KORBAN LION AIR JT 610 DIMAKAMKAN

Kepulangan Pertama, Sekaligus Terakhir


Senin, 05 November 2018 - 16:30:20 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kepulangan Pertama, Sekaligus Terakhir Peti jenazah Fauzan mendarat pada pukul 07.35 WIB di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), menggunakan pesawat Lion JT252 di Terminal Cargo. Jenazahnya disambut oleh perwakilan Angkasa Pura, Airport Manager Lion Group Padang, Kepala Otoritas Jasa Bandara, serta keluarga korban. Tio Furqan

Ratusan warga tegak dari duduknya, melongok dan menyaksikan kepulangan Fauzan Azima dalam kondisi tak bernyawa. Ini kepulangan pertamanya dalam dua tahun belakangan, sekaligus yang terakhir. Isak tangis terdengar saling bersahut mengiringi kepulangan kekal Fauzan ke pangkuan Sang Pencipta.

LAPORAN: Dadang & Indah

Peti jenazah Fauzan mendarat pada pukul 07.35 WIB di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), menggunakan pesawat Lion JT252 di Terminal Cargo. Jenazahnya disambut oleh perwakilan Angkasa Pura, Airport Manager Lion Group Padang, Kepala Otoritas Jasa Bandara, serta keluarga korban. Serahterima dilakukan oleh Eko Pujianto, selaku Airport Manager Lion Group kepada pihak keluarga. Doa-doa terhampar dalam proses serah terima.

Keluarga korban sudah berada di Bandara sekitar 15 menit sebelum peti jenazah mendarat. Saat turun dari mobil, ibu korban tampak tak berdaya sembari digandeng oleh anggota keluarga lainnya. Nenek korban, Erfi, mengatakan pihaknya mendapat kabar mengenai dugaan ditemukannya jenazah sang cucu pada Sabtu sore. “Saya ditelefon sama adik yang saat itu diperjalanan ke rumah sakit di Jakarta bahwasanya sudah ditemukan korban yang kemungkinan itu Fauzan,” ujarnya.

Sekitar tiga jam, jasad Fauzan tiba di rumah duka. Sirine ambulan lantang terdengar memasuki Jorong Balaimansiro, Nagari Guguak  VIII Koto, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota. Ambulan warna hitam dengan  nomor polisi BA 1542 BM yang membawa peti jenazah Fauzan Azima, korban Lion Air JT 610 itu juga diiringi beberapa mobil pribadi sejak dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Ambulan berhenti, pintu belakang dibuka dan sanak keluarga serta rekan-rekan dari Fauzan Azima siap siaga untuk menurunkan peti jenazah hitam yang mengkilat dan masih melekat merek Fauzan Azima. Peti langsung digotong menuju kediaman orangtuanya, sekitar 30 meter dari jalan utama Jorong Balai Mansiro.

Isak tangis mulai pecah ketika peti jenazah pria kelahiran 1993 itu baru memasuki halaman rumah duka. Tak hanya sanak famili yang sedih, hampir seluruh pelayat yang hadir berjumlah ribuan orang meneteskan air mata. Fauzan pemuda yang baik. Dia kebanggaan di kampungnya. “Terbayang, kondisi jenazah korban didalam  peti jenazah,” ucap pelayat yang saling bincang sambil mengusap air mata.

Tangis kian menjadi ketika jenazah Fauzan Azima akan diletakkan di halaman untuk diberikan penghormatan terakhir. Orangtua korban tak kuasa menahan duka, bahkan tak sadarkan diri. Di depan rumah semi permanen dan sudah tergolong tua, ucapan permohonan maaf yang disampaikan pihak keluarga kepada seluruh pelayat yang hadir terdengar lirih.  Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi juga ikut meneteskan air mata.

“Kami atas pemerintah daerah turut berbela sungkawa. Ini kesedihan bersama. Fauzan Azima adalah anak baik,”ucap Irfendi Arbi.

Selama 30 menit disemayamkan di depan halaman rumah, jenazah Fauzan Azima dibawa ke mesjid, yang berjarak sekitar 200 meter dari kediaman orangtuanya untuk disalatkan.  Jenazah Fauzan, juga tak sempat dimasukkan ke dalam rumah. Peti jenazah juga tidak dibuka. Sekitar pukul 11.00 WIB, jenazah Fauzan sampai di tempat peristirahatannya yang terakhir. Perlahan, tali penahan peti jenazah dilepas.

Dia di kubur, pergi selamanya. Adik korban, Fadlan ikut memasukkan tanah sebagai penghormatan terakhir kepada kakak kandungnya itu. Fauzan dimakamkan disamping bagian depan rumah orangtua,  sekitar 20 meter dari tempat dia dilahirkan. Di sana, sudah ada delapan kuburan lainnya. “Lokasi itu adalah kuburan keluarga,”kata Z Datuak Batang pihak keluarga Fauzan Azima.

Fauzan dimakamkan disebelah kuburan neneknya. Makam korban usai ditimbun dan hujan pun turun. Tiga bunga ditancapkan diatas makam korban Lion Air JT 610 itu sebagai tanda. Fauzan pergi dengan kenangan berharga di hati orang-orang yang mengenalnya.

Dari keterangan pihak keluarga, Fauzan Azima merupakan karyawan yang selama ini merantau ke Jakarta. Fauzan bekerja di PT Sisko. Tiga tahun berkarir di perusahaan yang bergerak pada konsultan keuangan itu, Fauzan jadi orang kepercayaan untuk mengembangkan perusahaan tersebut.

Pada Senin (29/10) lalu, Fauzan ditugaskan ke Bangka Belitung.

“Almarhum adalah anak baik, jujur dalam bekerja. Karena itu, dia kami utus untuk tugas ke Bangka Belitung,”ucap Setiawan, Pimpinan PT Sisko saat pemakaman korban. Setiawan tak menyangka, Fauzan jadi korban dalam penerbangan Jakarta-Pangkal Pinang.

“Kami berbelasungkawa,” katanya lagi.

Paman korban, Hamdi mengatakan, sejak bekerja, Fauzan Azima jarang pulang kampung. Fauzan menetap di Jakarta. “Tarakhir pulang ke rumah, Idul Fitri 2016 lalu. Sudah dua tahun tak pulang,” kenang Hamdi.

Almarhum, ucapnya, berencana akan menikah pada Januari mendatang sesama warga Limapuluh Kota yang berkarir di Jakarta. “Pacarnya orang Simalanggang, bekerja di Jakarta. Rencana, mereka akan menikah Januari mendatang. Tapi, Allah berkehendak lain. Kami pasrah,” ucapnya.

Perwakilan dari Lion Air turut hadir di pemakaman Fauzan Azima. Perwakilan Lion Air yang berjumlah lebih lima orang itu turut memberikan bingkisan kepada pihak keluarga korban sebagai ucapan belasungkawa beberapa menit setelah Fauzan dimakamkan.

“Usai pemakaman kami bersama pihak keluarga, pemerintah daerah dan Lion Air berkumpul. Ada bingkisan yang diberikan oleh pihak Lion Air sebagai ucapan belasungkawa,” ucap Deni Asra, pimpinan DPRD Limapuluh Kota.

Berdasarkan data manifest penumpang Lion  Air JT 610 penerbangan Jakarta- Pangkal Pinang yang take off 29 Oktober lalu itu, Fauzan Azima berada dibangku 23A. Pria kelahiran 1993 itu, duduk bersebelahan dengan penumpang atas nama Rabagus (23B) sekaligus teknisi Lion Air. (*)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM