Hari Terakhir, Imunisasi MR Masih 47 persen


Rabu, 31 Oktober 2018 - 11:23:43 WIB
Hari Terakhir, Imunisasi MR Masih 47 persen Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Hari ini, Rabu (30/10), merupakan hari terakhir pelaksanaan Imunisasi Measles dan Rubella (MR) di Indonesia. Namun, hingga Selasa (29/10), Kota Padang baru mencapai angka 47 persen realisasi target pelaksanaan imunisasi, atau 106 ribu dari 227 ribu anak.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Kota Padang, Feri Mulyani kepada Haluan, Selasa (29/10). Menurutnya, kendala utama tidak tercapainya target adalah masih banyaknya orang tua yang melarang anaknya untuk menerima imunisasi MR.

"Besok (Rabu 30/10, red) itu hari terakhir pelaksanaan. Kemungkinan realisasi Imunisasi MR hanya berada di kisaran 50 persen dari target kami," ujarnya saat ditemui Haluan di ruangannya.

Feri menyebutkan, sampai saat ini belum ada perintah dari pusat untuk penambahan waktu pelaksanaan Imunisasi MR. Nantinya, semua vaksin dan alat-alatnya akan dikembalikan kepada Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar.

"Kalau berlebih tentu akan kami kembalikan karena vaksin ini juga akan kadaluwarsa. Jadi percuma juga disimpan," sebutnya.

Selama dua minggu terakhir, kata Feri, DKK Padang sudah memusatkan pelaksanaan Imunisasi MR ke sekolah yang anaknya masih sedikit mendapatkan Imunisasi MR. "Puskesmas-puskesmas langsung turun ke sekolah-sekolah," ujarnya.

Ia mengatakan, sudah berbagai cara dilakukan untuk bisa menyukseskan pelaksanaan Imunisasi MR. Seperti bekerja sama dengan pemuka agama melalui Kemenag Kota Padang. Bahkan, sosialisasi juga melibatkan unsur pemangku kepentingan di Kota Padang.

"Tetapi warga Kota Padang itu memang sudah termakan isu yang sudah terlanjur digoreng”. Bahkan, banyak media juga banyak menuliskan terkait kegunaan Imunisasi MR," katanya.

Kalau pun diperpanjang, kata Feri, sangat perlu dukungan penuh dari orang tua anak di Kota Padang. "Karena, kalau terus seperti ini. Percuma juga diperpanjang. Nanti hanya akan bertambah 5 persen," katanya.

Kedepan, Feri menyebutkan pelaksanaan semua Imunisasi akan sangat penting untuk seluruh warga. "Kemarin sudah ada pembicaraan dengan wali kota. Rencananya salah satu syarat masuk sekolah yakni kartu imunisasi. Kartu itu bukan hanya untuk imunisasi MR saja, tetapi semua imunisasi," ujarnya. (h/mg-mal)




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM