Tingkatkan Layanan Haji, Leonardy Dukung Kemenag Sumbar Berinovasi


Rabu, 31 Oktober 2018 - 10:34:56 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Tingkatkan Layanan Haji,  Leonardy Dukung Kemenag Sumbar Berinovasi Anggota Komite III DPD RI Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa mengunjungi Kanwil Kemenag Sumbar. PUSPITA INDAH

PADANG, HARIANHALUAN.COM- Inovasi pelayanan kepada Jemaah Haji yang diterapkan Kementerian Agama Sumatera Barat layak dijadikan percontohan nasional.

Hal tersebut dikemukakan oleh anggota Komite III DPD RI Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa usai mengunjungi Kanwil Kemenag Sumbar, Selasa (30/10).

"Kita harus terus mendukung Kanwil Kemenag Sumbar untuk selalu berinovasi. Tiga inovasi mereka telah meningkatkan pelayanan dan kenyamanan jemaah. Apalagi jika ini diteruskan," ujarnya.

Inovasi peningkatan pelayanan ini mulai diterapkan pada keberangkatan musim haji 2018. Tiga inovasi yang dihadirkan itu yakni pembuatan buku Panduan Perjalanan Ibadah Haji. Buku setebal 28 halaman itu memuat tuntunan ibadah yang harus dilakukan dan waktu pelaksanaannya sesuai ketentuan agama dan ketetapan pemerintah baik Indonesia maupun Saudi Arabia.

Semua diatur, mulai dari keberangkatan hingga kepulangan jamaah. Panduan ini diharapkan dapat menuntun jemaah mendapatkan haji mabrur.

Inovasi kedua, jemaah disambut dengan shalawat badar. Penyambutan bak pahlawan dan dijemput ke tangga pesawat. Sementara para petugas diberikan pengalungan bunga karena telah menunaikan tugas negara dalam membantu jemaah melaksanakan ibadahnya. Pengalungan bunga ini menjadi inovasi ketiga dari kemenag sumbar.

Leonardy menyebutkan, inovasi tersebut mengharumkan nama daerah. Apalagi pada musim haji 2017 lalu Embarkasi ditetapkan sebagai penyelenggara haji terbaik dari embarkasi yang ada di seluruh Indonesia.

Sementara Kemenag RI pun telah melakukan sepuluh hal untuk mendukung pelaksanaan ibadah haji. Diantaranya, pemeriksaan dibuat lebih cepat waktunya, dengan rata-rata waktu satu jam dari yang biasanya mencapai 8 jam.

Selain itu, gelang jemaah juga tekah terhubung dengan aplikasi Haji Pintar ditambah dengan akomodasi full time dan setara bintang tiga.

Untuk konsumsi, ditingkatkan menjadi 40 kali dari sebelumnya 25 kali, atau konsumsi diberikan selama 20 hari. Konsumsi memakai bumbu nusantara dengan koki direkrut dan dilatih khusus dari Indonesia.

Tidak hanya itu, terdapat pula konsultan ibadah di Mina dan di sektor-sektor strategis. Bahkan ada pertolongan pertama pada jemaah haji (P3JH) saat melontar jumrah. Jemaah bisa dijamin berangkat tepat waktu lantaran visa bisa dicetak di Indonesia.

Dikatakan senator tersebut, kedepan pihaknya akan mendorong peningkatan jumlah pembimbing ibadah haji dan mengapresiasi pembenahan yang dilakukan Kementerian Agama untuk meningkatkan pelayanan bagi jamaah haji, sehingga jamaah dapat menjalankan ibadah dengan lancar dan khusuk.

"Masa mereka yang menunjukkan ibadah haji sesuai prosedurnya hingga menggapai haji mabrur hanya satu orang. Dia harus melayani ratusan orang. Tentu tidak optimal, dan tentu kita akan mengupayakan penambahan pembimbing jamaah ini,"katanya.

Sementara Kakanwil Kemenag Sumbar Hendri menyambut kedatangan senator Sumbar tersebut. Kakanwil Kemenag Simbar itu berharap Leonardy mengupayakan dorongan untuk penambahan pembimbing ibadah haji

"Memang satu orang pembimbing tidak memadai untuk ratusan jamaah itu, sedikitnya dibutuhkan Minimal tiga orang dan juga penambahan petugas kesehatan, sehingga dalam proses ibadah haji jamaah dapat terlayani dengan maksimal," ucap Hendri.

Tidak hanya itu, Mantan Kepala Kemenag Agam itu dala waktu dekat juga merencanakan penambahan halaman dalam buku panduan haji tentang perjuangan hadirnya embarkasi ladang seperti saat ini.

"Kapan perlu buku tersendiri, sehingga dapat menceritakan tentang perjuangan kelahiran embarkasi Padang ini, selagi saksi hidupnya masih banyak hingga buku ini betul-betul bermanfaat bagi semua,"ujarnya.

Japeri, Dosen UIN Imam Bonjol yang sebelumnya pernah jadi Kakanwil Kemenag Sumbar juga menceritakan perjuangan menjadikan Tabing Padang sebagai Embarkasi/Debarkasi Haji.

Ia juga mengapersiasi perjuangan dan peran peran Leonardy meyakinkan Menko Kesra agar Padang jadi embarkasi haji semasa Leonardy menjabat sebagai ketua DPRD Sumbar.

"Ini juga buah perjuangan Leonardy sebagai Wakil rakyat, ia langsung membantu meninjau embarkasi Medan hingga mencari faktor penguat sesuai prasyarat jadi embarkasi haji. Alhamdulillah terealisasi dalam waktu cepat. Bahkan, Menteri Agama sempat berucap pengurusan izin embarkasi Padang paling cepat dibanding lainnya,"kata Japeri. (h/mg-pic)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 04 Oktober 2018 - 18:10:32 WIB

    Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Solsel Gelar Kursus Kepemiluan

    Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Solsel Gelar Kursus Kepemiluan SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solok Selatan (Solsel) menggelar kegiatan kursus kepemiluan. Pesertanya, organisasi kepemudaan dan sejumlah jurnalis yang ada di Solsel..
  • Rabu, 27 Juni 2018 - 15:10:01 WIB

    Tingkatkan Partisipasi Pemilih, TPS di Andalas Ini Gunakan "Demam Piala Dunia"

    Tingkatkan Partisipasi Pemilih, TPS di Andalas Ini Gunakan PADANG, HARIANHALUAN.COM--Meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang, TPS 19 di Kelurahan Andalas, Kecamatan Padang Timur, menggunakan berbagai atribut Piala D.
  • Senin, 17 Oktober 2016 - 00:40:18 WIB
    MINIMALISIR PERSOALAN PILKADA

    KPU Harus Tingkatkan Koordinasi

    PADANG, HALUAN — Me­minimalisir munculnya persoalan pada Pilkada Kabupaten Ke­pulauan Mentawai dan Kota Pa­yukumbuh yang segera dilak­sanakan, Komisi I DPRD Sumbar meminta KPU Sumbar dan KPU kabupaten/kota terkait me­n.
  • Senin, 01 Agustus 2016 - 03:23:41 WIB

    PDI Perjuangan: Legislatif Tingkatkan Kinerja

    PDI Perjuangan: Legislatif Tingkatkan Kinerja JAKARTA, HALUAN — DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terus memperkuat peningkatan kualitas seluruh anggota legislatifnya. Salah satunya dengan pemberian bimbingan teknis kepada seluruh anggota dewan secara int.
  • Jumat, 14 Agustus 2015 - 19:23:43 WIB

    Polri Tingkatkan Pengamanan 17 Agustus

    JAKARTA, HALUAN — Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan, pihaknya akan meningkatkan pengamanan hari momentum 17 Agustus menyusul adanya penangkapan terduga teroris di Kampung Losari, Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, Ja.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM