Pemko Padang Targetkan 34.000 Lampu Jalan


Kamis, 25 Oktober 2018 - 13:02:28 WIB
Pemko Padang Targetkan 34.000 Lampu Jalan Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pemko Padang berencana akan menambah 34.000 unit lampu penerangan jalan di Kota Padang. Hingga saat ini, baru terdapat 26.000 unit lampu dari target ketersediaan 60.000 unit. Untuk merealisasikannya, Pemko berencana manggandeng investor dari luar negeri.

Hal itu disampaikan Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah, saat menghadiri acara satu tahun beroperasinya Media Centre Diskominfo Kota Padang, Rabu (24/10). Ia mengatakan, sudah dilakukan pembicaraan dengan investor asal Korea Selatan (Korsel) terkait penggunaan lampu Light-Emitting Diode (LED) pada jalan-jalan di Kota Padang.

“Nantinya semua lampu diganti, atau bisa saja kami bangun titik-titik lampu yang baru. Karena lampu LED akan lebih menguntungkan, baik dari jangka waktu pemakaian atau dari daya listrik yang digunakan,” ujarnya.

Penggunaan lampu LED, katanya lagi, akan menghemat penggunaan anggaran untuk biaya pemakaian listrik. Pembangunan titik lampu baru juga akan bermanfat untuk mengurangi aktivitas pelaku peyakit masyarakat (pekat) di Kota Padang, yang senantiasa menggunakan tempat-tempat gelap untuk beraksi.

“Kami sedang konsen untuk memberantas pekat di Kota Padang. Memang saat ini belum semua jalan yang bisa diberi penerangan dengan sempurna. Tetapi, kami akan angsur untuk mencapai itu,” sebutnya.

Sebelumnya, Wali Kota Padang menyebutkan pihaknya juga giat melakukan penertiban terhadap kafe, tempat karaoke, dan music room yang tidak memiliki izin operasional. Tempat-tempat tak berizin tersebut rentan menjadi ladang pekat seperti kemaksiatan dan penyalahgunaan narkoba.

"Hal ini tentu demi senantiasa terciptanya keamanan dan ketertiban di tengah warga, sekaligus menghindari Kota Padang dari hal-hal yang tak diinginkan," kata Mahyeldi.

Ia mengatakan, semua pihak terkait, terutama pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemko Padang agar dapat memperjelas dan mempertegas upaya untuk menyikapi dua persoalan tersebut, dengan berkoordinasi bersama kepolisian dan TNI.

Lebih lanjut Mahyeldi mengatakan, untuk mengantisipasi pekat, yang mesti ditingkatkan adalah penguatan koordinasi dengan stakeholder terkait, sehingga segala tindakan dapat dilakukan secara optimal dan maksimal.

Insyaallah ke depan, kami akan menyiapkan tim khusus guna menyokong Tim SK4 yang telah terbentuk. Alhamdulillah dari TNI-Polri dan Unsur Forkompida lain menyatakan kesiapan untuk bersinergi," ujarnya.

Para camat juga diminta untuk berkoordinasi dengan Forkopimka untuk menyikapi hal tersebut. "Insyaallah, sebagai kota wisata, mari sama-sama mendukung terciptanya Kota Padang yang tertib, aman, dan nyaman, sehingga pengunjung akan senang berada di sini," katanya. (h/mg-mal)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM