Desa Wisata Kubu Gadang Hadirkan Pasar Digital


Senin, 29 Oktober 2018 - 08:46:17 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Desa Wisata Kubu Gadang Hadirkan Pasar Digital Persiapan peluncuran Pasar Digital Desa Wisata Kubu Gadang, Minggu (28/10). IST

PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM–Berbagai Inovasi baru dimasa kepemimpinan Wali Kota Fadly Amran Dt Paduko Malano terus dimunculkan di Kota Padang Panjang. Kali ini Desa Wisata Kubu Gadang, yang berlokasi di Jalan Haji Miskin, Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur, melaunching peluncuran Pasar Digital Desa Wisata Kubu Gadang, Minggu (28/10).

Inisiator pengelola Desa Wisata Kubu Gadang, Yuliza Zen kepada wartawan mengatakan, hadirnya konsep wisata tersebut diharapkan akan membuka peluang bagi Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang untuk menarik lebih banyak wisatawan ke daerah ini.

"Kita sedang berusaha menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung kesini dan untuk hal ini kita bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kota Padang Panjang untuk membuat pasar digital ini," ucap Yuliza.

Yuliza mengatakan, pasar digital ini merupakan sebuah konsep wisata dimana suatu lokasi ditata sehingga akan menjadi objek yang menarik yang dapat dipromosikan serta diviralkan nantinya di dunia maya.

“Disini kita menawarkan paduan keelokan alam berupa hamparan sawah, atraksi budaya hingga kuliner tradisional. Dan saat Kementerian Pariwisata kita ajak ke Kubu Gadang, mereka melihat pemandangan hamparan sawah di sini, mereka menilai hal ini bisa punya nilai jual besar sebagai tujuan wisata. Dan kita disini langsung ditawarkannya sebagai pasar digital,” ujar Yuliza menjelaskan.

Menjelang peluncuran Pasar Digital Kubu Gadang, Yuliza mengatakan, bahwa sampai saat ini, warga sekitar tengah melakukan persiapan untuk menambah spot-spot foto yang bagus dan tentunya menarik. Saat ini, Kubu Gadang sudah memiliki 15 spot foto menarik untuk mendukung desa wisata sebagai destinasi digital.

"Ditunjuk menjadi destinasi digital merupakan sebuah peluang yang bagus bagi Padang Panjang. Kita berharap Kota Padang Panjang ini tidak hanya sebagai perlintasan saja melainkan menjadi tempat untuk pengunjung singgah menikmati wisata di sini serta tidak lupa berbelanja produk industri kreatif Kota Padang Panjang sendiri," paparnya.

Beni Satria, selaku pihak penyelenggara launching pasar digital Desa Wisata Kubu Gadang, menyebutkan ada beberapa event dan momen yang disuguhkan pada hari minggu ini di Kubu Gadang, dengan nuansa kreasi asli 'Minang saisuak'.

Dibeberkanya, diantara suguhan unik tersebut yakni; mendapatkan momen terindah masa 'ketek doeloe,' kemudian mencicipi kuliner 'saisuak' dan menjadi saksi bahwa budaya kita kaya, laku balanja dengan menggunakan 'pitih lamo' versi anak muda kreatif, kemudian berlibur di nagari sendiri, serta ada pula objek selfi-selfi dengan view alami dan natural yang menarik tentunya.  (h/rel)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 17 Januari 2019 - 10:30:45 WIB

    Wacana Presiden Naikan Gaji Perangkat Desa, Irwan Prayitno: Dananya Ada atau Tidak?

    Wacana Presiden Naikan Gaji Perangkat Desa, Irwan Prayitno: Dananya Ada atau Tidak? PADANG, HARIANHALUAN.COM — Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno (IP) menyatakan dukungannya atas wacana kenaikan gaji perangkat desa (di Sumbar, nagari) yang diusulkan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu yang lalu. .
  • Rabu, 17 Oktober 2018 - 12:14:46 WIB

    DPRD desak TAPD Tanyakan Evaluasi APBD-P 2018

    DPRD desak TAPD Tanyakan Evaluasi APBD-P 2018 PADANG, HARIANHALUAN.COM- DPRD Sumbar meminta Sekretaris Daerah (Sekda) mengintruksikan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi Sumbar untuk proaktif mempertanyakan hasil evaluasi APBD Perubahan (APBD-P) tahun 2018 ke .
  • Senin, 24 September 2018 - 15:52:43 WIB

    Ratusan Warga Demo, Desak Bupati Irfendi Arbi Bangun Jalan

    Ratusan Warga Demo, Desak Bupati Irfendi Arbi Bangun Jalan SARILAMAK, HARIANHALUAN.COM-Ratusan warga dari dua  kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota, yaitu warga Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak Kecamatan Mungka dan warga Jorong Sungai Data Kecamatan Harau, unjuk rasa ke  kantor .
  • Sabtu, 22 September 2018 - 20:05:30 WIB

    14 Anggota Pengawas Desa Kota Sawahlunto Dilantik

    14 Anggota Pengawas Desa Kota Sawahlunto Dilantik SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM-Walikota Sawahlunto yang diwakili Asisten Administrasi Pemerintahan Dedi Ardona melantik dan mengambil sumpah anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Talawi Hilir dan Desa Salak, Kecamatan Talawi,.
  • Senin, 10 September 2018 - 22:17:09 WIB

    Sambut  Tahun Baru Islam,  Desa Kolok Nan Tuo  Kembali  Helat  Festival Muharram

    Sambut  Tahun Baru Islam,  Desa Kolok Nan Tuo  Kembali  Helat  Festival Muharram SAWAHLUNTO,HALUAN.COM- Pemerintah Desa Kolok Nan Tuo, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto untuk ketiga kalinya menggelar Festival Muharam dalam memperingati Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah..

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM