Edriana Sambangi  Haluan,  Samakan Persepsi Atasi Masalah Sosial


Sabtu, 27 Oktober 2018 - 17:28:49 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Edriana Sambangi  Haluan,  Samakan Persepsi Atasi Masalah Sosial Aktivis Perempuan Nasional dari Sumbar, Edriana.

PADANG, HARIANHALUAN.COM-Media tahu persis persoalan yang selama ini menjadi kendala terlaksananya pemerintahan yang mengayomi setiap lapisan masyarakat. Oleh karena itu, posisi media sangat strategis sebagai tandem untuk mengurai dan mengatasi persoalan-persoalan tersebut.
Hal itulah yang mendasari kunjungan silaturahmi Aktivis Perempuan Nasional dari Sumbar, Edriana, ke Kantor Harian Umum Haluan, Jumat (26/10).

Kedatangan Edriana bersama tim disambut langsung oleh Pemimpin Redaksi (Pemred) Haluan, Zul Effendi; Pemimpin Perusahaan, David Rahmadian; Kepala Litbang, Rudi Antono, dan Redaktur Foto dan Online, Rivo Septi Andries.

"Kami percaya kapasistas media arusutama seperti Haluan tentu lebih matang dalam memandang perasoalan yang membelit kehidupan masyarakat. Oleh karena itu kunjungan ini dilandasi keinginan untuk bersama-sama, bersinergi, mencari jalan keluar atas persoalan tersebut," kata Edriana.

Setelah menamatkan pendidikan hingga sekolah menengah atas (SMA) di Kota Padang, Edriana melanjutkan pendidikan tinggi ke Universitas Pancasila (S1) dan Den Haag University Belanda (S2). Sekembali dari Belanda, ia menetap di Jakarta dan terjun ke jalan aktivis dengan konsentrasi pemberdayaan masyarakat, khususnya perjuangan hak-hak perempuan.

"Selama ini di Jakarta, saya memang konsen di bidang pendidikan bagi masyarakat. Terutama tentang isu perempuan, baik kesehatan, reproduksi, kekerasan dalam rumah tangga, ketahanan keluarga, dan akhir-akhir ini ke sektor lingkungan. Bagaimana agar perempuan terlibat dalam pengelolaan hasil hutan bukan kayu, sekaligus membentengi daerah dari serangan pembalakan," ucapnya.

Peranan Bundo Kanduang juga menjadi hal yang terus disigi Edriana sejak pulang kampung ke Sumbar. Politisi Partai Gerindra itu melihat perlunya penguatan kembali peran Bundo Kanduang di Ranah Minang, dengan kejaran peningkatan terhadap ketahanan keluarga di tengah masyarakat Sumbar.

"Upaya-upaya pemberdayaan terhadap perempuan itu sangat jelas tahap demi tahap pengoperasiannya, sehingga saya tentu membutuhkan media yang memiliki kedekatan dengan masyarakat, agar yang saya hendak sampaikan itu terpahami dengan baik," kata Mahasiswa kandidat doktor Ilmu Politik Universitas Indonesia tersebut.

Menanggapi keinginan tersebut, Pemred Haluan, Zul Effendi menyambut baik itikad Edriana di bidang pemberdayaan masyarakat, khsususnya bagi perempuan di Minangkabau. Ia pun menegaskan, Haluan sejak berdiri 70 tahun lalu juga tak pernah lepas dari upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui jalan bermedia.

"Selain menyampaikan informasi secara benar dan faktual, Haluan selalu menjaga sikap kritis dalam menelusuri isu-isu yang berkembang di tengah masyarakat. Sebagai insan media, telah menjadi tanggung jawab Haluan untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat, sesuai dengan motto yang diusung sejak awal berdirinya," kata Zul.

Pemred pun berharap agar Edriana bersama tim terus menyigi persoalan yang membelenggu kehidupan masyarakat, dan terus berbuat lewat jalan apa pun untuk mengurai dan memecahkan persoalan tersebut. Terutama isu-isu populer yang menjadi perbincangan hangat di tengah kehidupan bermasyarakat.

"Selama demi kepentingan informasi yang benar, akurat, dan berguna bagi perbaikan masyarakat, Haluan terus ada di sana ikut berjuang. Itu komitmen media ini. Karenya nyatanya memang banyak isu populis yang butuh solusi, penyakit masyarakat, pengaruh buruk teknologi, isu ekonomi, isu moral seperti LGBT, peningkatan peran bundo kanduang, niniak mamak, serta alim ulama, itu perlu dipikirkan secara matang," ucap Zul lagi. (h/isq)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 26 September 2018 - 13:20:34 WIB

    Edriana, Aktivis Perempuan yang Pulang untuk Pengabdian

    Edriana, Aktivis Perempuan  yang Pulang untuk Pengabdian Ranah Bundo, tempat di mana kaum hawa disebut punya nilai tawar tinggi dalam mengambil keputusan, ternyata tak selalu berlaku ramah terhadap kaum perempuan. Jangankan untuk mengambil keputusan sebagai limpapeh rumah nan gadan.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM