Pelayanan Simpati di Agam Rekam Ribuan Data Masyarakat


Jumat, 02 November 2018 - 11:37:47 WIB
Pelayanan Simpati di Agam Rekam Ribuan Data Masyarakat Dokumentasi Haluan

AGAM, HARIANHALUAN.COM- Program Sistem Pelayanan Tiap Hari KTP Elektronik (Simpati) KTP-el Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam, rentang waktu September - Oktober mencapai ribuan data wajib e-KTP. Langkah ini juga melindungi hak pemilih masyarakat yang belum memiliki KTP.

Program Simpati untuk percepatan perekaman KTP-el kepada wajib KTP yang belum melakukan perekaman. Berdasarkan data KPU Agam Warga daerah itu belum memiliki KTP-el sebanyak 10.084.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Agam, Misran, Kamis (1/11) mengatakan, sejak 27 September sampai 26 Oktober 2018 pada setiap kecamatan Disdukcapil Agam telah merekam data 2.692 warga wajib KTP.

"Seluruh biaya perekaman data, cetak dan pengiriman KTP-el itu tidak dipungut biaya. Setelah perekaman itu, data mereka akan dikirim ke pusat, KTP-el akan dicetak dan langsung di antar ke masyarakat," katanya.

Menurutnya, perekaman data itu dilakukan antara lain pada Kecamatan Tanjung Raya 208 orang, Banuhampu 571 orang, Malalak sebanyak 199 orang, Matur 183 orang, Palupuh 417 orang, Kecamatan Palembayan 559 orang, dan Kamangmagek 343 orang.

Menurutnya, selain program simpati Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam terus melalukan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Jemput bola terus dilakukan, kemudian pelayanan Sabtu, Minggu.

Ketua KPU Kabupaten Agam Riko Antoni mengatakan, keberadaan KTP-el merupakan syarat yang harus dimiliki masyarakat yang berusia 17 tahun ke atas untuk memberikan hak pilih. " Apabila masyarakat tidak memiliki undangan hak pilih bisa digunakan dengan KTP-el," katanya.

Ia menambahkan agar masyarakat agar memastikan masuk dalam daftar pemilih. Selain itu bagi yang memiliki KTP untuk mengurusnya kepada dinas terkait. Ia juga optimis terhadap pengunaan hak pilih pada pemilihan tahun 2019. (h/yat)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 12 Februari 2020 - 17:19:44 WIB

    Server SIAK Rusak, Pelayanan Disdukcapil Mentawai Terhenti

    Server SIAK Rusak, Pelayanan Disdukcapil Mentawai Terhenti MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM -- Pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk sementara terhenti, hal tersebut dikarenakan Server Sistim Informas.
  • Kamis, 16 Januari 2020 - 22:24:50 WIB

    Soal Gejolak RSUD M. Natsir, Wagub : Berikan Pelayanan Prima, Bekerjalah Profesional

    Soal Gejolak RSUD M. Natsir, Wagub : Berikan Pelayanan Prima, Bekerjalah Profesional PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Maraknya pemberitaan aksi demonstrasi ratusan perawat dan bidan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muhammad Natsir Kota Solok Senin (13/1), membuat Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengunjungi rumah .
  • Jumat, 29 November 2019 - 23:28:26 WIB

    Upacara HUT Korpri, Wawako Reiner Ajak ASN Tingkatkan Pelayanan

    Upacara HUT Korpri, Wawako Reiner Ajak ASN Tingkatkan Pelayanan SOLOK,HARIANHALUAN.COM-Wakil Walikota Solok Reinier bertindak selaku inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korpri ke 48 yang di pusatkan di halaman kantor Balai Kota Solok, Jumat (29/11)..
  • Jumat, 05 Januari 2018 - 11:21:42 WIB

    Pelayanan SKCK, Polres Tanah Datar Dapat Rapor Merah

    Pelayanan SKCK, Polres Tanah Datar Dapat Rapor Merah PADANG, HARIANHALUAN.COM—Ombudsman Sumatra Barat (Sumbar) mengategorikan Polres Tanah Datar ke dalam zona merah dalam hal pelayanan penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) kepada publik pada 2017. Polres Tanah.
  • Sabtu, 09 September 2017 - 01:28:57 WIB

    2018, RSUD Lubuk Basung Siapkan Pelayanan Online

    AGAM, HALUAN -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Basung melangkah maju, tahun 2018 mendatang segera memasuki pelayanan online untuk meningkatkan pelayananya. Untuk itu, RSUD ini menganggarkan dana Rp400 juta untuk membeli.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM