Galapagos Padang Bangun Fasilitas Air Bersih Siap Minum di Palu


Rabu, 31 Oktober 2018 - 09:37:27 WIB
Galapagos Padang Bangun Fasilitas Air Bersih Siap Minum di Palu Relawan Galapagos Padang berangkat ke Palu. TIO FURQON

PADANG HARIANHALUAN.COM-Galapagos Emergency and Respon Team (G-ERT) Padang adakan bantuan pengadaan air bersih untuk membantu korban gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.

G-ERT sendiri merupakan alumni atau Anggota Sisipala Galapagos SMA N 1 Padang yang dikoordinir oleh Alex Hendri dan tergabung pada Perkumpulan Galapagos yang diketuai Shofim Syofwan. 

"Kami berangkatkan tim yang terdiri dari tiga orang anggota Perkumpulan Galapagos SMAN 1 Padang yakni,  Boyke Mardonal, Dino Saihili dan Eko Prihandoko. G-ERT berangkat ke Palu H+10, dan berada di daerah bencana sebagai misi kemanusiaan selama 16 hari," ujar Sekretaris Perkumpulan Galapagos SMA Negeri 1 Padang, Ilham Adelano Azre, kepada media, Selasa (30/10) di Bar Garden Jalan Rokan Rimbo Kaluang Padang.

"Belajar dari pengalaman Gempa Sumbar 2009 lalu, Pasca bencana di Palu pasti air bersih untuk diminum langka, G-ERT mengadakan air bersih siap minum di rumah gadang minang di daerah Talise," ujar Boyke.

Boyke mengatakan, biasanya warga mengandalkan sumur bor untuk pengadaan air bersih, namun setelah bencana gempa dan tsunami semua sumur bor tidak layak lagi untuk diminum.

"Kita membangun air bersih dengan kapasitas 10 ribu liter dengan alat skyhidrant buatan Australia, dikerjakan dalam waktu satu minggu, karena saat itu material pendukung sulit didapat di Palu pascabencana," ujar Boyke.

Sementara air minum buat warga korban bencana sulit didapat karena kondisi air di sumur bor di daerah Talise waktu bencana berbau balerang, tidak sehat untuk diminum.

"Air adalah kebutuhan utama dan penting bagi para korban bencana, 10 ribu liter air sumur bor disuling, hasilnya bersih, higienis dan bisa langsung diminum serta mampu memenuhi kebutuhan air minum 300 kepala keluarga," ujar Boyke.

Menurut Boyke untuk fasilitas air bersih langsung diminum yang dibangun Galapagos ke Palu nilainya dikisaran Rp 30-40 juta.

"Itu sudah terpasang dan mengucurkan air bersih siap minum, tapi alat skyhidrant itu tidak dijual, kami dapat lewat bantuan hibah," ujar Boyke

Selain Itu Perkumpulan Galapagos Alumni Sispala Galapagos SMA Negeri 1 Padang lewat aksi G-ERT juga melakukan asesment dan ikut membagikan batuan rendang kepada korban bencana Sulawesi Tengah

"Juga segera 48 unit Nazava yaitu alat penyuling air bersih siap minum untuk rumah tangga yang rumah tidak rusak, dengan syarat harus mau berbagi kepada warga korban lain dibagikan," ujar Boyke.

Alat Nazava itu dibeli lewat bantuan donatur yang dihimpun Galapagos. Menurut Boyke harga Nazava satu unit nilainya Rp 500 ribu diluar ongkos kirim.

"Alat ini sudah ready  dan segera dibagikan ke 48 rumah tangga korban bencana Palu, hasil assesment dua anggota G-ERT yang saat ini masih di daerah bencana," ujarnya.

Menurut Ketua Perkumpulan Galapagos Shofim Shofwan tim kedua berangkat pertengahan November ini.  "Team kedua untuk aksi kemanusiaan ke Palu petengahan November ini kita berangkatkan, termasuk anggota yang bertugas membantu trauma helling," ujar Shofim.

Menurut Azre dari aksi peduli bantu Sulawesi Tengah, Galapagos mengumpulkan dana kemanusiaan kepada alumni SMA Negeri 1 Padang.

"Nilai rupiah terkumpul mencapai Rp 500 juta lebih, dan itu kita ujudkan dalam aksi nyata langsung ke Palu, seperti membangun fasilitas air.bersih siap minum tadi," ujar Azre. (h/mg-tio)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM