Jalan TPA Sawahlunto Longsor


Rabu, 07 November 2018 - 15:56:26 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Jalan TPA Sawahlunto Longsor TAK BISA DILEWATI - Jalan menuju lokasi pembuangan akhir sampah TPA Kayu Gadang Sawahlunto yang terban, sehingga tak bisa dilintasi. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Akses jalan menuju tempat pembuangan akhir sampah (TPA) Kayu Gadang Kota Sawahlunto terban sepanjang 40 meter, sehingga pembuangan sampah keTPA mengalami kendala yang cukup serius jika tidak ditanggani secepatnya. Pemko melalui dinas terkait meminta dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup Porvinsi Sumbar untuk penanganannya.

"Kami telah sampaikan kepada Provinsi, terkait kondisi jalan menuju ke TPA Kayu Gadang," ujar Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DPKP2LH) Kota Sawahlunto, Adrius Putra kepada Haluan.

Untuk solusi pembuangan sampah lanjutnya, dialihkan sementara kelokasi pembuangan lama yang lokasinya tidak jauh dari lokasi yang terban. Namun untuk jangka panjangnya akan dilakukan perbaikan kendati dana yang dibutuhkan cukup besar.

"Melihat kondisi terban yang cukup tinggi, kemungkinan akan dilakukan pembuatan jalan lain. Bibir jurang yang terban memiliki ke dalaman 100 meter, membutuhkan dana yang sangat besar untuk melakukan perbaikannya. Mungkin pembuatan jalan lain lebih effisien dari pada memasang dam batu sepanjang jalan kelokasi, akan tetapi itu tergantung hasil dari peninjauan dan pertimbangan yang akan dilakukan oleh dinas terkait," tuturnya.

Secara teknis untuk pembuangan sampah akhir, sebutnya, tidak mengganggu atau mengalami kendala yang berarti, karena lokasi pembuangan sementara itu masih mampu untuk menampung volume sampah warga Sawahlunto. Akan tetapi, lanjutnya, solusi untuk perbaikan atau alternatif lain harus segera diakukan karena lokasi pembuangan sekarang hanya bersifat sementara.

 

Terkait kronolgis kejadian jalan yang terban dijelaskannya, bencana longsor atau terbannya jalan itu terjadi pada Senin (5/11) pagi. Hal itu diketahui ketika petugas K-3 armada truk pengangkut sampah akan membuang sampah ke lokasi TPA, akan tetapi armada tidak bisa melintas akibat jalan menuju pembuangan longsor. (h/rki)

 

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 18 Desember 2018 - 10:14:50 WIB

    Pemko Pariaman Mengaku Terkecoh, Proyek Jalan Babat Hutan Mangrove

    Pemko Pariaman Mengaku Terkecoh, Proyek Jalan Babat Hutan Mangrove PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM – Pembabatan hutan mangrove untuk pembuatan jalan kampung di Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman berbuntut panjang. Pada saat bersamaan, Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman mengaku kec.
  • Rabu, 21 November 2018 - 10:30:21 WIB
    CABANG SEPAKBOLA PORPROV XV SUMBAR

    Air Bah Menerjang di Tengah Laga Berjalan

    Air Bah Menerjang di Tengah Laga Berjalan PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM – Laga babak penyisihan cabang sepakbola Porprov Sumbar XV di Padang Pariaman, yang mempertemukan Kabupaten Tanah Datar dan Sijunjung, berakhir lebih awal karena air bah, Selasa (20/11)..
  • Jumat, 16 November 2018 - 16:38:42 WIB

    Polisi Buru Orang Tua dari Anak yang Ditemukan di Tepi Jalan Tanjung Labuah

    Polisi Buru Orang Tua dari Anak yang Ditemukan di Tepi Jalan Tanjung Labuah SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM- Jajaran Polres Sijunjung masih menyelidiki orang tua kandung yang tega membuang bayi yang ditemukan warga di pinggir jalan Jorong Simpang Sawah Salupak Nagari Tanjung Labauh Kecamatan Sumpur Kud.
  • Jumat, 16 November 2018 - 14:55:57 WIB

    Warga Temukan Bayi Dalam Kardus di Tepi Jalan Tanjung Labuah

    Warga Temukan Bayi Dalam Kardus di Tepi Jalan Tanjung Labuah SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM-Sesosok bayi berjenis kelamin perempuan ditemukan warga di pinggir jalan Jorong Simpang Sawah Salupak, Nagari Tanjung Labuah, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung, Jumat (16/11)..
  • Rabu, 07 November 2018 - 11:07:25 WIB

    Tolak Homo, Bencong dan Sejenisnya, Puluhan Ribu Warga Payakumbuh Turun ke Jalan

    Tolak Homo, Bencong dan Sejenisnya, Puluhan Ribu Warga Payakumbuh Turun ke Jalan PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM--Puluhan ribu warga Payakumbuh tumpah ruah turun ke jalan dalam aksi dan deklarasi menolak Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transeksual/Transgender (LGBT) serta penyakit masyarakat (pekat) lainnya. Pe.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM