Kapolres Solsel Ingin Gunuang Pasia Jadi Kampung Zero Kriminalitas


Ahad, 04 November 2018 - 21:39:51 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kapolres Solsel Ingin Gunuang Pasia Jadi Kampung Zero Kriminalitas Kapolres Solok Selatan, AKBP Imam Yulisdianto foto bareng tokoh masyarakat  Gunuang Pasia. JEFLI
SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM-Kapolres Solok Selatan (Solsel), AKBP Imam Yulisdianto harapkan Jorong Gunuang Pasia, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir menjadi kampung 'tanpa (zero) kriminalitas'. Pasalnya, Imam melihat potensi alam daerah itu yang subur dan berada di kaki Gunung Kerinci yang begitu asri. Apabila menjadi kampung zero kriminilitas, maka bakal meningkatkan kunjungan wisatawan ke kampung itu sebab wisatawan merasa aman.
 
Hal itu diungkapkan Imam saat menjamu warga Jorong Gunuang Pasia makan siang diruang kerjanya, Minggu (4/11). Warga yang dijamu umumnya berprofesi sebagai petani dan peternak. "Kampung ini sangat asri, tanahnya subur alamnya indah. Saya hampir tiap pagi melakukan olahraga lari dikampung itu. Jika ada niat dan keinginan bersama, saya ingin kampung itu menjadi kampung zero kriminalitas. Untuk mewujudkannya butuh usaha dan kepedulian bersama, terutama pemuda dan warga sekitar," ucap Imam.
 
Potensi wisata daerah itu, selain adanya bumi perkemahan Camintoran, imbuhnya juga potensi agrowisata. "Hasil bumi sektor pertanian disini cukup beragam dan berkualitas. Baru disni saya lihat ada buah pepaya berukuran raksasa, seperti buah 'dinasourus'. Belum lagi hasil bumi lainnya," katanya.
 
Apalagi, imbuhnya daerah tersebut jalur perlintasan antara provinsi Jambi dengan Sumbar. Setidaknya, tiap hari dilalui oleh seribuan kendaraan. "Coba kita bangun disepanjang jalan itu kios buah-buahan, gunakan saja material yang ada disekitar perkebunan biar lebih terkesan alami. Kemudian pajang hasil bumi yang bapak-bapak tanaman. Jika rapi orang pasti tertarik membeli," katanya.
 
Imam mengatakan selama kegiatan positif pihaknya bakal mendukung, kecuali melakukan hal yang tidak diinginkan atau yang akan mencemari lingkungan dan melanggar peraturan. "Jalin kebersamaan dan segera koordinasi dengan warga," ucapnya.
 
Irwandi, Kepala Korong Ambun Dalam Camintoran menyambut baik niat baik Kapolres Solsel untuk menjadikan kampungnya zero kriminalitas. "Pertama, kami apresiasi undangan makan siang ini karena, baru pertama kali kami bisa makan bersama di ruang kerja Kapolres. Hal ini menunjukkan kepedulian dan kerjasama yang baik antara penegak hukum dengan masyarakat. Sehingga, tidak ada lagi jarak antara warga dengan polisi selama patuh aturan. Polisi dan warga bukan lagi seperti minyak dan air," katanya mengawali pembicaraan.
 
Irwandi, bakal segera mengadakan rapat bersama warga terkait usulan Kapolres. "Daerah kami memang memiliki potensi dibentuk jadi kawasan tertib. Langkah kedepan, bagaimana keamanan bisa terbentuk dan ramah pada pendatang. Segera disosialisasikan," ucapnya.
 
Sementara, Ketua Pemuda Gunung Pasir, Roni Andika didampingi Agusman, Ketua Pemuda, korong Ambun Dalam, wacana pendirian Poskamling bersama kepolisian bisa segera terwujud, karena banyak kegiatan muda-mudi di bumi perkemahan Camintoran. "Jika sudah ada poskamling tentunya akan memudahkan warga untuk memantau aktivitas kaum muda, terutama yang berpotensi melakukan perbuatan asusila. Kami juga sepakat dengan ide Kapolres untuk menjadikan kampung zero kriminalitas. Semoga hubungan silaturahmi bisa berkelanjutan," katanya.
 
Sementara, Harmensis petani Pepaya, mengatakan bibit pepaya raksasa diperolehnya dari  kabupaten Lima puluh kota. Ternyata, cocok tumbuh di daerahnya dengan hasil buah yang maksimal. "Untuk perawatan tanaman, kami hanya menggunakan pupuk kandang. Dengan jarak tanam satu meter. Pepaya ini baru tahun ini kami coba, ditanam disekitar rumah sebanyak 20 batang. Kedepan pepaya ini bakal kami kembangkan lagi, namun masih terkendala bibit," ucapnya. (h/jef)
 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 16 Oktober 2018 - 21:43:01 WIB

    Mutasi di Tubuh Polri, Empat Kapolres di Sumbar Bergeser

    Mutasi di Tubuh Polri, Empat Kapolres di Sumbar Bergeser PADANG, HARIANHALUAN.COM--Empat Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) di Sumbar mendapat mutasi jabatan. Penggantian posisi yang dilakukan oleh Mabes Polri itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2597/X/KEP/2018 terta.
  • Jumat, 09 Maret 2018 - 11:57:40 WIB

    Mutasi Polri, Dua Kapolres di Sumbar Diganti

    Mutasi Polri, Dua Kapolres di Sumbar Diganti PADANG, HARIANHALUAN.COM—Mutasi atau pergantian jabatan kembali bergulir di tubuh Polri. Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengganti sejumlah Kapolda dan Kapolres..
  • Rabu, 08 November 2017 - 01:04:42 WIB

    Anggota Bhabinkamtibmas Terima Reward dari Kapolres

    Anggota Bhabinkamtibmas Terima Reward dari Kapolres SIJUNJUNG, HALUAN - Kapolres Sijunjung, AKBP Imran Amir memberikan penghargaan atau reward kepada anggota di jajaran Polres Sijunjung yang telah melaksanakan tugas dan peran yang baik kepada masyarakat. Penghargaan dan reward.
  • Selasa, 06 Juni 2017 - 10:47:11 WIB

    Sertijab Kapolres Solok Kota, Wartawan Dilarang Meliput

    Sertijab Kapolres Solok Kota, Wartawan Dilarang Meliput PADANG, HARIANHALUAN.COM - Tidak biasanya pergantian perwira menengah (pamen) di lingkungan Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) tertutup bagi Wartawan yang hendak meliput mutasi perwira yang dikeluarkan Kapolri me.
  • Senin, 05 Juni 2017 - 02:02:33 WIB

    Kapolres Solok Kota Dicopot, Muncul Dukungan Tagar SaveKapolresSolok

    Kapolres Solok Kota Dicopot, Muncul Dukungan Tagar SaveKapolresSolok SOLOK, HARIANHALUAN.COM—Dukungan demi dukungan terus mengalir untuk Kapolres Solok Kota AKBP Susmelawati yang dicopot karena dinilai lemah dalam penanganan kasus dr Fiera. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM