Festival Siti Nurbaya Siap Sedot Wisatawan


Kamis, 25 Oktober 2018 - 11:25:52 WIB
Festival Siti Nurbaya Siap Sedot Wisatawan Kabid Pemasaran Wisata Dinas Pariwisata Kota Padang, Junie Nursyamza, saat menyampaikan informasi terkait Festival Siti Nurbaya 2018, di Media Center Diskominfo Kota Padang, Rabu (24/10). AKMAL

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Festival Siti Nurbaya 2018 kembali digelar oleh di Kota Padang. Ajang tahunan Pemko Padang ini akan dibuka secara resmi pada Jumat 9 November mendatang, dengan tujuan terus memperkenalkan Budaya Minang kepada wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Kepala Bidang Pemasaran Wisata Dinas Pariwisata Kota Padang, Junie Nursyamza mengatakan, Festival Siti Nurbaya tetap akan diisi berbagai acara dan perlombaan. Pada Sabtu 10 November nanti akan digelar lomba lagu antaretnis, lomba tampuruang dan enggrang, lomba kuliner seperti maukua karambia dan mangukua karambia, dan lomba musik jalanan.

"Untuk lomba lagu antaretnis dan lomba tampuruang serta enggrang, itu memperebutkan juara 1,2, dan 3 putra dan putri. Lomba kuliner memperebutkan juara 1,2, dan 3 masing-masing dua orang. Sedangkan lomba musik jalanan untuk juara 1, 2, dan 3 dalam bentuk tim," kata Junie di Media Centre Diskominfo Kota Padang, Rabu (24/10).

Pada hari selanjutnya, Minggu 11 November, sebut Junie lagi, akan berlangsun dua lomba lain yaitu lomba drama pendek Siti Nurbaya dan lomba band musik Minang. "Masing-masing lomba ini akan mencari juara 1,2, dan 3," katanya lagi.

Dalam menggelar acara ini, Pemko Padang menyediakan anggaran sebanyak Rp573 juta. Anggaran tersebut dinilai tidak terlalu besar untuk acara sebesar Festival Siti Nurbaya.

"Untuk iven sebesar Festival Siti Nurbaya, anggaran ini masih sangat kecil. Tour de Singkarak saja menghabiskan dana Rp600 juta. Walau pun termasuk uang kontribusi," ujarnya.

Ia juga mengatakan, selama penyelenggaraan Festival Siti Nurbaya, kunjungan pariwisata diharapkan semakin meningkat. "Per Juli 2018, jumlah kunjungan wisata sudah meningkat 30 persen dari total kunjungan 2017. Memang dampaknya tidak bisa dilihat langsung," katanya.

Selain itu, Junie menyebutkan bahwa panitia penyelenggara juga akan menyediakan lokasi bagi para pelaku UMKM di Kota Padang untuk mempromosikan produk yang dihasilkan oleh unit-unit usaha tersebut.

"Ini merupakan bentuk dukungan kami kepada para pelaku UMKM. Dalam beberapa tahun terakhir, kami memang selalu menyediakan tempat untuk mereka," ujarnya. (h/mg-mal).

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]