Jika Terbukti Menumbuhkan LGBT, Iven Uda-Uni Dihentikan


Rabu, 31 Oktober 2018 - 09:13:06 WIB
Jika Terbukti Menumbuhkan LGBT, Iven Uda-Uni  Dihentikan ILUSTRASI

PADANG, HARIANHALUAN.COM —  Jika dinilai berpotensi menumbuhkan perilaku Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender, maka pemerintah provinsi akan menghentikan iven Uda Uni Sumbar untuk sementara waktu. Pernyataan ini disampaikan oleh Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit saat menghadiri rapat Pembahasan LGBT di Ruang Rapat Wagub Sumbar, Selasa (30/10).

"Hal ini perlu pembahasan lebih lanjut. Kalau memang terbukti iven tersebut menjadi biang keladi LGBT di Sumbar, bisa kami stop," ujarnya.

Dalam rapat itu juga dibahas langkah-langkah yang akan diambil pemerintah untuk memberantas LGBT di Sumbar. Hingga saat ini, belum ada payung hukum bagi bagi pemberantasan LGBT. Oleh karena itulah, Pemprov Sumbar berupaya mendorong pemerintah nagari untuk segera mengeluarkan peraturan nagari (pernag) yang mengatur tentang perilaku LGBT.

"Perihal ini telah diatur dalam Perda Nomor 7 Tahun 2018 Tentang Nagari. Apabila pernag ini rampung disusun, maka dengan ini pemerintah nagari bisa menghukum para pelaku LGBT sesuai dengan hukum adat yang berlaku," ucap Nasrul.

Menurutnya lagi, peraturan setingkat nagari akan lebih efektif dalam memberantas perilaku LGBT. Hal karena ruang lingkup yang lebih kecil dan sasaran yang lebih jelas.

"Sekarang kan terkait LGBT ini belum ada payung hukumnya. Ada Perda yang akan disusun, tapi kalau itu ditunggu, rampungnya bisa lama sekali. Sedangkan masalah LGBT di Sumbar sudah sangat mendesak. Jadi, untuk saat ini saya pikir pernag inilah yang dapat menjadi solusinya," ujar Nasrul. (h/mg-dan)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM