Jalan TPA Sawahlunto Longsor


Rabu, 07 November 2018 - 15:56:26 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Jalan TPA Sawahlunto Longsor TAK BISA DILEWATI - Jalan menuju lokasi pembuangan akhir sampah TPA Kayu Gadang Sawahlunto yang terban, sehingga tak bisa dilintasi. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Akses jalan menuju tempat pembuangan akhir sampah (TPA) Kayu Gadang Kota Sawahlunto terban sepanjang 40 meter, sehingga pembuangan sampah keTPA mengalami kendala yang cukup serius jika tidak ditanggani secepatnya. Pemko melalui dinas terkait meminta dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup Porvinsi Sumbar untuk penanganannya.

"Kami telah sampaikan kepada Provinsi, terkait kondisi jalan menuju ke TPA Kayu Gadang," ujar Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DPKP2LH) Kota Sawahlunto, Adrius Putra kepada Haluan.

Untuk solusi pembuangan sampah lanjutnya, dialihkan sementara kelokasi pembuangan lama yang lokasinya tidak jauh dari lokasi yang terban. Namun untuk jangka panjangnya akan dilakukan perbaikan kendati dana yang dibutuhkan cukup besar.

"Melihat kondisi terban yang cukup tinggi, kemungkinan akan dilakukan pembuatan jalan lain. Bibir jurang yang terban memiliki ke dalaman 100 meter, membutuhkan dana yang sangat besar untuk melakukan perbaikannya. Mungkin pembuatan jalan lain lebih effisien dari pada memasang dam batu sepanjang jalan kelokasi, akan tetapi itu tergantung hasil dari peninjauan dan pertimbangan yang akan dilakukan oleh dinas terkait," tuturnya.

Secara teknis untuk pembuangan sampah akhir, sebutnya, tidak mengganggu atau mengalami kendala yang berarti, karena lokasi pembuangan sementara itu masih mampu untuk menampung volume sampah warga Sawahlunto. Akan tetapi, lanjutnya, solusi untuk perbaikan atau alternatif lain harus segera diakukan karena lokasi pembuangan sekarang hanya bersifat sementara.

 

Terkait kronolgis kejadian jalan yang terban dijelaskannya, bencana longsor atau terbannya jalan itu terjadi pada Senin (5/11) pagi. Hal itu diketahui ketika petugas K-3 armada truk pengangkut sampah akan membuang sampah ke lokasi TPA, akan tetapi armada tidak bisa melintas akibat jalan menuju pembuangan longsor. (h/rki)

 

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 12 Februari 2019 - 10:42:16 WIB

    Menunggu Jalan Keluar Tanah Bergetar di Pila Tarok

    Menunggu Jalan Keluar Tanah Bergetar di Pila Tarok PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pemko Padang mengaku sudah mendapatkan surat rekomendasi dari hasil tinjauan ke lapangan yang dilakukan tim Geologi Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumbar, terkait fenomena tanah bergeta.
  • Jumat, 18 Januari 2019 - 16:17:29 WIB

    Nama Jalan Khatib Sulaiman Diminta Dikoreksi Jadi Chatib Sulaiman

    Nama Jalan Khatib Sulaiman Diminta Dikoreksi Jadi Chatib Sulaiman PADANG, HARIANHALUAN.COM--Nama Chatib Sulaiman diusulkan menjadi pahlawan nasional. Tokoh perjungan yang gugur di Nagari Situjuah itu juga menjadi nama jalan di Kota Padang. Namun, penggunaan nama tersebut dinilai keliru..
  • Senin, 07 Januari 2019 - 13:53:55 WIB

    Minibus Tabrak Pembatas Jalan dan Sempat Terbakar di Kasang 

    Minibus Tabrak Pembatas Jalan dan Sempat Terbakar di Kasang  PADANG, HARIANHALUAN.COM--Diduga sopirnya mengantuk, mobil minibus menabrak beton pembatas jalan di Jalan Padang-Bukittinggi kilometer 21 tepatnya Pasar Grosir Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariama.
  • Kamis, 03 Januari 2019 - 14:06:13 WIB

    Hilang Kendali, Innova Masuk Jurang di Jalan Baru Guguk Solok

    Hilang Kendali, Innova Masuk Jurang di Jalan Baru Guguk Solok AROSUKA, HARIANHALUAN.COM--Diduga hilang kendali, satu unit mobil toyota kijang Innova terjun ke jurang di jalan lingkar baru Km 4 Solok-Padang,tepatnya di Jorong Koto Gaek, Nagari Guguk, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten .
  • Selasa, 18 Desember 2018 - 10:14:50 WIB

    Pemko Pariaman Mengaku Terkecoh, Proyek Jalan Babat Hutan Mangrove

    Pemko Pariaman Mengaku Terkecoh, Proyek Jalan Babat Hutan Mangrove PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM – Pembabatan hutan mangrove untuk pembuatan jalan kampung di Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman berbuntut panjang. Pada saat bersamaan, Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman mengaku kec.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM