistrikan, pariwisata, sektor perdagangan, dan lainnya. Pembagian kaveling sarana RKT yang di dalamnya KPB ditetapkan melalui SK Bupati karena RKT telah ditetapkan Kemendes PDTT.

Sesuai dengan petunjuk dari pemerintah pusat, pembangunan RKT dan KPB melibatkan masing-masing kementerian. Pemerintah pusat menargetkan pembangunan akan dimulai 2019 dan harus tuntas hingga 2023," ujarnya. (h/jef)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]