Jalan TPA Sawahlunto Longsor


Rabu, 07 November 2018 - 15:56:26 WIB
Jalan TPA Sawahlunto Longsor TAK BISA DILEWATI - Jalan menuju lokasi pembuangan akhir sampah TPA Kayu Gadang Sawahlunto yang terban, sehingga tak bisa dilintasi. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Akses jalan menuju tempat pembuangan akhir sampah (TPA) Kayu Gadang Kota Sawahlunto terban sepanjang 40 meter, sehingga pembuangan sampah keTPA mengalami kendala yang cukup serius jika tidak ditanggani secepatnya. Pemko melalui dinas terkait meminta dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup Porvinsi Sumbar untuk penanganannya.

"Kami telah sampaikan kepada Provinsi, terkait kondisi jalan menuju ke TPA Kayu Gadang," ujar Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DPKP2LH) Kota Sawahlunto, Adrius Putra kepada Haluan.

Untuk solusi pembuangan sampah lanjutnya, dialihkan sementara kelokasi pembuangan lama yang lokasinya tidak jauh dari lokasi yang terban. Namun untuk jangka panjangnya akan dilakukan perbaikan kendati dana yang dibutuhkan cukup besar.

"Melihat kondisi terban yang cukup tinggi, kemungkinan akan dilakukan pembuatan jalan lain. Bibir jurang yang terban memiliki ke dalaman 100 meter, membutuhkan dana yang sangat besar untuk melakukan perbaikannya. Mungkin pembuatan jalan lain lebih effisien dari pada memasang dam batu sepanjang jalan kelokasi, akan tetapi itu tergantung hasil dari peninjauan dan pertimbangan yang akan dilakukan oleh dinas terkait," tuturnya.

Secara teknis untuk pembuangan sampah akhir, sebutnya, tidak mengganggu atau mengalami kendala yang berarti, karena lokasi pembuangan sementara itu masih mampu untuk menampung volume sampah warga Sawahlunto. Akan tetapi, lanjutnya, solusi untuk perbaikan atau alternatif lain harus segera diakukan karena lokasi pembuangan sekarang hanya bersifat sementara.

 

Terkait kronolgis kejadian jalan yang terban dijelaskannya, bencana longsor atau terbannya jalan itu terjadi pada Senin (5/11) pagi. Hal itu diketahui ketika petugas K-3 armada truk pengangkut sampah akan membuang sampah ke lokasi TPA, akan tetapi armada tidak bisa melintas akibat jalan menuju pembuangan longsor. (h/rki)

 

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 29 April 2019 - 19:57:21 WIB

    Tebing Jalan Berpotensi Longsor Lagi, Pemkab Solsel Diminta Antisipasi

    Tebing Jalan Berpotensi Longsor Lagi, Pemkab Solsel Diminta Antisipasi SOLSEL, HARIANHALUAN.COM--Tebing jalan di Nagari Talunan Maju, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Solok Selatan (Solsel), longsor pada Kamis (25/4). Akibatnya, jalan tertimbun material sepanjang 40 meter. Dinas  Pekerjaan Umum (.
  • Sabtu, 27 April 2019 - 08:07:46 WIB

    Di Ulakan Tapakis, Pohon Raksasa Tumbang Membelintang Jalan

    Di Ulakan Tapakis, Pohon Raksasa Tumbang Membelintang Jalan PADANGPARIAMAN,HARIANHALUAN.COM-Pohon raksasa jenis angsana di pinggir jalan Syeh Burhanudin, Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman, tumbang dan membelintang jalan, kejadian itu sempat menimbulkan kemacetan lalu lintas be.
  • Rabu, 24 April 2019 - 20:02:09 WIB

    Ketua DPD RI: Pemilu Berjalan Baik, Rusia Berkomitmen Investasi di Indonesia

    Ketua DPD RI: Pemilu Berjalan Baik, Rusia Berkomitmen Investasi di Indonesia JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-Ketua DPD RI Oesman Sapta mengadakan pertemuan dengan Duta Besar Rusia, Lyudmila Georgievna Vorobiev, di Rumah Dinas Ketua DPD RI, Kuningan, Jakarta (24/4). Pertemuan tersebut membahas peningkatan in.
  • Selasa, 05 Maret 2019 - 13:03:58 WIB

    Jalan Lintas di Panti Pasaman Amblas

    Jalan Lintas di Panti Pasaman Amblas PASAMAN, HARIANHALUAN. COM--Puluhan kenderaan terjebak kemacetan panjang di jalur lintas Sumatera (Jalinsum), akibat jalan amblas di Ampanggadang, Nagari Panti Selatan, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman, Selasa (5/3)..
  • Kamis, 28 Februari 2019 - 22:26:25 WIB

    Ada Lobang di Jalan Bukittinggi Payakumbuh, Membahayakan Pengguna Jalan

    Ada Lobang di Jalan Bukittinggi Payakumbuh, Membahayakan Pengguna Jalan AGAM, HARIANHALUAN.COM - Pengguna kendaraan yang melewati ruas jalan raya Bukittinggi Payakumbuh tepatnya di Simpang Tanjung Alam diharapkan waspada dan berhati hati. Karena di tengah jalan tersebut ditemukan lobang besar y.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM