Rp12 Miliar Aset Sumbar Masih Bermasalah


Jumat, 02 November 2018 - 11:26:11 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Rp12 Miliar Aset Sumbar Masih Bermasalah Screenshot

PADANG, HARIANHALUAN.COMSekitar Rp12,4 miliar dari Rp9,9 triliun total aset yang dimiliki Sumbar masih bermasalah dan dikuasai pihak lain. Wakil Ketua Komisi III DPRD Sumbar, Supardi, menyampaikan, Rp12,4 miliar itu baru aset bermasalah yang terdata. Jika semua aset dihitung, ia memperkirakan nilai aset Sumbar yang bermasalah mencapai ratusan miliar rupiah.

Supardi menyayangkan masih banyaknya aset Pemprov Sumbar yang bermasalah dan belum terkelola dengan baik. Menurutnya, jika didata dan dikelola dengan benar, aset-aset Pemprov Sumbar berpotensi besar menambah pemasukan untuk daerah. Hal itu juga akan sangat membantu keuangan pada saat APBD Sumbar sangat terbatas. Sebagai contoh, sejak pengalihan SMA/SMK ke provinsi, hampir setengah APBD Sumbar tersedot untuk kebutuhan pendidikan setiap tahun.

"Kita minta ke pemprov serius menangani masalah aset ini. Jangan tahun berganti, masalah aset ini tak kunjung tuntas," ujarnya, Kamis (1/11).

Dari laporan yang Supardi terima, setiap tahun, anggaran untuk menyelesaikan masalah aset hanya disediakan untuk mengeluarkan lima sampai sepuluh sertifikat. Padahal, dalam pandangan Supardi, setidaknya anggaran disediakan minimal untuk 20 sertifikat, kemudian digunakan untuk menyelesaikan aset bermasalah.

"Kami mendesak gubernur, harus ada target. Kalau masalah anggaran, jika memang dibutuhkan besar untuk menyelesaikan masalah aset ini, kami perjuangkan. DPRD bisa memperjuangkan," tutur anggota dewan dari Fraksi Gerindra tersebut.

Beberapa tanah aset Sumbar yang masih bermasalah, di antaranya, tanah bekas kantor Dinas Pekerjaan Umum di Kawasan Tarok, Bukittinggi; aset tanah di Padang Industrial Park; tanah di peternakan Pasaman Barat; tanah GOR Agus Salim, Padang; dan beberapa kantor kanwil Dinas Pekerjaan Umum di kabupaten/kota.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Sumbar, Arkadius, mengutarakan, persoalan aset mendapat perhatian dari DPRD karena potensinya sangat besar, utamanya untuk mendatangkan pemasukan bagi daerah.

"Pendapatan asli daerah kita sangat rendah, hanya sekitar Rp2 triliun lebih. Sementara itu, kita punya triliunan aset yang bisa diberdayakan untuk mengangkat pendapatan," ucapnya. (h/len)
 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 30 Mei 2016 - 01:42:21 WIB
    Monitoring BBGRM 2016

    Swadaya Masyarakat Dihimpun Rp12 Miliar

    Swadaya Masyarakat Dihimpun Rp12 Miliar PADANG, HALUAN—Pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) di Kota Padang berhasil menghimpun swadaya masyarakat Rp12 miliar. Dana itu dikumpul sejak 5 Mei 2016 hingga Sabtu (28/5). Nilai tersebut mencapai 460.
  • Jumat, 27 Mei 2016 - 17:51:57 WIB

    Harga Daging di Sawahlunto Capai Rp120 Ribu per Kilo

    Harga Daging di Sawahlunto Capai Rp120 Ribu per Kilo SAWAHLUNTO, HALUAN - Heboh naiknya harga daging sapi di beberapa wilayah di Indonesia jelang masuknya bulan Ramadan tahun ini, ditanggapi biasa biasa saja oleh pedagang dan warga Sawahlunto.Jika di beberapa wilayah tersebut h.
  • Ahad, 27 September 2015 - 18:52:38 WIB

    Payakumbuh dan Limapuluh Kota Peroleh Rp12,3 Miliar

    APBD-P PROVINSI SUMBAR

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh, memperoleh alokasi dana APBD Perubahan Provinsi Sumatera Barat, senilai Rp.

  • Rabu, 22 Juli 2015 - 18:13:42 WIB

    Pemerintah Alokasikan Anggaran Rp12 M

    DUKUNG PENGEMBANGAN PARIWISATA PESSEL

    PAINAN, HALUAN — Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno bersama Wabup Pessel, Edi­tiawar­man mengunjungi Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh di Kecamatan .

  • Jumat, 06 Februari 2015 - 19:31:23 WIB

    Pessel Ajukan Rp120M untuk Rehab-Rekon

    PASCA BANJIR BANDANG

    PAINAN, HALUAN — Untuk rehab rekon pasca banjir bandang yang melanda Kabupaten Pesisir Selatan dua pekan lalu, pemerintah setempat mengajukan anggaran sebesar Rp120 miliar un.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM