Desa di Sawahlunto Diminta Tidak Latah Dirikan BUMDes


Kamis, 25 Oktober 2018 - 19:10:04 WIB
Desa di Sawahlunto Diminta Tidak Latah Dirikan BUMDes Screenshot

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Desa diminta tidak latah-latahan dalam mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Bukan badan usahanya, desa musti membangun usaha terlebih dahulu dibandingkan mendirikan lembaga yang akan mengurusinya.

“Usahanya yang terlebih dahulu dibangun, baru kemudian dibentuk badan usaha atau BUMDes yang akan mengurusinya,” ungkap Wakil Wali Kota Sawahlunto, Zohirin Sayuti, Selasa (23/10).

Jika usaha sudah dibangun, terang pria yang pernah dipercaya menjadi Sekda itu, BUMDes akan dapat langsung bekerja ketika didirikan. Sehingga, modal yang ditanamkan dapat langsung memutar roda perekonomian desa.

Namun, terang Zohirin Sayuti, jika BUMDes yang duluan berdiri ketimbang membangun usaha, dikhawatirkan akan membuat modal yang bersumber dari dana desa itu akan mengendap dan tidak produktif di dalam BUMDes.

“Kita berharap, begitu BUMDes dilaunching, badan usaha itu akan langsung bergerak memberikan kontribusi terhadap perekonomian masyarakat desa setempat,” tambah Zohirin Sayuti.

Sebab, tujuan dari dana desa dikucurkan pemerintah pusat, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Jika kesejahteraan masyarakat tidak terwujud, berarti cita-cita pemerintah dalam mengalokasikan dana desa tidak tercapai.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Perempuan dan Tenaga Kerja Kota Sawahlunto, Dedi Syahendry mengatakan, hingga saat ini di Kota Sawahlunto sudah berdiri 15 BUMDes dari 27 desa yang ada.

Dari tahun 2016 15 desa yang telah memiliki BUMDes mulai menginvestasikan dana desa antara Rp5 juta hingga 10 juta setiap tahunnya dalam upaya mendukung pengembangan usaha BUMDes.

“Malah Desa Kumbayau menginvestasikan dana desa, direncanakan hingga Rp3 miliar, yang dilakukan secara bertahap setiap tahun. Kegiatan BUMDes Kumbayau salah satu dalam bentuk ekspor pinang,” ujar Dedi Syahendry.

Sementara itu, Ketua BUMDes Sejati Kolok Nan Tuo, Afrimayeni mengungkapkan, pihaknya terus melakukan pengembangan usaha. Beberapa usaha yang sudah dilaksanakan dinataranya, pengolahan air minum kemasan, pengembangan usaha kuliner rendang jamur tiram, serta merencanakan pengembangan serai wangi.

“Kami berusaha melakukan pengembangan usaha yang dapat menghasilkan nilai ekonomi dan berdampak kepada perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” terang Afrimayeni. (h/nto)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 17 Oktober 2019 - 14:15:44 WIB

    10 Desa di Sawahlunto Gelar Pilkades Serentak

    10 Desa di Sawahlunto Gelar Pilkades Serentak SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 10 Desa di Sawahlunto menggelar pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Kamis 17 Oktober 2019. .
  • Kamis, 28 Maret 2019 - 19:45:40 WIB

    Pengentasan Kemiskinan, Mentawai Ajukan Pemekaran Desa

    Pengentasan Kemiskinan, Mentawai Ajukan Pemekaran Desa JAKARTA, HARIANHALUAN.COM — Percepatan pembangunan dalam rangka mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Kepulauan Mentawai terus digenjot. Untuk itu, pemekaran desa di Mentawai yang saat ini berjumlah 43 menjadi 83 desa dinila.
  • Rabu, 21 November 2018 - 11:19:38 WIB

    Payakumbuh akan Terima Dana Desa Rp655,86 M

    Payakumbuh akan Terima Dana Desa Rp655,86 M PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM- Sejak Senin hingga Rabu (19-21/11) ini,  bertempat di ruang rapat DPRD Kota Payakumbuh, Jalan Sukarno-Hatta, Koto nan Ampek, masih akan berlangsung Rapat Kerja antara Banggar (Badan Anggaran) DP.
  • Kamis, 18 Oktober 2018 - 20:56:07 WIB

    BPKAD Sawahlunto Gencarkan Sosialisasi ke Desa

    BPKAD Sawahlunto Gencarkan Sosialisasi ke Desa SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Untuk mencapai realisasi target pendapatan daerah dari sektor Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2), Bidang PBB dan BPHTB Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sawahlun.
  • Jumat, 31 Agustus 2018 - 13:50:15 WIB

    Disnakerperin Payakumbuh Latih Desainer Pemula

    Disnakerperin Payakumbuh Latih Desainer Pemula PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh, memberikan pelatihan desainer bagi warga kelurahan di Kota Payakumbuh. Pelatihan tersebut dimaksudkan untuk membuka peluang lapangan kerja d.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM